Begini Cara Memasak Daging Sapi

Perayaan Idul Adha sudah di depan mata, salah satu tradisi dari lebaran Haji ini adalah berkurban. Artinya setiap orang akan menerima daging kurban baik daging sapi maupun kambing yang nantinya akan diolah di rumah masing-masing. Daging sapi adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Jika cara konsumsi yang tidak sehat malah bisa membuat daging menjadi tidak sehat. Nah bagi kamu yang ingin memasak sendiri daging sapi untuk merayakan Idul Adha, sebaiknya cari tahu dulu cara memasak daging sapi agar dagingnya empuk serta tidak bau perengus. Jangan sampai salah mengelola daging sapi, jika tidak akan mubazir dan tidak bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Yuk cek beberapa cara memasak daging sapi dan cara mengolahnya di rumah.

Tidak Perlu Dicuci

article image

Image source: alodokter.com

Ada beberapa yang berpendapat bahwa daging sapi segar
ternyata lebih baik tidak dicuci sebelum masak. Justru air yang digunakan mencuci bisa menyebabkan penyebaran bakteri. Namun jika kamu tetap ingin mencucinya harus dengan cara yang tepat. Daging sapi yang sudah dicuci dengan air bersih sebaiknya langsung dimasak sedangkan daging yang masih sisa tidak perlu. Alternatif kedua, kamu bisa merebus hanya sebentar saja daging sapi hingga warna airnya menjadi keruh. Setelah itu buang airnya dan langsung memasaknya sesuai dengan selera.

Cara Memasak Daging Sapi

article image

Image source: pexels.com/Lukas

Ada beberapa cara memasak daging sapi untuk dinikmati bersama keluarga. Pertama untuk dipanggang kamu cukup marinasi daging dengan garam, bawang putih dan black pepper agar terserap dengan baik didaging dan saat dimakan tidak hambar. Jika kamu ingin memasak sebagai sop sebaiknya tambahkan rempah-rempahan seperti cengkeh, pala ataupun cengkeh. Sedangkan untuk gulai kamu bisa merebusnya dengan kayu manis, daun jeruk, daun salam dan bumbu pendukung lainnya.

Mengolah Daging Agar Empuk

article image

Image source: sahabatnestle.co.id

Berikutnya yang harus diperhatikan dari cara memasak daging sapi adalah bagaimana cara dagingnya bisa empuk tidak alot, harum dan lezat. Caranya sebenarnya bagaimana cara pemotongannya. Potong daging melawan alur urat dan seratnya dengan cara ini mampu membantu agar daging jadi lebih empuk setelah dimasak. Cara kedua bisa dengan cara memukul-mukul daging sebelum di masak agar daging dan seratnya lebih lembut setelah dimasak.

Besar Api Untuk Memasak

article image

Image source: freepik.com

Besarnya api juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan saat memasak daging sapi. Semakin besar apinya makin cepat tekstur daging sapi hancur. Biasanya faktor ini dikarenakan kurang sabarnya saat memasak sehingga api dibesarkan agar daging cepat masak. Ternyata hal tersebut salah besar. Untuk mendapatkan tekstur daging sapi yang lembut justru harus menggunakan api yang kecil. Tidak hanya lembut saja tapi bumbu pun bisa meresap ke daging dan mengeluarkan aroma yang harum.

Masak Dengan Sedikit Minyak

article image

Image source: viva.co.id

Cara memasak daging sapi berikutnya adalah menggunakan sedikit minyak, mentega atau butter. Pasalnya daging sapi juga sudah mengandung lemak dengan banyaknya minyak maka jumlah lemak di dalamnya jadi bertambah. Jadi olahlah daging sapi secara sehat.

Menu Daging Sapi Ala Korea

article image

Image source: koreanbapsang.com

Setelah mempraktikkan cara memasak daging sapi di atas tidak ada salahnya mencoba salah satu resep makanan khas Korea, Jangjorim. Bahan-bahan dan cara memasaknya juga cukup mudah.

Bahan-bahan:

  • 250gr daging sapi
  • Minyak wijen secukupnya

Bumbu Marinasi:

  • Kecap asin secukupnya
  • 1 sdm gula pasir
  • Bawang putih
  • Jahe secukupnya
  • Air
  • Daun bawang
  • Lada hitam

Cara memasaknya:

  1. Potong daging sapi sesuai selera
  2. Siapkan wajan dan masukkan minyak wijen, tumis daging yang sudah dipotong hingga berubah warna
  3. Tambahkan air secukupnya atau sesuai selera. Rebus lagi hingga 30 menit dengan api kecil hingga matang dan masak hingga daging tidak mengeluarkan darah lagi
  4. Masukkan semua bumbu marinasi yang sudah disiapkan sebelumnya
  5. Tambahkan daun bawang
  6. Jangjorim pun siap dihidangkan

Products


Itulah cara memasak daging sapi yang tepat agar tetap empuk, lezat dan tidak alot saat dimakan. Selamat mencoba dan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: verdefarms.com