Cara Membentuk Otot Perut

Salah satu dampak dari terus meningkatnya jumlah penyebaran virus covid-19 mengharuskan masyarakat untuk melakukan aktivitas dari rumah saja. Daripada bosan di rumah saja, kamu bisa melakukan aktivitas untuk membuat tubuh kamu lebih fit lagi. Salah satunya yang bisa kamu coba adalah dengan berolahraga seperti membentuk otot perut. Malas bergerak sering ngemil justru membuat perut semakin buncit. Cara membentuk otot perut tidak harus dilakukan di gym dengan menggunakan alat-alat untuk Latihan. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah asal melakukannya dengan rutin. Yuk simak di bawah ini Latihan-latihan dan cara membentuk otot perut agar menjadi sixpack.

Crunch

article image

Image source: gethealthyu.com

Crunch adalah cara membentuk otot perut dengan melakukan gerakan yang paling mudah terlebih dahulu. Sepintas gerakan crunch mirip dengan sit up tapi ini hanya bagian tubuh atas saja yang diangkat. Caranya cukup sederhana siapkan matras dan berbaringlah kemudian tekuk lutut dan kaki menumpu pada matras sejajar dengan lutut. Letakkan kedua tangan di belakang kepala dan angkat badan bagian atas sebatas dada saja. Jangan lupa ambil napas setiap kali mengangkat badan dan hembuskan napas kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan crunch 10 kali sebanyak tiga set.

Plank

article image

Image source: pegipegi.com

Gerakan plank cara membentuk otot perut yang kedua yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Meski terlihat cukup mudah, kamu harus melakukannya dengan benar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Caranya siapkan matras dengan posisi tengkurap tegak lurus dengan bertumpu pada lengan dan kaki dengan pandangan mata lurus ke depan. Tahan posisi plank secara perlahan khususnya untuk pemula. Bisa dimulai dari 30 detik dulu kemudian setiap harinya kamu bisa menambah 10 detik. Jika dilakukan secara rutin kamu tidak akan kesulitan untuk menahan tubuh dalam waktu yang lama. Tidak hanya otot perut saja yang terbentuk, plank juga baik buat melatih otot lengan.

Leg Raise

article image

Image source: shape.com

Jika crunch untuk membentuk otot perut bagian atas maka leg raise untuk membentuk otot perut bagian bawah dan tengah. Cara membentuk otot perut dengan leg raise adalah berbaring pada matras, angkat kedua kaki bersamaan ke atas dan angkat pinggul ke atas. Lakukan gerakan ini 15x dalam satu set setiap kamu melakukan latihan.

Flutter Kick

article image

Image source: popsugar.com

Flutter Kick adalah gerakan yang hampir sama dengan leg raise bedanya salah satu kaki diangkat secara bergantian. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu berbaring di atas matras, letakkan kedua tangan di bawah pantat, angkat kaki secara bergantian sampai membentuk sudut 90 derajat. Lakukan 15x dalam 1 set setiap latihan.

Sit Up

article image

Image source: health.kompas.com

Gerakan sit up sudah tidak perlu diragukan lagi untuk membentuk otot perut. Caranya cukup mudah hanya berbaring di matras, letakkan kedua telapak tangan di bawah kepala, tekuk lutut, angkat badan ke arah lutut. Untuk pemula lakukan 5-10x sehari dan tambah porsinya setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Crossover Crunch

article image

Image source: pinterest.com

Terakhir ada gerakan crossover crunch, tidak hanya membentuk otot perut tapi juga membakar lemak perut. Cara melakukan crossover crunch adalah posisikan tubuh terlentang di atas matras dan kedua tangan di belakang kepala. Tekuk kedua lutut dan salah satu kaki menyilang ke sisi kaki satunya. Caranya angkat kepala dengan gerakan silang bergantian di antara sisi kaki kanan dan kiri. Lakukan gerakan ini dua set dengan masing-masing sisi 10 hitungan.

Products


Nah itu dia beberapa cara membentuk otot perut dengan gerakan-gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah. Lakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak nyeri ataupun kram saat melakukan gerakan-gerakan di atas. Jangan lupa juga imbangi dengan asupan dan pola makan yang sehat juga ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga. Selamat mencoba!

Jangan lupa ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com, aplikasi ngemall yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. Selain itu kamu juga bisa membeli pulsa dan voucher game langsung di Gotomalls.

Articles

Malls

featured image source: honestdocs.id