Begini Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang Dengan Mi Cloud & Google Find My Device

Berbagai vendor smartphone terus meningkatkan kualitas teknologi yang disematkan dalam produknya. Pengguna bisa merasakannya langsung melalui fitur-fitur canggih yang senantiasa diperbaharui dari waktu ke waktu, termasuk untuk sisi keamanan perangkat. Di luar sana banyak sekali kejadian kehilangan hingga pencurian smartphone dari pemiliknya. Untuk itu, pengembangan fitur keamanan tentunya sangat diperlukan.

Kehadiran fitur pelacak koordinat perangkat sangat bermanfaat dalam hal ini. Dan kabar baiknya untuk pengguna Xiaomi, kamu bisa menggunakan fitur pelacak ini melalui beberapa cara, baik dengan bantuan Mi Cloud ataupun Google Find My Device. Yang pasti pengguna smartphone Xiaomi akan sangat terbantu dalam menemukan perangkat jika sewaktu-waktu hilang. Mau tahu caranya? Berikut Gotomalls rangkum tipsnya!

Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang: Mi Cloud

article image

Image source: i.mi.com

Mi Cloud adalah sebuah layanan unggulan yang disediakan Xiaomi untuk semua tipe produknya. Mi Cloud bisa digunakan untuk melakukan back up data ke dalam sebuah media penyimpanan berupa cloud.

Selain untuk mengelola data pribadi secara online, Mi Cloud juga bisa kamu gunakan untuk melacak lokasi perangkat. Cara melacak handphone Xiaomi yang hilang menggunakan Mi Cloud cukup sederhana, berikut panduannya:

• Masuk ke website Mi Cloud: i.mi.com.
• Log in dengan akun Mi Cloud yang kamu miliki menggunakan email, nomor hp, atau ID Mi terdaftar.
• Selanjutnya tap “Find Device” untuk mulai proses pencarian lokasi.
• Kalau sebelumnya belum pernah menggunakan fitur ini, kamu akan diminta memilih tipe perangkat yang digunakan.
• Lalu pilih “Locate Device” untuk melihat lokasi perangkat. Perbesar gambar map yang muncul untuk melihat lebih detail lokasinya.

Ada beberapa mode-features pada Mi Cloud yang perlu kamu ketahui fungsinya:

Lost Mode

Fitur Lost Mode bisa kamu gunakan jika perangkat hilang akibat dicuri. Fitur ini akan membantu kamu mengamankan perangkat yang dicuri dengan cara mengunci akses pada perangkat Xiaomi. Jika fitur Lost Mode diaktifkan, perangkat tidak akan bisa digunakan sampai akun Mi Cloud terdaftar dimasukkan kembali.

Noise Mode

Noise Mode berfungsi untuk mengaktifkan audio perangkat walaupun sedang dalam mode hening. Aktifkan fitur ini saat sedang mencari smartphone Xiaomi yang hilang sehingga kamu bisa mendengar suaranya ketika melakukan panggilan.

Wipe Device

Jika dalam perangkat yang hilang terdapat data-data pribadi yang bersifat rahasia, fitur ini bisa kamu gunakan untuk menghapusnya. Saat mencari perangkat yang hilang, fitur Wipe Device akan menghapus semua file dan data yang tersimpan dalam perangkat Xiaomi secara otomatis.

Fitur pencarian lokasi perangkat Mi Cloud merupakan rekomendasi utama untuk menemukan perangkat yang hilang. Tapi jika dalam kondisi tertentu tidak memungkinkan, kamu bisa coba menggunakan aplikasi Google Find My Device.

Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang: Google Find My Device

article image

Image source: suara.com

Cara melacak handphone Xiaomi yang hilang berikutnya yaitu menggunakan aplikasi Google Find My Device. Tapi, cara ini hanya bisa ditempuh jika akun Google yang digunakan untuk log in di perangkat yang hilang masih dapat diakses. Berikut panduannya:

• Buka browser pada komputer/smartphone kemudian kunjungi Google Device Manager.
• Masuk dengan akun Google yang sama yang digunakan log in di perangkat Xiaomi. Jika akun Google terhubung lebih di satu perangkat, pilih salah satu perangkat yang akan kamu cari.
• Setelah memilih perangkat yang dicari, Google akan mencoba menghubungkan akses ke perangkat.
• Jika koneksi berhasil, tampilan maps akan menunjukkan lokasi perangkat yang hilang berada.

Sama seperti Mi Cloud, Google juga menyediakan fitur serupa untuk membantu proses pencariannya. Ada tiga fitur yang bisa kamu gunakan, yaitu Play Sound, Lock, dan Erase. Kegunaannya tidak jauh berbeda dengan Lost Mode, Noise Mode, dan Wipe Device pada Mi Cloud.

Setelah perangkat yang hilang ditemukan, pastikan semua data yang tersimpan masih aman dan kondisi perangkat dalam keadaan utuh. Jika terdapat aplikasi mobile banking, cek sisa saldo dan segera ganti kata sandi.


Demikianlah cara melacak handphone Xiaomi yang hilang dengan Mi Cloud dan Google Find My Device. Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan.

Malls

featured image source: theverge.com