Cara Mencuci Sneakers Yang Benar Agar Tidak Rusak dan Awet

Sepatu sneakers identik dengan tampilan yang casual, sporty, serta nyaman. Sepatu jenis ini cenderung mudah dipadu-padankan dengan berbagai macam pakaian, mulai dari kemeja, dress, bahkan pakaian formal seperti jas. Bisa jadi Anda bahkan memiliki sepatu sneakers kesayangan yang amat sering digunakan, bahkan hingga kotor dan dekil. Sayangnya beberapa jenis sneaker original cenderung dihargai cukup mahal bagi sebagian orang. Beberapa orang bahkan rela menabung demi mendapatkan sneakers idaman. Tidak perlu heran karena harga tersebut tentu sebanding dengan kualitas.

Agar tidak perlu terlalu sering membeli sepatu, Anda bisa mencuci sepatu sneakers kesayangan yang sudah dekil tersebut. Meski saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa untuk membersihkan sepatu, Anda boleh juga mencoba membersihkan sendiri sepatu sneakers milik Anda. Pastikan Anda membersihkannya dengan benar agar sepatu kesayangan Anda tetap awet. Begini cara untuk mencuci sepatu sneakers yang benar.

Kamu juga bisa cek brand sneakers dengan kualitas baik di Indonesia.

Brands

Siapkan Peralatan

Agar sepatu sneakers kesayangan Anda tetap awet, pastikan Anda memiliki beragam peralatan pendukung yang sesuai. Mencuci sepatu tentu tidak bisa disamakan dengan mencuci pakaian. Apabila Anda terbiasa merendam pakaian yang sangat kotor, tidak demikian dengan sepatu. Anda harus kenal betul bahan yang digunakan untuk membuat sepatu Anda. Bagian-bagian sepatu biasanya dilekatkan dengan lem khusus yang dapat rusak apabila terendam air, terlebih air sabun. Berikut beberapa peralatan yang perlu disiapkan untuk membersihkan sepatu Anda.

article image

1. Sikat

Sikat yang digunakan untuk mencuci sepatu sneakers terdiri dari beberapa macam. Untuk bagian bawah sepatu atau outsole, Anda bisa memilih jenis sikat yang kasar. Sementara untuk bagian lainnya gunakan sikat medium yang tidak terlalu kasar. Anda bisa juga menggunakan sikat gigi bekas. Apabila dirasa perlu, Anda boleh saja membeli sikat yang khusus digunakan untuk mencuci sepatu. Pemilihan jenis sikat yang tepat mampu menjaga agar bahan pembuat sepatu tidak koyak atau lekas rusak.

2. Kain microfiber

Tidak seperti handuk atau kain biasa, kain microfiber terbuat dari jenis serat khusus yang tidak mudah menggores permukaan sepatu. Fungsinya adalah untuk mengelap sepatu usai disikat dengan larutan pembersih. Meski beberapa sepatu terbuat dari kain kanvas, lebih baik Anda tidak membiarkan sneakers kesayangan Anda dalam keadaan basah terlalu lama.

3. Larutan pembersih

Menggunakan detergen bubuk sangat tidak direkomendasikan untuk membersihkan sepatu sneakers. Butiran-butirannya bisa saja tidak larut secara maksimal dan justru merusak bahan sepatu kesayangan Anda. Lebih baik menggunakan pembersih dalam bentuk cair. Saat ini sudah tersedia beragam merek cairan pembersih sepatu yang dapat disesuaikan dengan bahan sepatu Anda. Tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit modal agar sepatu tampak kinclong dan awet.

4. Air bersih

Air bersih diperlukan untuk membasuh sepatu yang sudah disikat. Selain itu, air bersih juga bisa dijadikan campuran untuk larutan pembersih apabila diperlukan, mengingat beberapa larutan pembersih sepatu terkadang masih perlu diencerkan dengan air.

Usai mempersiapkan berbagai peralatan, berikut langkah-langkah untuk membersihkan sepatu sneakers yang benar.

Jika sneakers kamu sudah terlalu kusam, kamu bisa beli sneakers baru dengan promo-promo di Gotomalls.com

Lepaskan Tali Sepatu

article image

Kebanyakan sepatu sneakers memiliki tali sepatu yang dapat sekaligus menjadi aksesori tambahan pada sepatu itu sendiri. Tali sepatu juga berfungsi untuk menyesuaikan sepatu agar terasa pas dan nyaman saat dikenakan. Sebelum membersihkan sepatu sneakers, lepas dahulu talinya dan rendam dalam larutan pembersih. Remas sesekali untuk menghilangkan kotoran yang menempel, kemudian bilas dengan air bersih. Melepaskan tali sepatu juga memudahkan Anda untuk membersihkan bagian-bagian yang biasanya tertutupi tali, terlebih di sekitar lubang tali sepatu. Pada bagian yang biasanya tertutupi tali sepatu ini biasanya ditemukan kotoran yang terselip dan menumpuk.

