Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Ada berbagai cara mengecilkan ukuran foto yang cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi kalau cuma sekadar mengecilkan ukuran file tanpa menurunkan kualitas gambarnya, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi dan tools online gratis.

Misalnya saja ketika harus memenuhi persyaratan administrasi online yang biasanya membatasi ukuran file unggahan, tentunya kamu harus mengunggah foto yang ukurannya lebih kecil.

Cukup dengan berbekal HP atau laptop, kamu bisa mengubah ukuran foto. Mau tahu caranya? Berikut Gotomalls bagikan tipsnya!

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Lewat Aplikasi Android

Jika tidak ada laptop atau PC yang bisa digunakan, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi di Android untuk memperkecil ukuran foto. Nah, berikut dua aplikasi yang bisa kamu coba:

1. Photo & Picture Resizer

article image

Image source: play.google.com

Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Setelah diunduh melalui Google Play Store, kamu bisa langsung membukanya dan pilih file foto yang diinginkan.

Selanjutnya, tap tombol di kotak merah berikut untuk mengecilkan fotonya. Ada beberapa pilihan dimensi gambar yang sudah tersedia.

Tapi, kita juga tetap bisa menentukan sendiri dimensi gambar sesuai kebutuhan. Setelah file foto telah diubah ukurannya, secara otomatis akan langsung tersimpan di memori HP.

2. Photo Compress & Resize

article image

Image source: play.google.com

Selain Photo & Picture Resizer, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Photo Compress & Resize sebagai cara mengecilkan ukuran foto. Fungsi yang ditawarkan juga cukup sederhana, yaitu mengecilkan dimensi, mengecilkan ukuran file, dan memotong gambar.

Kalau kamu butuh mengecilkan dimensi, pilih opsi Resize pada halaman utama. Tetapi jika harus memperkecil ukuran file foto, kamu bisa pilih opsi Compress.

Namun, untuk opsi Resize tidak hanya mengubah dimensi gambar, melainkan juga mengubah ukuran file-nya.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Lewat Laptop

Ada cukup banyak aplikasi PC yang memiliki fitur untuk memperkecil ukuran foto. Namun, dari sekian banyak pilihan, kamu bisa coba dua aplikasi berikut ini yang kemungkinan besar sudah terpasang di setiap perangkat PC atau laptop.

3. Adobe Photoshop

article image

Image source: Brosurkilat.com

Adobe Photoshop adalah aplikasi yang sudah sangat populer untuk kebutuhan editing dan membuat desain grafis. Sayangnya, tidak semua orang bisa menggunakan tools yang tersedia disana. Namun, cara mengecilkan ukuran foto menggunakan Adobe Photoshop sebenarnya sangat mudah.

● Buka Adobe Photoshop lalu klik File - Open untuk membuka file foto.

● Buka menu File, klik Export - Save for Web.

● Setelah muncul pop-up window, perhatikan menu Preset, Quality, dan Image Size.

● Pertama, ubah Preset menjadi JPG Medium dengan Quality medium.

● Selanjutnya, atur Image Size (dimensi) sesuai kebutuhan.

4. Microsoft Paint

article image

Image source: Quizizz.com

Kalau kamu menggunakan OS Windows, sudah pasti aplikasi ini tersedia di perangkat laptop atau PC yang kamu miliki. Microsoft Paint bisa menjadi alternatif Photoshop sebagai cara mengecilkan ukuran foto yang sangat mudah.

● Pertama, klik File - Open lalu pilih file foto yang kamu inginkan.

● Selanjutnya, klik opsi Resize dan tentukan sendiri dimensinya sesuai kebutuhan. Lalu, klik OK.

● Jika ukuran foto sudah berubah, simpan file foto tersebut dengan klik File - Save as - JPEG Picture. Mudah sekali kan?

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Tools Online

Kalau kamu ingin lebih simpel tanpa harus menggunakan aplikasi apapun, entah itu lewat HP atau laptop, sebaiknya kamu gunakan tools online yang tersedia gratis. Ada beberapa tools yang bisa kamu coba:

5. iLoveIMG

article image

Image source: iloveimg.com

iLoveIMG menawarkan berbagai fitur untuk editing gambar, termasuk juga fitur compress dan resize. Langkah pertama yang dilakukan adalah masuk ke situs iloveimg.com.

Di halaman utama tersedia beberapa tools yang bisa kita gunakan. Nah, untuk mengecilkan foto, kamu bisa pilih menu Compress Image (mengecilkan file) dan Resize Image (mengecilkan dimensi).

Selanjutnya, kamu tinggal klik menu Select Images, dan pilih file yang diinginkan. Kamu juga bisa mengkompres beberapa foto sekaligus melalui tools gratis ini.

Setelah itu, klik Compress Images jika ingin mengecilkan file atau Resize Image untuk mengubah dimensinya. File akan otomatis diunduh ke perangkat setelah prosesnya selesai.

6. Photo Resizer

article image

Image source: photoresizer.com

Selain iLoveIMG, Photo Resizer juga bisa kamu coba, terutama untuk mengecilkan dimensi foto tanpa perlu repot-repot mengunggah file terlebih dahulu.

Di situsnya, kamu bisa langsung copy-paste file gambar yang ingin diubah dimensinya. Tapi, kamu juga tetap bisa mengunggah lewat media penyimpanan.

Pertama, klik kanan pada file foto, lalu klik opsi copy image. Selanjutnya masuk ke situs photoresizer.com, lalu tekan tombol (Ctrl + V) untuk memasukkan gambar.

Di sudut atas kiri, pilih menu resize dan tentukan dimensi yang diinginkan, kemudian klik apply. Setelah ukuran foto berubah, klik kanan dan pilih save image as untuk disimpan di perangkat, atau klik copy image untuk disalin langsung.


Demikianlah beberapa cara mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi dan tools online. Simak juga update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Articles

Featured image source: Artifact Uprising