Cara Menghindari Pencurian Data

Di era digital privasi dan keamanan data sudah menjadi hal sensitif yang tidak boleh dianggap sepele. Apalagi saat ini banyak sekali terjadi kasus-kasus penjebolan dan pencurian data. Para peneliti menemukan terdapat lebih dari 1.000 aplikasi yang teridentifikasi melanggar aturan dan mencuri data tanpa sepengetahuan pengguna.

Tapi, jangan buru-buru panik dulu! Ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu terapkan untuk menghindari pencurian data oleh aplikasi. Simak tipsnya berikut ini!

1. Perhatikan Izin Aplikasi

article image

Image source: Androidauthority.com

Pertama-tama, kita perlu memperhatikan izin dari setiap aplikasi yang akan kita gunakan. Dibutuhkan pemikiran yang kritis untuk menelisik apakah izin-izin tersebut masuk akal untuk fungsinya, misalnya saja akses kontak, galeri, dan sebagainya. Kita perlu mewaspadai aplikasi-aplikasi yang meminta akses data yang tidak relevan dengan kegunaannya.

Stephen Hart, CEO Cardswitcher, seperti dikutip dari laman CNet mengutarakan pendapatnya. "Jika kamu mengunduh aplikasi sederhana, seperti kalkulator saku, apakah masuk akal jika aplikasi itu meminta izin untuk mengakses daftar kontak dan lokasi kita?". Jika kamu menemukan kejanggalan, sebaiknya hindari untuk mengunduh aplikasi tersebut.

2. Perhatikan Pengembangnya

article image

Image source: binus.ac.id

Jika kamu belum bisa yakin seutuhnya, kamu bisa coba melihat ulasan-ulasan dari pengguna aplikasi serta informasi latar belakang dari pengembangnya. Tinggal ketikkan saja nama perusahaan atau developer pembuat aplikasi tersebut di Google, maka kamu akan menemukan rekam jejaknya.

Pastikan bahwa mereka tidak memiliki rekam jejak negatif, apalagi yang terkait masalah pencurian data atau scamming. Jika perusahaan tersebut punya reputasi buruk, sebaiknya hindari mengunduh semua aplikasi yang dibuat oleh pengembang tersebut.

3. Hanya Unduh Aplikasi di Tempat Resmi

article image

Image source: Selera.id

Ada satu tips lagi yang harus kamu ketahui agar terhindar dari pencurian data, yaitu mengunduh aplikasi hanya di tempat resminya seperti Google Play Store dan App Store. Meskipun hal ini tidak bisa 100 persen menjamin keamanan, namun akan jauh lebih baik ketimbang mengunduh di situs-situs tidak resmi.

Mengunduh aplikasi dari situs resmi akan terhindar dari resiko serangan ransomware, malware, spyware, dan virus trojan yang bisa menginfeksi perangkat. Sebaliknya, di tempat-tempat resmi semua itu sudah disaring agar lebih aman.

4. Selalu Perbarui OS dan Aplikasi Secara Berkala

article image

Image source: Instabug.com

Nah, tips yang satu ini mungkin sering dianggap sepele oleh pengguna smartphone. Padahal, memperbarui aplikasi dan sistem operasi perangkat sangat penting untuk menjaga keamanan dan kelayakan fungsinya. Setiap kali muncul versi update terbaru, biasanya sistem keamanan juga akan ditingkatkan. Pembaruan ini akan membuat kita selangkah lebih aman dari resiko pencurian data.

5. Gunakan Pengelola Kata Sandi (Password Manager)

article image

Image source: Tekno Kompas

Selain konfigurasi dasar, ada pula cara lain untuk menghindari pencurian data, yaitu menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun. Masalahnya, password yang berbeda-beda sering menyulitkan pengguna untuk log in. Tapi, kamu bisa menggunakan aplikasi pengelola kata sandi atau password manager untuk memudahkannya.

Gunakanlah kata sandi yang terdiri dari serangkaian karakter acak, huruf, angka, dan simbol berbeda. Kemudian, gunakan aplikasi password manager terpercaya untuk menyimpannya.


Demikianlah beberapa cara menghindari pencurian data oleh aplikasi. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: theguardian.com