Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai Tujuan

Mungkin kita semua sudah cukup sering bertemu dengan orang-orang yang menjalani profesi diluar gelar atau latar belakang jurusannya. Hal seperti ini nyatanya memang lumrah di kalangan tenaga kerja Indonesia. Menurut informasi yang dilansir Bisnis dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), terdapat 60,62% orang yang bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Realita ini menggambarkan ada ketidak selarasan antara kebutuhan dunia industri dengan suplai tenaga kerja. Kalau hal ini terus menerus dibiarkan, bisa-bisa masalah pengangguran di dalam negeri enggak kunjung beres. Nah, buat yang sedang bersiap melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, apakah kalian sudah mantap dengan jurusan yang dipilih?

Pertanyaan seputar jurusan kuliah memang sering bikin galau, apalagi ketika tahu kalau teman-teman yang lain sudah punya jurusan favoritnya masing-masing. Tapi, jangan gegabah dulu, karena kali ini Gotomalls akan bantu kamu dengan tips cara memilih jurusan kuliah yang sesuai tujuan biar enggak menyesal di kemudian hari. Simak baik-baik, ya!

Menimbang Minat, Bakat, dan Keinginan

article image

Image source: Duckboardsandstilts.com

Apa hal-hal yang kamu sukai? Keahlian apa saja yang kamu kuasai? Apa yang kamu inginkan dalam kehidupan di masa mendatang? Tiga pertanyaan ini harus terjawab dengan jelas. Cobalah untuk jujur dengan diri sendiri tentang tiga hal tersebut.

Setelah mengetahui jawabannya, pertimbangkan alasan kamu untuk lanjut kuliah. Alasan seseorang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi biasanya berkaitan dengan karier di masa depan. Namun, ada pula yang tujuannya ingin menguasai ilmu tertentu supaya bisa menjadi ahli atau pakar di bidangnya.

Dari jawaban tiga pertanyaan pertama, mana yang paling sejalan dengan tujuan kamu untuk lanjut kuliah? Apakah minat, bakat, atau keinginan? Pertimbangan ini akan memberikan sinyal tentang jurusan-jurusan potensial yang bisa kita ambil. Kemudian, buatlah daftar jurusan favorit.

Riset Jurusan

article image

Image source: Free Educator

Cara memilih jurusan kuliah berikutnya yaitu melakukan riset. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait jurusan favorit yang kamu buat dalam daftar sebelumnya. Kamu bisa mulai dengan mencari tahu mata kuliah yang akan dipelajari, tingkat kesulitannya, dasar-dasar pengetahuan yang diperlukan, prospek alumninya seperti apa, dan juga seberapa penting jurusan tersebut bagi kehidupan masyarakat dan industri. Dari sini kamu akan melihat gambaran luasnya.

Melakukan riset jurusan bisa membuat kita terhindar dari kemungkinan gagal di tengah jalan. Ketika calon mahasiswa sudah mengenali apa saja yang akan dihadapinya selama masa perkuliahan, tentunya banyak langkah-langkah antisipasi yang bisa dipersiapkan sejak awal.

Konsultasi Kepada Ahlinya

article image

Image source: Betterhelp.com

Riset saja belum cukup untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Kita perlu bertanya langsung kepada ahlinya agar bisa mendapat insight yang lebih akurat. Misalnya, jika kamu membidik jurusan marketing, temuilah seseorang yang bekerja di bidang ini untuk berkonsultasi. Lalu, tanyakan fakta-fakta lapangan tentang dunia marketing saat ini.

Poin-poin pertanyaan yang bisa kamu ajukan diantaranya; permintaan industri untuk tenaga marketing, skill spesifik yang paling dicari, pro dan kontra bekerja di bidang marketing, prospek karir, masa kerja, iklim persaingan, prediksi tren marketing di masa depan, dan sebagainya.

Biaya

article image

Image source: Okezone

Tips terakhir dan tidak kalah penting, yaitu pertimbangan biaya. Urusan biaya sering kali menjadi tantangan pelik bagi para mahasiswa yang harus berjuang dengan segala keterbatasan. Tapi ingat, jika kamu memang sepenuhnya yakin dan mantap dengan jurusan yang kamu pilih, masalah biaya jangan dijadikan alasan. Selalu ada jalan bagi siapa pun yang mau berjuang.

Jika kondisi finansial orang tua tidak cukup memadai, segera cari informasi tentang program bidik misi atau beasiswa yang tersedia untuk jurusan di universitas yang kamu tuju. Di zaman sekarang tidak sulit untuk menemukan sponsor yang mau membiayai individu-individu berbakat. Sumbernya bisa berasal dari lembaga pemerintahan, yayasan swasta, perusahaan, atau bisa juga dari universitas yang bersangkutan.


Demikianlah tips dan cara memilih jurusan kuliah. Sekarang, kamu bisa mulai mempertimbangkan jurusan yang paling cocok. Simak juga tips-tips inspiratif lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Mall

Artikel

featured image source: Theguardian.com