Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Memiliki bekas luka di tubuh cukup mengganggu. Apalagi jika luka tersebut berada di bagian yang terlihat jelas. Misalnya pada lutut, lengan, atau bahkan wajah.

Untuk sebagian orang tentu bekas luka seperti ancaman yang mengurangi rasa percaya dirinya. Untuk menghilangkannya pun juga tidak bisa instan.

Kamu perlu tahu, seperti apa bekas luka tersebut untuk kemudian mengetahui cara penyembuhan alaminya. Seperti:

  • Bekas luka keloid: bekas luka yang terbentuk secara abnormal. Keloid biasanya muncul di luar batas kulit yang cedera hingga berbentuk seperti benjolan kulit.

  • Bekas luka kontraktur: biasanya terbentuk akibat hilangnya area kulit. Bisa karena luka bakar atau kecelakaan. Bekas luka tersebut membuat kulit menjadi mengkerut serta tertarik.

  • Bekas luka hipertrofik: Adalah pertumbuhan jaringan parut berlebih yang melewati luas luka. Biasanya setiap luka goresan dapat menimbulkan bekas setelah sembuh, itulah yang kemudian disebut jaringan parut.

  • Stretch marks: merupakan gratin yang sering terlihat pada kulit bagana dalam yang mengandung banyak lemak. Seperti payudara, paha dalam dan luar, perut atas, pantan, hingga lengan.

  • Bekas luka atrofi: biasanya ditandai dengan hilangnya jaringan. Bekas luka tersebut akan terlihat bergerigi dan tidak rata dengan kulit.

Untuk mengurai bekas luka tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan 8 bahan alami ini.

1. Lidah Buaya

article image

Image source: viva.com

Aloe vera atau lidah buaya terkenal memiliki beragam manfaat baik untuk kulit bahkan rambut. Ekstrak lidah buaya juga dapat digunakan untuk meredakan atau menyamarkan bekas luka.

Lepaskan kulit lidah buaya dan ambil gel beningnya dalam wadah, kemudian oleskan pada bekas luka dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi setiap hari.

Ini memang tidak akan memberikan hasil yang instan. Namun jika kamu menggunakannya secara rutin, bekas luka semakin lama akan semakin menghilang.

2. Vitamin E

article image

Image source: websosanh.com

Vitamin E memang dikenal baik menutrisi kulit. Termasuk untuk mengatasi bekas luka pada kulit. Bukan hanya diminum ya, Vitamin E juga bisa kamu oleskan langsung pada luka.

Caranya buka kapsul Vitamin E lalu oleskan pada bekas luka. Satu bagian luka mungkin akan memerlukan lebih dari 1 kapsul. Diamkan selama 10 sampai 20 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Ulangi cara tersebut setidaknya 3 kali sehari.

3. Madu

article image

Image source: cnn.com

Madu terkenal sangat baik untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Untuk bekas luka pun, madu cukup dapat diandalkan.

Sebelum tidur kamu bisa tutupi bekas luka dengan lapisan madu, bungkus bekas luka yang sudah diolesi madu dengan perban dan diamkan semalaman. Di pagi hari lepaskan perban dan bersihkan sisa madu dengan air hangat.

Kamu bisa melakukan cara ini setiap malam hingga bekas luka menghilang.

4. Minyak Kelapa

article image

Image source: sociolla.com

Yang satu ini juga sudah banyak dipuji-puji memiliki banyak khasiat. Untuk menghilangkan bekas luka kamu bisa menuangkan beberapa sendok makan minyak kelapa lalu cairkan.

Kemudian oleskan pada bekas luka sambil dipijit perlahan. Biarkan cairan menyerap dalam kulit dan diamkan selama 1 jam. Ulangi hingga 4 kali setiap hari.

5. Sari Cuka Apel

article image

Image source: lazada.com

Siapa nih yang suka pakai cuka apel untuk obat jerawat? Jika iya kamu tidak sendiri, karena memang sari cuka apel baik untuk mengobati peradangan pada kulit.

Kamu bisa mencampurkan sari cuka apel dengan air, perbandingannya bisa 2:4 sendok makan. Campur hingga merata kemudian tuangkan pada kapas dan kompreskan pada bekas luka.

Biarkan sampai kapas mengering kemudian angkat dan jangan dibilas. kamu bisa melakukan ini setiap kali sebelum tidur ya.

6. Lavender dan Minyak Zaitun

article image

Image source: oliveoilcosmetic.com

Aroma dari lavender dan minyak zaitun yang segar akan membuat perawatan bekas luka ini terasa menyenangkan. Pertama campurkan 3 tetes minyak esensial lavender dalam 3 sendok makan minyak zaitun.

Campur hingga merata lalu oleskan pada bekas luka selama 5 menit lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Ulangi setidaknya 3 kali sehari.

7. Lemon

article image

Image source: haibunda.com

Cara ini hanya dapat kamu lakukan untuk bekas luka yang sudah benar-benar kering dan tertutup. Karena jika tidak rasa perihnya bisa sangat menyakitkan.

Caranya cukup mudah, potong lemon menjadi irisan kecil, lalu gosokkan pada bekas luka. Kamu juga bisa sedikit memerasnya agar air lemon keluar lebih banyak.

Diamkan selama 10 menit kemudian bisa area tersebut dengan air dingin. Lakukan berulang setiap hari. Oh iya, selain memudarkan luka, air lemon juga baik untuk meratakan warna kulit.

8. Kentang

article image

Image source: healthline.com

Tidak hanya dimakan, kentang juga bisa jadi obat oles untuk bekas luka. Cara menggunakannya juga mudah.

Potong kentang menjadi lingkaran tebal sedang, lalu gunakan untuk olesan bekas luka. Putar-putar potongan kentang pada bekas luka hingga kentang mulai mengering.

Kamu bisa mengganti dengan potongan lain hingga 20 menit. Setelah itu bilas are bekas luka dengan air dingin. Lakukan cara tersebut setiap dua kali sehari.

Silahkan praktekkan 8 cara alami hilangkan bekas luka di atas ya.

Malls

Articles