Cara Mudah Cek Produk Kosmetik BPOM Untuk Memastikan Keamanan Produk

Punya pengalaman buruk gara-gara salah beli produk skincare? Tidak menutup kemungkinan produk yang kamu beli adalah produk kosmetik abal-abal! Pada praktiknya, tidak sedikit kaum wanita yang masih saja terkecoh oleh kemasan atau testimoni palsu. Membeli produk kosmetik memang tidak boleh sembarangan, karena kulit sangat rentan terhadap kerusakan. Untuk menghindarinya, kamu perlu cek produk kosmetik BPOM.

Saat memilih produk kosmetik, sebaiknya kamu pastikan dengan teliti kualitas produknya, terutama izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Sebab, BPOM RI yang bertugas menguji, memberikan izin edar, hingga memastikan keamanan produk sebelum digunakan masyarakat.

Agar kamu terhindar dari kosmetik berbahaya, sebaiknya kamu coba cek kembali produk kosmetik yang kamu pakai. Berikut panduannya:

Cek Nomor BPOM pada Kemasan Produk

article image

Image source: dreamstime.com

Pertama-tama, pastikan dulu produk yang kamu pakai memiliki nomor registrasi BPOM. Nomor BPOM pada merupakan tanda bahwa suatu produk yang sudah lolos uji kelayakan dan dipastikan aman untuk digunakan.

Nomor BPOM ini biasanya tertera di belakang atau di bawah kemasan. Urutan nomor terdiri dari 2 huruf dan 11 angka. Jika jumlahnya kurang dari itu, atau bahkan tidak ada sama sekali, sebaiknya kamu berhati-hati. Produk seperti itu sangat diragukan keaslian dan keamanannya.

Lakukan Cek Produk di Website BPOM

article image

Image source: cekbpom.pom.go.id

Setelah mengetahui nomornya, lakukan pengecekan produk kosmetik melalui situs resmi BPOM untuk mengetahui status registrasi nomor produknya. Masuk ke URL https://cekbpom.pom.go.id/ di browser, setelah situsnya terbuka kamu akan langsung masuk ke halaman pengecekan.

Di halaman tersebut terdapat kolom khusus untuk mencari data produk yang terdaftar di BPOM. Kamu bisa melihat data statistik produk yang telah mendapat izin edar dari BPOM. Per tanggal 29 Maret 2020, terdapat 1.803 produk kosmetika yang sudah mendapat persetujuan izin edar sejak 7 hari terakhir, dan 7.401 produk pada 30 hari terakhir. Sebagian besar produk yang terdaftar di BPOM didominasi oleh produk kosmetika.

Telusuri Nomor Produk BPOM

article image

Image source: cekbpom.pom.go.id

Untuk mengetahui status produk kosmetik yang kamu pakai sudah terdaftar atau belum, masukkan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk ke kolom “Kata Kunci” dengan opsi pencarian berdasarkan nomor registrasi. Setelah itu klik “CARI”, dan kamu akan di bawa ke halaman index produk.

Sesuaikan Nomor Registrasi Dengan Produknya

article image

Image source: cekbpom.pom.go.id

Jika sudah masuk ke halaman index produk, kamu akan menemukan daftar produk lengkap dengan keterangan data produk dan pendaftarnya. Lalu pastikan informasi produk kosmetik yang kamu pakai sesuai dengan data yang tertera dalam index. Di halaman ini juga terdapat informasi merek, varian kemasan, dan tanggal penerbitan izin edar.

Jika nomor registrasi produk tidak ditemukan dalam daftar index, kemungkinan produk yang kamu pakai belum lulus uji dari Badan POM. Selain itu, kalau nomor registrasinya tidak sesuai dengan ketentuan BPOM, bisa jadi produk kosmetik yang kamu pakai adalah palsu.

Telusuri Berdasarkan Nama Merek Dagang

article image

Image source: chemicalsinourlife.echa.europa.eu

Selain menggunakan nomor registrasi BPOM, pencarian informasi data produk juga bisa dilakukan berdasarkan nama merek dagang, nama produk, komposisi, jumlah dan kemasan, bentuk sediaan, nama pendaftar, hingga NPWP pendaftar. Misalnya kalau kamu mencari berdasarkan nama merek dagangnya, maka kamu akan menemukan semua produk dari merek tersebut. Termasuk produk-produk yang mungkin belum dirilis ke pasaran.

Di situs ini juga terdapat Daftar Sarana Kosmetika yang memuat informasi dari para produsen kosmetika. Cara mengeceknya cukup mudah, di halaman utama pilih menu “Sarana” kemudian klik pada sub-menu “kosmetika”. Setelah masuk kita akan menemukan kolom index yang memuat semua perusahaan kosmetika, yaitu sebanyak 16.000 perusahaan lebih yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Informasi yang tercantum cukup lengkap, mulai dari alamat, nomor telepon, kota/negara asal, dan jumlah produk yang didaftarkan, diproduksi, hingga diimpor. Cukup lengkap ya? Selain bisa cek nomor registrasi, kita juga bisa memeriksa informasi produsennya.

Ingat, melakukan cek produk kosmetik BPOM saja tidak cukup. Walaupun produknya sudah mengantongi izin edar, belum tentu komposisinya cocok dengan tipe kulit semua orang. Pastikan hanya memilih produk yang paling cocok dengan tipe kulitmu.


Demikianlah cara cek produk kosmetik BPOM untuk memastikan keamanan produk! Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan.

Mall

featured image source: reddit.com