Cara Masuk FYP Tiktok

Bagi pengguna TikTok istilah FYP mungkin sudah tidak asing lagi didengar. FYP bahkan sering digunakan sebagai tagar ketika seorang pengguna atau tiktokers mengunggah konten mereka.

FYP adalah singkatan dari For Your Page yang artinya konten masuk beranda utama. Nah untuk bisa masuk FYP memang tidak mudah, namun ketika konten video masuk ke berada maka besar kemungkinan video tersebut akan viral dan mudah dilihat banyak orang.

Kamu ingin video kamu cepat viral? Ini dia cara masuk FYP Tiktok.

1. Lakukan Challenge yang Sedang Trending

article image

Image source: bloomberg.com

Cara masuk FYP TikTok pertama, kamu harus membuat video dengan challenge yang tengah booming. Semakin banyak konten tersebut dicari orang maka kesempatan ikut muncul di beranda juga akan semakin besar.

Jadi tidak ada salahnya kamu mengikuti challenge yang sedang banyak dilakukan oleh pengguna TikTok. Seperti yang kita tahu, challenge TikTok setiap hari pasti ada-ada saja. Siapa tahu kamu bisa ikut trending di salah satunya.

2. Pilih Musik yang Viral

article image

Image source: kepwing.com

Sama halnya dengan cara masuk FYP TikTok pertama. Cara ini juga menuntut pengguna TikTok untuk menggunakan musik-musik yang banyak digunakan.

Kini bahkan sudah banyak musik yang justru jadi sangat viral ketika masuk di TikTok. Kesempatan itu juga bisa kamu “curi” untuk ikut menaikkan akunmu ke beranda.

Dengan lagu yang sedang trending kemungkinan konten video mu lebih mudah dideteksi dan ditemukan pengguna lain. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kontennya ya, jangan hanya fokus ke lagu saja.

3. Caption Menarik

article image

Image source: suara.com

Konten saja nggak cukup, kamu juga perlu memikirkan caption yang harus kamu sematkan pada video tersebut. Kalau asal-asalan bisa jadi hasilnya pun tidak maksimal.

Sebisa mungkin kamu pilih kata-kata yang menarik dan menggambarkan isi dari video tersebut. Kamu bisa juga menyematkan kalimat yang memancing pengguna lain untuk memberikan komentar pada video yang telah kamu unggah.

Makin besar interaksi yang terjadi maka kesempatan untuk masuk FYP TikTok pun akan semakin tinggi. Jangan sungkan-sungkan menjawab pertanyaan atau komentar pengguna lain di akunmu, itu justru jadi kesempatan meningkatkan engagement.

4. Jangan Lupakan Hashtag

article image

Image source: archiepelagos.id

Caption tanpa hashtag bagai sayur kurang garam, alias hambar. Hashtag tidak hanya digunakan sebagai pemanis, tagar tersebut juga memiliki fungsi lain untuk mempermudah konten terbaca ketika di-search oleh pengguna lain.

Cara masuk FYP TikTik ini memang terlihat simpel dan kadang dilupakan, padahal jika hashtag yang kamu gunakan tepat namamu pun akan cepat masuk ke beranda.

Pilihlah hashtag yang saat ini sedang trending. Kamu juga bisa menambahkan beberapa hashtag yang relevan dengan cerita dalam video tersebut. Dengan begitu ketika pengguna TikTok mencari keyword tersebut, kontenmu sudah pasti ikut muncul.

Satu lagi, tagar juga berguna untuk meningkatkan engagement konten.

5. Kolaborasi Antar Kreator

article image

Image source: tiktok.com

Ini namanya simbiosis mutualisme. Cara masuk FYP TikTok ini tidak hanya cepat membuatmu terkenal bahkan followers-mu pun bisa jadi bertambah. Karena konten kolaborasi cukup ampuh menaikkan exposure.

Apalagi jika duet yang kamu buat menarik dan banyak yang berkomentar, sudah pasti kamu dan partner kolaborasi makin cepat dikenal oleh kalangan pengguna TikTok lainnya.

6. Durasi Konten

article image

Image source: tipspintar.com

Kebanyakan pengguna TikTok menyukai konten-konten yang memiliki durasi singkat, antara 30 detik sampai 1 menit saja. Mengapa? karena makin pendek mereka tidak memiliki waktu untuk berganti ke video selanjutnya.

Jadi usahakan membuat video dengan durasi pendek namun tetap menarik dan punya isi.

Durasi yang cukup panjang terkadang membuat pengguna lain bosan. Maka tak heran jika mereka bergegas swipe ke konten berikutnya. Tidak mau kontenmu dilewati begitu saja bukan

Ingat ya ini TikTok bukan Youtube yang bisa menaikkan konten video berdurasi panjang. Dengan begitu konten pun akan lebih maksimal. Singkat, padat, jelas, dan berisi.

7. Upload Pada Jam Prime Time

article image

Image source: diadona.com

Apa itu jam prime time? Adalah waktu paling ramai yang banyak digunakan pengguna Tiktok berselancar menikmati ribuan konten di sana.

Nah kamu harus tau dulu pada jam berapa saja ya kira-kira yang paling ramai pengguna. Khusus di Indonesia, jam prime time biasanya antara pukul 12.00 - 13.00 WIB. 16.00 - 17.00 WIB, dan 19.00 - 23.00 WIB. Tinggal pilih aja deh mau masuk pada pukul berapa.

Itu tadi ketujuh tips cara masuk FYP TikTok. Semoga cara di atas membantumu agar semua konten-konten TikTok mu segera viral dan jadi trending topik.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: tribunnews.com