Cara Menabung yang Benar

Kebiasaan menabung tidaklah sulit apalagi jika kita sudah menerapkan pola tersebut sejak kecil. Misalnya dengan menyisihkan uang koin atau recehan lain layaknya ajaran orang tua terdahulu.

Sedikit demi sedikit hingga saat ingin membeli sesuatu kita tinggal membuka tabungannya. Surprise!!! Sungguh kebiasaan yang menyenangkan.

Sayangnya masih ada saja orang yang tidak bisa menabung dengan benar. Alih-alih cadangan uang bertambah malah terpakai terus setiap bulan.

Untuk itu kamu perlu belajar cara menabung yang benar mulai sekarang, dengan 5 langkah berikut.

Tentukan Target Tabunganmu

article image

Image source: citramajaraya.com

Menabung tanpa target bagai masak sayur tanpa garam, alias hambar. Bukan tidak mungkin tabungan tak terealisasikan.

Penting banget menentukan target di awal sebelum mulai menyisihkan uang. Misalnya 3 tahun lagi akan menikah, tabungan dana pensiun, atau membeli properti. Pikirkan juga kenaikan harga tanah beberapa tahun ke depan jika kamu ingin membeli properti.

Menentukan tujuan akan mengantarmu pada cara menabung yang benar sesuai target.

Menabung di Awal Gajian

article image

Image source: learnsidehustle.com

Cara menabung yang benar berikutnya ini kadang banyak disepelekan. Orang lebih memilih menabungkan sisa uang dibandingkan langsung menyisihkan di awal.

Padahal jika menunggu sisa biasanya sih enggak konsisten dan banyak habisnya. So, mulailah menyisihkan uang calon tabungan di awal gajian.

Selain itu kamu juga harus menentukan dulu akan seberapa banyak yang ingin ditabungkan. Mulai dari nominal terkecil, 10% gaji lalu naik di tahun berikutnya jadi 20% gaji lalu sesuaikan jumlahnya dengan kenaikan pendapatan.

Hitung juga perkiraan total pengeluaran pokok seperti makan, rumah tinggal, toiletries, pulsa, serta dana cadangan. Dengan begitu tabunganmu akan cepat mencapai target.

Ingat konsisten itu kunci utama menabung.

Catat Anggaran dan Pengeluaran

article image

Image source: practicalbusinessskill.com

Lo kok catat anggaran dan pengeluaran, masuk daftar cara menabung yang benar sih? Tentu iya, sebab tanpa mencatat pengeluaran bisa jadi lebih besar pasak daripada tiang.

Coba anggarkan semua kebutuhan selama sebulan dan lakukan sesuai catatan, syukur-syukur hasilnya lebih kecil. Mulai prioritaskan kebutuhan mendasar baru beberapa hal-hal kecil yang sering kamu beli bulanan.

Penganggaran yang sistematis membantu memprioritaskan pengeluaran serta menjaganya tetap seimbang. Tetap bisa menabung tanpa takut pengeluaran bulanan mencekikmu.

Setelah dicatat, jangan lupa tinjau kembali pengeluaranmu selama sebulan, kira-kira apakah ada pembengkakan?

Pisahkan Rekening Tabungan

article image

Image source: sociolla.com

Tips keempat ini sudah banyak direkomendasikan oleh banyak ahli. Salah satunya Ligwina Hananto seorang perencana keuangan yang menjelaskan akan pentingnya simpan tabungan di rekening berbeda dari rekening harian.

Dengan cara menabung yang benar ini, hasrat untuk menggunakan uangnya akan semakin kecil. Bisa juga coba simpan kartu ATM di rumah, jadi kamu tidak akan tergoda untuk menggeseknya.

Menabung Secara Konvensional

article image

Image source: indoindians.com

Cara menabung berikutnya ini lazim dilakukan. Biasanya dengan menyisihkan uang recehan atau sisa belanja.

Dan ternyata menabung gaya konvensional ini masih sangat bisa kamu coba. Mulai dengan menyisihkan recehan sisa makan atau belanja harian. Batasi uang yang kamu tabung, hanya recehan Rp 2.000 dan Rp 5.000an saja misalnya. Lakukan selama setahun dan jangan tergoda untuk mengambilnya ya.

Atau bisa juga menggunakan cara yang saat ini sedang banyak dilakukan influencer dan beberapa orang, yakni menyisihkan uang Rp 20.000an. Setiap kamu mendapatkan kembalian uang Rp 20.000 sisihkan dan lakukan berulang hingga batas waktu yang kamu tentukan. Siapa tahu bisa untuk beli hp baru.


Itu tadi 5 cara menabung yang benar dan bisa kamu coba lakukan mulai dari sekarang. Ingat ya sebelum menabung tentukan dulu apa yang ingin kamu capai, jadi bisa lebih fokus dan enggak gampang tergoda. Dan cek juga tips-tips menarik lainnya hanya di Gotomalls.com

Articles

Malls

featured image source: bpguide.com