Cara Efektif Mengecilkan Pinggul Kamu Dalam 30 Hari, Berani Coba?

Memiliki bentuk tubuh ideal merupakan hal yang didambakan setiap wanita. Namun, sebagian wanita umumnya memiliki rasa tidak puas terhadap bagian tertentu pada tubuhnya. Salah satu bagian tubuh wanita yang sering menjadi masalah adalah area pinggul.

Kondisi pinggul dan paha yang lebih besar umumnya dikenal dengan sebutan bentuk tubuh pear. Terkadang bentuk tubuh seperti ini membuat wanita jadi kurang percaya diri. Penyebab penumpukan lemak di area pinggul dan paha bermacam-macam, bisa karena duduk terlalu lama, mengonsumsi makanan berlemak atau gaya hidup yang kurang sehat.

Buat kamu yang memiliki bentuk tubuh pear jangan berkecil hati. Ternyata ada cara efektif mengecilkan pinggul yang bisa kamu lakukan secara rutin. Berikut Gotomalls rangkum cara efektif mengecilkan pinggul dalam 30 hari yang bisa kamu coba.

Squat

article image

Image source: besthealthmag.ca

Squat merupakan salah satu gerakan olahraga yang paling sering dilakukan, baik untuk pemula maupun yang sudah terlatih. Gerakan olahraga ini adalah gerakan dasar yang memberi banyak manfaat. Salah satunya melatih tubuh bagian bawah dan efektif membakar lemak di pinggul.

Gerakan squat terlihat sederhana, tetapi kamu perlu memerhatikan detail agar lebih terasa manfaatnya. Mulai dengan posisi berdiri dengan kedua kaki sedikit dibuka selebar bahu. Dari posisi berdiri, gerakkan tubuh seolah sedang duduk di kursi sambil meluruskan kedua tangan ke depan.

Ketika tubuh berada pada posisi seperti sedang duduk, perhatikan lutut jangan sampai menekuk melewati ujung jari kaki atau hindari lutut terlalu condong ke depan. Posisi lutut harus sejajar dengan ujung jari kaki. Setelah itu kembali lagi ke posisi berdiri dan ulangi gerakan ini sebanyak tiga set masing-masing 10 kali.

Lunges

article image

Image source: womenshealtmag.com

Cara mengecilkan pinggul yang kedua adalah lunges. Gerakan ini sedikit lebih berat dibanding squat tetapi efektif dalam mengecilkan pinggul. Jika dalam squat posisi kaki sejajar bahu, dalam lunges posisi kaki seperti sedang melangkah lebar.

Posisi awal adalah berdiri tegak, kemudian langkahkan satu kaki ke depan sejauh kurang lebih 80 cm. Usahakan jari-jari mengarah lurus ke depan. Kemudian tekuk lutut kaki yang di depan dan turunkan lutut kaki yang di belakang hingga hampir menyentuh lantai secara bersamaan. Kembali ke posisi semula.

Ulangi gerakan ini secara bergantian dengan melangkahkan kaki yang satunya. Supaya efektif, lakukan repetisi sebanyak 10 kali untuk masing-masing kaki. Saat melakukan lunges tahan otot perut dan paha, dan perhatikan jangan sampai lutut yang di depan menekuk terlalu condong ke depan melewati telapak kaki.

Latihan Kardiovaskular

article image

Image source: anywherefit.net

Cara mengecilkan pinggul berikutnya adalah melakukan latihan kardiovaskular. Olahraga ini disarankan untuk orang-orang yang ingin mengurangi lemak dalam tubuh. Latihan kardio dengan intensitas tinggi dapat membakar kalori dan juga membakar lemak tubuh.

Salah satu latihan kardio yang paling simpel adalah berlari. Kamu bisa melakukan latihan ini dengan berlari di taman atau menggunakan treadmill. Jika rutin berlari selama 10 menit setiap hari, kebiasaan itu akan membantu kamu meningkatkan metabolisme tubuh.

Latihan kardio juga sering dikombinasi dengan jenis latihan lain seperti functional workout. Penggabungan latihan intensitas tinggi akan lebih efektif dalam membakar lemak tubuh.

