Cara Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori besar, munculnya bintik hitam di area hidung, pipi dan dagu adalah problem yang sering dialami banyak orang. Akibatnya, penampilan jadi terlihat mengganggu.

Pada dasarnya, pori-pori yang membesar disebabkan oleh produksi minyak berlebih, sehingga rentan mengalami penyumbatan oleh kotoran dan sel kulit mati.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Kalau kamu mengalami masalah ini, kamu bisa coba mengatasinya dengan beberapa cara mudah. Simak tipsnya berikut ini:

1. Mengoleskan Es Batu

article image

Image source: portalmakassar.com

Es batu bisa dimanfaatkan sebagai sebagai cara instan untuk mengecilkan pori-pori. Bahan ini bisa didapatkan dengan mudah dan cukup dioleskan langsung di area wajah.

Namun, disarankan untuk membungkus bongkahan es batu dengan kain atau handuk sebelum dioleskan. Oleskan sambil dipijat perlahan selama 15 menit agar pori-pori mengecil sempurna.

2. Air Beras

article image

Image source: Kompas.com

Saat mencuci beras sebelum menanak nasi, sebaiknya jangan langsung membuang airnya. Air cucian beras mengandung asam ferullic dan allantoin yang bermanfaat untuk memelihara kulit dan mengecilkan pori-pori.

Kalau kamu ingin mencoba cara mengecilkan pori-pori dengan air beras, biarkan air mengendap beberapa lama dalam wadah. Lalu, gunakan endapan beras tersebut sebagai masker wajah.

3. Jeruk Nipis

article image

Image source: Kompas.com

Jeruk nipis terkenal dengan kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit agar terhindar dari masalah jerawat, mengatasi minyak berlebih, hingga mengangkat sel kulit mati.

Nah, jika produksi minyak dapat terkontrol dan bersih dari sel kulit mati, pori-pori wajah akan mengecil. Caranya cukup mudah, potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya dan oleskan pada wajah. Biarkan mengering selama 15 menit, lalu cuci bersih.

4. Masker Tanah Liat

article image

Image source: Ilmupedia.co.id

Masker tanah liat mampu mengatasi berbagai masalah penyebab pori-pori membesar. Mulai dari minyak berlebih, kotoran, dan juga sel kulit mati. Untuk mendapatkan hasil optimal, disarankan untuk memakai masker tanah liat 1 sampai 2 kali setiap minggu.

5. Masker Pepaya

article image

Image source: Grid.id

Selain jeruk nipis, buah pepaya juga bermanfaat sebagai cara mengecilkan pori-pori. Buah ini memiliki kandungan enzim papain yang ampuh untuk meregenerasi kulit.

Pepaya juga diperkaya dengan vitamin E, C, dan A yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan pepaya bersifat anti-oksidan yang melembapkan sekaligus berperan sebagai tabir surya alami.

Caranya, blender buah papaya sampai halus, lalu terapkan sebagai masker. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih.

Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: self.com