Cara Meningkatkan Kecepatan Chrome Android

Google Chrome adalah salah satu layanan Google yang paling laris. Padahal, awalnya layanan ini sempat diragukan oleh Eric Schmidt selaku CEO Google pada saat itu.

Seiring waktu, Chrome menunjukan perkembangan pesat. Bahkan, layanan ini sudah digunakan oleh lebih dari 3 miliar pengguna dekstop.

Meski begitu, Chrome versi Android sering dilaporkan bermasalah, khususnya terkait kinerjanya yang lambat. Nah, jika kamu mengalami masalah serupa, kamu bisa coba beberapa tips mudah berikut ini:

1. Aktifkan Mode Lite

article image

Image source: ghacks.net

Selain hardware, kecepatan koneksi internet juga termasuk faktor utama yang menentukan kualitas kinerja browser. Jika kecepatan internet lambat, browser juga akan bergerak lambat.

Untuk mengakalinya, kamu bisa aktifkan mode lite. Dengan mode ini, server Google akan mengompres dan mengoptimasi layanan Chrome untuk perangkat smartphone kita.

Setelah aktif, browsing akan berjalan lebih lancar dan hemat data. Hanya saja, kualitas konten yang ditampilkan tidak sebagus mode normal.

2. Bersihkan Cache

article image

Image source: hinet.co.id

Cache adalah data-data browsing yang tersimpan di penyimpanan lokal perangkat. Ia berfungsi untuk memuat laman web supaya berjalan lebih cepat saat kita mengaksesnya lagi. Hanya saja, cache yang dibiarkan menumpuk justru akan menurunkan performa browser.

Oleh sebab itu, sebaiknya pengguna rajin-rajin membersihkan cache browser. Setidaknya satu bulan sekali. Meskipun nantinya laman web akan loading agak lama, performa Chrome bisa berjalan ringan.

3. Jangan Buka Terlalu Banyak Tab

article image

Image source: xda-developers.com

Biasanya kita akan membiarkan beberapa tab terbuka agar tidak sulit mengaksesnya. Namun, hal ini justru bisa bikin Chrome lemot. Sebisa mungkin jangan buka terlalu banyak tab bersamaan, gunakan saja fitur bookmark untuk menyimpan halaman-halaman penting.

Performa browser juga bisa dipengaruhi oleh jumlah halaman yang kita akses, semakin banyak halaman yang diakses, semakin besar pula kapasitas yang dibutuhkan untuk memuatnya.

4. Aktifkan Fitur Preload Halaman

article image

Image source: youtube.com

Untuk meningkatkan kecepatan layanan browser Chrome, Google menghadirkan fitur Preload halaman dengan memanfaatkan web cookies.

Dengan fitur ini, situs dimungkinkan untuk memuat terlebih dahulu (preload) sebelum kita akses. Meskipun akan memakan lebih banyak data, browser Chrome akan berjalan jauh lebih cepat, terutama jika sering memakai jaringan Wi-Fi.

5. Update Aplikasi Chrome

article image

Image source: gadgetren.com

Seperti halnya aplikasi mobile pada umumnya, Chrome perlu diperbaharui secara berkala untuk memperbaiki, meningkatkan, hingga menghadirkan fitur-fitur baru demi kenyamanan pengguna.

Jika aplikasi sudah lama tidak diperbaharui, biasanya akan muncul bug dan terjadu penurunan performa. Pengguna disarankan untuk selalu update aplikasi dengan versi terbarunya.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan kecepatan Google Chrome di Android.

Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: scmp.com