Baca juga artikel lainnya tentang olahraga di bawah ini:

Articles

Gerakan Bridge

article image

Image source: threeminuteegg.com

Berikutnya adalah melakukan latihan gerakan bridge. Olahraga ini efektif dalam melatih bagian belakang kaki dan membuat paha dan pinggul lebih kencang dan ramping.
Posisi awal ketika melakukan gerakan bridge adalah berbaring di lantai dan menghadap langit-langit. Tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat dan posisikan kedua tangan di samping tubuh. Kencangkan pantat dan angkat pinggul secara perlahan hingga posisi tubuh seperti garis lurus miring dari lutut ke kepala.

Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, kemudian turunkan pinggul pelan-pelan hingga kembali menyentuh lantai seperti posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-20 kali sesuai dengan kebutuhan kamu. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Hip Raise

article image

Image source: brilio.net

Latihan hip raise adalah latihan yang secara khusus dilakukan untuk mengecilkan pinggul dan paha. Latihan sangat disarankan untuk mengencangkan pinggul dan paha luar.

Pertama, berbaringlah di lantai dengan posisi menyamping, di mana salah satu kaki berada di atas kaki yang lain. Posisi kepala berada di atas lengan. Sembari menahan posisi kaki tetap lurus, angkat kaki yang berada di atas ke arah langit-langit dan turunkan ke posisi awal dengan gerakan pelan.
Setelah melakukan repetisi sebanyak 10-15 kali, cobalah berganti posisi ke sisi yang lain. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara bergantian untuk kedua sisi secara rutin.

Bersepeda

article image

Image source: gearjunkie.com

Kalau kamu bosan melakukan olahraga lari, kamu bisa mencoba olahraga kardio yang lain seperti bersepeda. Olahraga ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengecilkan paha dan pinggul. Meskipun dapat dilakukan dengan santai, ternyata bersepeda bisa membakar lemak yang menimbun di kedua area tubuh tersebut.

Saat bersepeda, kedua paha bergerak kencang ketika mengayuh pedal sehingga pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Kamu bisa bersepeda di outdoor atau menggunakan sepeda statis. Keduanya sama-sama bisa membantu kamu dalam mengecilkan paha dan pinggul.

Lakukan olahraga ini secara rutin paling tidak selama 15 menit setiap hari. Kamu juga bisa meningkatkan intensitas olahraga secara perlahan untuk mendapat hasil yang maksimal.

Yoga

article image

Image source: unsplash.com

Olahraga ini belakangan populer setelah banyak selebriti yang melakukan yoga untuk menjaga bentuk tubuh. Kamu pun bisa mencoba yoga sebagai cara untuk mengecilkan pinggul. Meskipun dilakukan dengan gerakan pelan, tetapi yoga dapat membakar lemak secara efektif.

Gerakan yoga dasar yang bisa kamu coba adalah surya namaskar. Flow gerakan surya namaskar dapat membantu kamu dalam mengencangkan area paha dan pinggul. Menariknya, ketika melakukan yoga kamu tidak hanya olahraga secara fisik, tetapi juga melatih pernapasan dan belajar menghargai proses.

Membatasi Kalori

article image

Image source: runnersworld.com

Olahraga yang kamu lakukan akan terasa kurang efektif tanpa diimbangi dengan pola makan yang tepat. Cara mengecilkan pinggul berikutnya adalah mengatur pola makan dengan membatasi kalori. Sembari melakukan rutinitas latihan fisik, alangkah baiknya bila kamu mengonsumsi makanan yang kaya serat.

Ada banyak pilihan makanan kaya serat yang bisa kamu konsumsi. Di antaranya adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Selain dalam bentuk makanan, hindari juga kalori cairan pada minuman seperti alkohol, kopi manis, teh manis, minuman bersoda dan lain-lain.

Biasakan diri untuk menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh sehari-hari. Jangan mengonsumsi camilan secara berlebihan. Dengan porsi olahraga dan makanan yang tepat, usaha kamu dalam mengecilkan pinggul akan menjadi lebih efektif.


Itulah cara mengecilkan pinggul yang efektif dan memberi hasil yang maksimal jika dilakukan secara rutin. Kamu bisa coba mempraktikkan cara-cara seperti di atas dan rasakan perubahannya setelah 30 hari. Hal yang paling penting dalam usaha mengecilkan pinggul adalah konsistensi. Jangan sampai rasa malas menyerang dan akhirnya membuat kamu jadi tidak berusaha secara rutin. Selamat mencoba!

Cek juga toko olahraga favorit kamu di Gotomalls. Aplikasi berbasis website pertama ini juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: verywellfit