Cara Menanam Bunga Mawar

Bunga mawar termasuk tanaman hias favorit yang sering dibudidayakan banyak orang. Dengan aneka rupa warna, spesies, serta manfaat yang terkandung didalamnya, bunga mawar menjadi tanaman komoditas yang cukup menjanjikan.

Di rumah-rumah, restoran, atau kamar hotel, bunga mawar biasa dijadikan ornamen penghias. Beberapa tangkai bunga mawar diletakan di dalam vas air dan dipajang di sudut-sudut ruangan.

Selain itu, bunga mawar juga bisa diekstrak untuk dijadikan bahan-bahan kosmetik, pengobatan, dan pewangi.

Cara Menanam Bunga Mawar

Bunga mawar bisa dikembang biakkan dengan berbagai macam cara, mulai dari teknik stek batang, ditanam dari benih, atau bisa juga dibiakkan dari rumpun mawar liar.

Namun, cara menanam bunga mawar yang paling mudah dan sudah terbukti efektif adalah teknik stek. Tapi, cara ini harus dilakukan dengan benar jika ingin tanaman berbunga lebat.

Berikut Gotomalls bagikan tipsnya:

1. Pilih Batang Induk yang Sehat

article image

Image source: Pixabay.com

Pertama-tama, kita harus menemukan batang induk mawar yang berkualitas. Kondisi tanaman harus benar-benar terawat baik, tidak terserang hama, dan ternutrisi dengan optimal.

Ciri-ciri batang mawar yang paling potensial untuk berakar bisa dilihat dari teksturnya. Biasanya, batang akan terasa agak lunak dibanding batang-batang lainnya. Batang ini masih berwarna hijau muda dan tampak segar.

Tapi, perhatikan juga bunga mawar yang tumbuh di pucuk batangnya. Jika kondisi bunga sudah mekar sempurna, tanaman akan menempatkan sebagian besar nutrisi untuk produksi bunga ketimbang pengembangan akar. Hal ini akan membuat cabang baru sulit tumbuh.

Sebaiknya pilih batang yang masih baru dengan bunga yang belum terlalu mekar, atau batang mawar yang baru selesai berbunga. Setelah itu, potong bagian bunga dan tunasnya sebelum distek.

2. Potong Batang dari Pohon Induk

article image

Image source: Gardenersworld.com

Selanjutnya, ambil segmen batang sepanjang kurang lebih 15-20 cm dari bagian atas atau sisi rumpun. Hindari memotong dari tengah atau dasar karena kurang efektif untuk mengembangkan akar.

Setelah itu, pangkas habis semua daun dan sisakan 2 atau 3 helai di bagian paling atas. Menghilangkan daun pada batang akan membantu mengalihkan distribusi energi untuk menumbuhkan akar.

3. Siapkan Batang untuk Proses Rooting

article image

Image source: Space Gardening

Siapkan alat pemangkas yang cukup tajam untuk membuat potongan baru di bagian bawah, yaitu dekat batang simpul yang agak menonjol. Area ini biasanya menjadi tempat pertumbuhan baru.

Setelah menemukan titik potongan tersebut, iris batang ke bagian bawah sekitar ΒΌ inci hingga terbelah dan tampak terbuka. Selanjutnya, kita bisa celupkan batang ke dalam larutan hormon penumbuh akar (opsional).

Penggunaan hormon penumbuh akar akan membantu mengoptimalkan tanaman agar menumbuhkan akar-akar baru.

4. Proses Penanaman

article image

Image source: Thespruce.com

Setelah batang siap dikembangkan, sediakan wadah pot, polybag, atau apapun yang bisa menampung media tanam. Masukkan media tanam ke wadah dengan ketebalan sekitar 15 cm, lalu buatlah lubang kecil di tengahnya.

Kemudian, tancapkan batang mawar secara perlahan. Jika sebelumnya telah diberi hormon penumbuh akar, pastikan agar zat tersebut tidak sampai hilang ketika ditanam. Padatkan tanah di sekitar batang, lalu siram secukupnya. Simpan di tempat yang cukup sejuk namun tetap terkena sinar matahari.

5. Tutup dengan Plastik

article image

Image source: Gardeningknowhow.com

Sediakan sebuah plastik transparan yang bisa menutupi batang serta media tanamnya. Cara menanam bunga mawar ini agar kadar kelembaban tanah tetap ideal. Beri sedikit lubang di beberapa tempat agar tanaman tetap bisa bernafas dan tidak membusuk.

Selain itu, pastikan plastik tidak menyentuh daun atau batang karena bisa menyebabkan tingkat kelembaban semakin tinggi. Jika itu terjadi, tanaman bisa membusuk dan terserang penyakit.

Periksa kondisi tanaman setiap hari, jaga agar kelembaban tanah tetap stabil sampai tanaman mawar siap dipindahkan. Proses pertumbuhan ini biasanya akan berlangsung selama 2 minggu atau lebih.

Jika daun sudah mulai tumbuh dan kondisi batang sudah cukup kokoh, pindahkan ke dalam pot yang lebih besar dan simpan di tempat yang lebih terbuka. Jangan lupa untuk selalu memberi pupuk dan nutrisi secara berkala.


Demikianlah cara menanam bunga mawar supaya cepat berbunga. Simak juga info dan tips menarik lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Mall

Artikel

Featured image source: garden.org