Bersihkan Outsole Terlebih Dahulu

article image

Outsole merupakan bagian sepatu paling bawah yang biasanya menapak ke tanah. Bagian ini tentu merupakan bagian yang paling kotor sehingga wajib untuk dibersihkan. Gunakan sikat yang sudah dibasahi, teteskan cairan pembersih, kemudian sikat bagian outsole. Selanjutnya, lap dengan kain microfiber untuk menghilangkan sisa-sisa larutan pembersih. Apabila masih tampak kotor, sikat kembali, kemudian lap lagi dengan kain sampai segala bentuk debu dan kotoran benar-benar menghilang.

Sikat Midsole dengan Cairan Pembersih dan Air

article image

Usai membersihkan outsole, bersihkan juga bagian midsole atau bagian bawah sepatu yang tampak apabila dilihat dari sisi samping. Pada beberapa sneakers, bagian ini biasanya berwarna putih sehingga tampak amat dekil apabila terkena lumpur dan kotoran. Sama seperti saat membersihkan outsole, basahi sikat dengan air, kemudian teteskan larutan pembersih. Anda boleh saja menggunakan sikat yang sama, tapi pastikan sudah dibersihkan dengan benar. Sikat secara melingkar, kemudian lap hingga bersih.

Bingung cari mall yang jual sneakers keren? Kamu bisa cek di mall-mall ini.

Malls

Gunakan Medium Brush pada Bagian Upper Shoes

article image

Istilah upper merujuk pada bagian sepatu paling luas yang menutupi seluruh kaki. Bagian ini dapat terbuat dari berbagai macam bahan seperti kanvas, suede, maupun kulit sintetis. Untuk membersihkan bagian ini, Anda wajib menggunakan sikat yang lebih halus untuk menghindari kerusakan pada serat-seratnya. Sikat dengan larutan pembersih, kemudian keringkan dengan kain microfiber. Untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi. Jangan lupa untuk menyikat bagian tongue yang biasanya tertutupi oleh tali sepatu. Cermati betul bagian lipatan yang kerap menjadi sarang tumpukan kotoran.

Jangan Lupa Bersihkan In Sole

In sole adalah alas kaki yang terdapat pada bagian dalam sepatu. Meski tidak terlihat, bagian ini juga wajib untuk dibersihkan lantaran merupakan tempat penumpukan bakteri serta keringat yang berasal dari kaki. Singkatnya, in sole merupakan sumber bau pada sepatu Anda sehingga juga perlu dijaga kebersihannya.

Cek juga sneakers rekomendasi kami yang bakal bikin kamu makin stylist!

Products

Keringkan dengan Diangin-anginkan

article image

Apabila sepatu sneakers Anda sudah bersih sempurna, sekarang saatnya untuk mengeringkannya. Hindari menjemur sepatu di bawah sinar matahari yang terik. Meski membuat sepatu lekas kering, cara ini justru dapat membuat warna sepatu Anda lekas pudar. Anda tentu tidak ingin sepatu sneakers kesayangan Anda tampak kusam, bukan? Cara terbaik untuk mengeringkannya adalah dengan diangin-anginkan. Anda bisa juga memanfaatkan kipas angin untuk mengeringkan sepatu yang sudah dibersihkan. Khusus untuk bagian in sole, keringkan secara terpisah. Jangan lupa keringkan juga tali sepatu yang sudah direndam cairan pembersih tadi.

Itu tadi beberapa peralatan yang diperlukan serta cara membersihkan sepatu sneakers yang benar. Pastikan Anda selalu membeli sepatu sneakers original sebagai bentuk penghargaan terhadap para produsen sepatu. Dapatkan sepatu original berkualitas di gerai-gerai resmi seperti Adidas , Converse , maupun Nike. Anda juga bisa memilih sepatu sneakers favorit di gerai-gerai Sports Station terdekat di kota Anda. Temukan lokasi tepatnya via Gotomalls.com. Ketahui juga aneka promo lengkap perihal event, diskon, serta promosi lainnya di Gotomalls.com.

Brands

Malls