Cara Menanam Bonsai Kelapa

Kelapa tidak hanya bisa diambil buahnya saja untuk jadi minuman dan makanan. Hampir semua komponen kelapa bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bahkan bisa juga jadi tanaman hias yang bakal mempercantik hunian. Salah satunya bonsai kelapa.

Bonsai adalah seni bercocok tanam yang populer di Jepang, meski pencetus awal adalah China.

Masyarakat China biasa menyebut teknik ini dengan nama penjing atau seni merawat tanaman kerdil hingga berumur ratusan tahun.

Dan kini, kamu pun bisa membuat bonsai kelapa sendiri dari rumah dengan cara sederhana. Berikut beberapa cara membuat bonsai kelapa, dijamin pasti tumbuh.

Menentukan Jenis Kelapa

article image

Image source: youtube.com

Tahap awal yang harus dilakukan untuk membuat bonsai kelapa adalah memilih jenisnya. Setidaknya ada 3 jenis kelapa yang bisa dijadikan bibit bonsai, yakni kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino.

Setiap jenis kelapa memiliki karakteristik yang berbeda dan perawatannya pun harus disesuaikan.

Misalnya gading merah dalam segi perawatan, kelapa jenis ini cukup merepotkan karena harus mempertahankan warna merahnya. Pupuknya pun tidak boleh asal, harus diberi cukup banyak.

Untuk kelapa gading susu tidak terlalu merepotkan, karena tanaman ini banyak ditemukan di negara subtropis. Biasanya sih banyak dijadikan pengganti pohon palem.

Terakhir, kelapa albino. Seperti namanya kelapa ini memiliki warna yang cenderung pucat polos, lebih putih dibandingkan dengan kelapa gading susu.

Memilih Bibit Kelapa

article image

Image source: tribunnews.com

Setelah menentukan jenis kelapa sekarang saatnya memilih bibit terbaik. Umumnya diambil dari kelapa yang sudah tua.

Sebisa mungkin cara menanam bonsai kelapa yang kedua ini harus benar-benar kamu perhatikan. Karena akan sangat berpengaruh pada hasil.

Bibit buah kelapa harus dipetik langsung dari pohonnya, jangan ambil kelapa yang sudah jatuh sendiri karena kemungkinan cacat. Pilih bentuk buah kelapa yang berukuran sedang namun memiliki akar yang lebat dan besar.

Pada minggu kedua hingga ketiga, bisanya tunas kelapa sudah mulai muncul.

Menentukan Posisi Patok Kelapa

article image

Image source: shopee.com

Menanam batok kelapanya pun tak boleh asal taruh. Sebab tunas kelapa akan muncul mulai dari batoknya.

Jika batok kelapa diletakkan dengan posisi vertikal maka batok akan dikelilingi akar tanaman. Sedangkan jika diletakkan secara horizontal, bonsai akan tumbuh menyamping layaknya keong.

Cara menanam bonsai kelapa yang ini sih posisi bisa disesuaikan menurut selera.

Membersihkan Serabut Kelapa

article image

Image source: bukalapak.com

Setelah tunas mulai tumbuh, maka saatnya untuk membersihkan batok kelapa.

Singkirkan serabut kelapa dari batok hingga permukaan lebih halus. Kamu bisa membersihkannya dengan cara mengupas sedikit demi sedikit.

Ini sedikit memakan waktu ya, karena serabut kelapa begitu rekat dengan batoknya.

Saat membersihkan serabut, pastikan tunas dan akarnya tidak terpotong. Tipsnya, bersihkan batok dengan posisi horizontal dengan mengitari batok.

Lanjutkan dengan membersihkan bulu harus pada batok menggunakan pisau lebih tajam. Lalu haluskan bagian batok kelapa menggunakan ampelas.

Mulai Menanam Batok Bonsai Kelapa

article image

Image source: rimbakita.com

Cara menanam bonsai kelapa berikutnya ini lebih fokus pada media tanamnya.

Siapkan pot dengan ukuran sedang, lalu masukkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk, dan air dengan perbandingan 2:1:1.

Selain komposisi di atas, kamu perlu berhati-hati saat menanam bonsai kelapa agar tunasnya tidak rusak.

Pada bagian tunas baru, bisa ditutupi dengan botol bekas sampai tumbuh. Jangan lupa untuk melubangi bagian atas botol yang menutup tunas ya.

Membentuk Bonsai Kelapa

article image

Image source: budidayapetani.com

Bonsai kelapa yang indah tidak bisa muncul dengan sendirinya, harus ada yang merawat dan telaten membentuknya.

Coba bentuk bonsai kelapa yang sudah tumbuh dengan teknik mengikat. Ikat bonsai dengan kawat atau tali, lakukan secara bertahap.

Bentuk ikatan yang bagus karena itu akan mempengaruhi arah pertumbuhan ranting bonsai kelapa. Bagian ranting biasanya diikatkan pada pangkal batang.

Merawat Bonsai Kelapa

article image

Image source: ruparupa.com

Selain mempelajari cara menanam bonsai kelapa, cara merawatnya pun perlu diketahui.

Jangan lupa untuk menyiram bonsai kelapa setiap hari. Saat musim kemarau intensitas air harus lebih banyak agar bonsai kelapa tidak mudah kering, tapi jangan juga sampai airnya menggenang.

Untuk pupuk, tambahkan setiap 15 hari sekali. Coba dengan menandai kalender agar tidak kelupaan.


Selamat mencoba dan mempraktikkan cara menanam bonsai kelapa di rumah. Mudah tapi perlu ketelatenan .Simak juga info-info serta promo-promo menarik di Gotomalls. Aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

Artikel

featured image source: youtube.com