Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root di Smartphone Android

Beberapa bloatware atau aplikasi bawaan pabrik yang terinstal di perangkat Android sering kali dianggap tidak berguna oleh banyak pengguna. Aplikasi-aplikasi tersebut hanya menghabiskan ruang penyimpanan tanpa bisa dihapus. Akhirnya, tidak banyak yang bisa dilakukan selain mematikan akses data dan background operation.

Tapi benarkah aplikasi bloatware itu tidak bisa dihapus? Sebenarnya ada dua alternatif pilihan untuk melakukan itu. Menggunakan aplikasi pembersih sampah atau menggunakan program “Debloater” di PC. Mau tahu bagaimana caranya? Simak tipsnya di bawah ini:

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root: CCleaner

article image

Image source: sanalgezim.com

CCleaner adalah software pembersih sampah gratis yang hadir pertama kali untuk perangkat PC. CCleaner sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja komputer dan membersihkan registry. Salah satu fitur andalannya adalah tools pembersih cache yang tersisa setelah browsing di internet.

Utility tools lainnya pun berukuran relatif kecil, sehingga tidak memberatkan RAM komputer saat dijalankan. Kini, CCleaner tidak hanya tersedia untuk perangkat PC saja, tapi juga sudah tersedia untuk perangkat smartphone berbasis Android dan iOS. Aplikasinya mendukung 47 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Selain fitur pembersih sampah, CCleaner juga memungkinkan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa harus menjalankan proses rooting terlebih dahulu, dan caranya pun sangat mudah.

Pertama-tama, download aplikasi CCleaner di Google Play Store

article image

Image source: adictivox.com

Buka aplikasi CCleaner yang telah diunduh

article image

Image source: itpoin.com

Di bagian pojok kiri atas, tap ikon menu lalu pilih opsi “App Manager”

article image

Image source: play.google.com/CCleaner

Selanjutnya pilih “System”

article image

Image source: truetload280.weebly.com

Kamu akan melihat daftar aplikasi bawaan, silakan pilih aplikasi yang ingin dihapus

article image

Image source: karanpc.com

Selama proses ini biasanya akan muncul notifikasi yang memperingatkan kemungkinan munculnya masalah pada perangkat jika kita menghapus aplikasi bawaan. Untuk menghindari risiko ini, sebaiknya kita paham dulu fungsi aplikasi yang akan dihapus. Jika memang tidak memiliki fungsi vital, silakan hapus aplikasi bawaan tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root: Debloater

article image

Image source: allmobitools.com

Alternatif kedua untuk hapus aplikasi bawaan adalah dengan menggunakan software “Debloater” di PC. Jika cara pertama masih tidak mempan untuk menghapus bloatware tanpa harus melakukan rooting, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kamu sudah mengunduh dan meng-instal software “Debloater” di perangkat PC
  2. Aktifkan fungsi “Developer Option” di Android (pengaturan – “About Phone” – “Build Number” – tap sebanyak 7 sampai 10 kali)
  3. Cari opsi “USB Debugging” lalu aktifkan
  4. Buka program Debloater di PC lalu sambungkan perangkat Android menggunakan kabel USB
  5. Tunggu hingga perangkat Android terdeteksi, selanjutnya pindai aplikasi bawaan yang terpasang
  6. Tandai aplikasi yang ingin dihapus, lalu klik “Apply”

Setelah klik “Apply”, aplikasi yang tidak diinginkan secara otomatis langsung terhapus dari perangkat Android. Tapi jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya kembali, kamu tinggal melakukan langkah yang sama, lalu hilangkan semua tanda pada aplikasi-aplikasi yang sebelumnya telah dihapus.


Bagaimana? Mudah kan? Mulai sekarang kamu bisa menggunakan lebih banyak ruang memori untuk mengunduh aplikasi-aplikasi lain yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi menarik seputar tips gadget lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori offline shopping terbaik untuk pengalaman belanja yang memuaskan dan juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: kuotareguler.com