4Tips Terhindar Dari Penyakit Kritis

Penyakit kritis masih menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. Menurut data World Health Organization (WHO), penyakit kritis yang tidak menular menjadi penyebab 73% kematian di Indonesia. Data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan pada 2018 juga menunjukkan bahwa jumlah penderita penyakit kritis seperti kanker, stroke dan ginjal terus meningkat.

Penyakit kritis bisa dihindari dengan cara hidup sehat. Sebelum terlambat, kamu bisa menerapkan cara hidup sehat mulai sekarang untuk menghindari penyakit kritis yang mematikan tersebut. Maka dari itu, yuk simak empat cara hidup sehat berikut ini agar kamu terhindar dari penyakit kritis.

1. Olahraga secara Rutin

article image

Image source: popsugar.com.au

Kalau kamu ingin terhindar dari penyakit kritis, mulai sekarang sebaiknya biasakan diri untuk berolahraga secara rutin. Terkadang kesibukan selalu menjadi alasan seseorang untuk tidak berolahraga. Sebagian orang juga malas melakukan aktivitas fisik karena dianggap sangat melelahkan. Padahal kita harus membuang rasa malas itu demi tubuh yang sehat.

Olahraga atau latihan fisik secara rutin dapat membantu dalam mengatasi masalah kelebihan berat badan dan mencegah berbagai penyakit kritis. Bahkan olahraga sederhana seperti lari secara teratur dapat meningkatkan kerja jantung, mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 dan memperkecil risiko penyakit ginjal dan kanker.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu coba untuk menjaga kebugaran tubuh. Kamu bisa pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan waktu yang kamu miliki, misalnya dengan lari pagi, membiasakan diri berjalan kaki di waktu senggang, yoga atau berenang. Dengan olahraga minimal selama 30 menit setiap hari secara rutin sudah memberi dampak yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Jika kamu sedang menjalani pengobatan atau sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis olahraga yang sesuai untuk kamu. Membiasakan diri dengan cara hidup sehat memang diperlukan konsistensi dan komitmen. Kamu bisa mengajak teman atau partner ketika berolahraga untuk saling memotivasi satu sama lain.

2. Menjaga Pola Makan

article image

Image source: diabetes.org

Selain membiasakan diri untuk olahraga atau latihan fisik secara rutin, kamu juga perlu memperhatikan pola makan yang sehat. Mungkin kamu pernah mendengar kalimat "kita adalah apa yang kita makan". Ungkapan itu memang benar adanya karena apa yang kita makan akan mempengaruhi kondisi tubuh kita.

Kesibukan dan kegiatan yang padat terkadang membuat seseorang kurang memperhatikan pola makan. Keterbatasan jenis makanan yang tersedia di sekitar kantor atau tempat kerja juga menjadi salah satu faktor seseorang kurang dapat menyeimbangkan jenis makanan. Jika kamu mengalami masalah ini, sebaiknya cobalah untuk membawa bekal sendiri yang lebih sehat.

Kamu tidak boleh mengabaikan pola makan yang sehat dan seimbang. Kesalahan dalam pola makan dapat menyebabkan penyakit kritis seperti diabetes, kanker usus dan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Diketahui 6 dari 10 orang Indonesia berisiko terkena penyakit kritis di usia yang produktif karena pola makan yang tidak sehat.

Kamu pasti tidak ingin kan, menjadi 6 dari 10 orang tersebut? Maka dari itu mulai sekarang kamu bisa memulai cara hidup sehat dengan menyiapkan menu makan yang sehat dan seimbang. Pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup dan tidak berlebihan. Kamu juga bisa memasukkan makanan dengan kandungan lemak baik seperti alpukat, ikan salmon atau tuna dan jangan lupa untuk mengonsumsi serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Jika kamu ingin mencoba pola makan sehat dengan level yang lebih serius, kamu bisa mencoba clean eating. Cara ini dilakukan dengan mengonsumsi makan sealami mungkin dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Disarankan pula untuk mengurangi garam, gula dan minyak. Hal yang tidak kalah penting adalah perhatikan waktu makan kamu, jangan sampai terlambat atau malah mendahului jam makan.

3. Menghindari Kebiasaan Buruk

article image

Image source: upi.com

Jika ingin menerapkan cara hidup sehat, kamu tentu perlu menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Olahraga secara rutin dan menjaga pola makan tidak akan lengkap jika kamu masih melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan menggunakan narkoba.

Mengonsumsi zat-zat kimia yang dapat merusak tubuh seperti nikotin, alkohol atau narkotika sudah tentu harus kamu hindari. Mengonsumsi zat-zat kimia tersebut dalam jangka waktu yang lama akan membuat kamu mudah terserang penyakit kritis seperti kanker.

Jadi kalau kamu tidak mau terserang penyakit kritis, mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk tersebut dan sedapat mungkin jangan terjerumus ke dalam hal yang dapat merugikan kamu.

4. Istirahat yang Cukup

article image

Image source: womenofegyptmag.com

Hal yang tidak kalah penting lainnya untuk terhindar dari penyakit kritis adalah istirahat yang cukup. Sesibuk apa pun kamu, jangan pernah melewatkan waktu istirahat dengan memforsir tubuhmu terlalu keras. Buatlah perencanaan kerja yang baik dan sediakan waktu istirahat yang cukup dan jangan mengorbankan waktu tidur.

Orang dewasa memerlukan waktu tidur minimal tujuh jam per hari. Istirahat diperlukan untuk proses pemulihan tubuh agar kamu bisa kembali melakukan aktivitas secara normal dengan tubuh yang tetap bugar. Saat kamu tidur, otak akan mengontrol kesehatan seluruh organ tubuh. Jika ada organ tubuh yang tidak sehat, otak secara otomatis akan meningkatkan produksi hormon yang akan menstimulasi pertumbuhan jaringan yang bermanfaat bagi darah.

Tidak hanya itu, otak juga akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berperan dalam menyerang virus dan bakteri saat kamu tidur. Itulah sebabnya, orang sakit atau sedang mengalami cedera patah tulang akan disarankan untuk banyak istirahat. Bayangkan kalau kamu sering kurang tidur, tubuhnya akan tidak punya banyak kesempatan untuk melakukan pemulihan.

Kamu pasti setuju bahwa tidur yang cukup yang membantu tubuh untuk lebih rileks. Saat tidur, tuntutan yang harus dipenuhi oleh otak dan tubuh akan berkurang sehingga kamu merasa lebih fresh dan merasa lebih baik setelah bangun tidur. Namun kamu juga harus ingat bahwa tidur berlebihan tidak baik untuk tubuh.

Baca juga artikel lainnya untuk cara hidup sehat di bawah ini baik olahraga dan menjaga pola makan.

Articles


Itu dia cara hidup sehat yang wajib kamu terapkan agar terhindar dari penyakit kritis. Jika kamu baru saja memulai, lakukan secara perlahan hingga tubuh kamu terbiasa. Kamu harus menjaga konsistensi agar tidak lagi berubah haluan ke cara hidup yang kurang sehat. Cek Gotomalls.com untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya, selain itu aplikasi berbasis website ini menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: itcshoppingfestival.com