7 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-Hari

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah salah satu penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia? Ya, memang benar penggunaan barang yang berbahan plastik masih sangat sulit untuk dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Sampah plastik pun akhirnya sering kali menumpuk di rumah dari berbagai kemasan produk untuk memenuhi kebutuhan harian kita. Seperti yang kita ketahui, sampah plastik butuh ratusan tahun untuk bisa terurai secara alami. Meski sulit dihindari, kita masih punya kesempatan untuk memulai mengurangi sampah plastik dari sekarang dengan mengubah kebiasaan kecil dari kehidupan sehari-hari. Yuk, mulai perhatikan penggunaan plastikmu. Apa saja cara mengurangi sampah plastik yang bisa kamu lakukan dengan zero waste lifestyle? Cek selengkapnya di bawah ini:

Bawa Tas Belanja Sendiri

article image

Image source: bobobox.com

Bawa tas belanja sendiri menjadi salah satu cara mengurangi sampah plastik yang paling efektif. Biasanya swalayan masih menyediakan plastik sekali pakai untuk memasukkan semua belanjaan kamu. Nah, sekarang kamu bisa mengganti tas belanja dengan tote bag yang berbahan dasar kanvas ataupun kain, mudah dilipat dan juga kokoh.

Dengan belanja menggunakan tote bag kamu sudah membantu mengurangi limbah plastik sekali pakai dan mencegah kerusakan lingkungan. Selalu sediakan tas belanja di tas atau di kendaraan kamu, jadi sewaktu-waktu butuh kamu bisa menggunakannya untuk belanja apa pun baik di pasar, swalayan atau supermarket.

Bawa Botol dan Tempat Makan Sendiri

article image

Image source: shutterstock.com

Mulailah dari sekarang untuk membawa botol dan wadah makan sendiri. Hal ini juga sebagai cara mengurangi sampah plastik, dengan membawa botol minum sendiri ke mana pun kamu pergi, kamu sudah membantu mengurangi penggunaan botol plastik kemasan sekali pakai. Kini pun, sudah banyak kafe, coffee shop dan juga gerai minuman yang memberikan potongan harga jika kamu membawa botol minum sendiri. Selain berhemat kamu juga sudah membantu untuk menyelamatkan bumi dengan say no to plastic bottle!

Sama halnya dengan wadah atau tempat makan sendiri yang kamu bawa dari rumah. Kamu bisa membeli makanan apa pun dengan menggunakan wadah sendiri, pulang ke rumah kamu tidak lagi membawa sampah plastik. Kamu juga bisa menggunakan wadah untuk membeli daging yang dijual di supermarket lho!

Daur Ulang Sampah Plastik

article image

Image source: yukepo.com

Cara mengurangi sampah plastik lainnya adalah dengan cara daur ulang. Memang benar tidak semuanya bisa didaur ulang tapi beberapa barang dari plastik seperti botol minuman bisa kamu lakukan proses daur ulang. Misalnya dengan mengkreasikan botol plastik menjadi hiasan seperti pot, tanaman gantung, buat celengan, tempat pensil dan masih banyak lagi. Kamu bebas mengkreasikan apa pun sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Ganti Sikat Gigi ke Bambu

article image

Image source: zerowaste.id

Yuk beralih ke sikat gigi bambu! Ini adalah cara mengurangi sampah plastik dengan menggunakan sikat gigi yang lebih ramah lingkungan. Dengan mengganti sikat gigi plastik ke bambu, kamu sudah mengambil langkah kecil untuk menyelamatkan lingkungan dan mengurangi limbah plastik. Ini dikarenakan sikat gigi dengan bahan dasar kayu atau bambu juga lebih mudah terurai.

Ganti Sedotan Plastik

article image

Image source: klikdokter.com

Membiasakan diri untuk selalu membawa sedotan stainless steel atau sedotan dari bambu sebagai pengganti sedotan plastik. Ini juga menjadi langkah kecil untuk cara mengurangi sampah plastik. Berusahalah untuk selalu menolak menggunakan sedotan plastik yang disediakan oleh gerai minuman ataupun restoran. Dengan membawa sedotan sendiri kamu bisa memakainya berulang kali hanya tinggal di cuci saja.

Stainless Straw Set Premium

article image

Beli Sekarang

Biasakan Memasak Sendiri Di Rumah

article image

Image source: shutterstock.com

Siapa sangka dengan memasak sendiri di rumah, kamu juga berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik. Kini membeli makanan, minuman dan camilan semakin dimudahkan dengan adanya aplikasi ojek online yang siap mengantar pesananmu kapan saja. Tanpa kamu sadari, dengan sering membeli makanan di luar kamu justru menumpuk sampah plastik dari bungkus makanan dan sendok plastik yang disediakan oleh restoran tersebut. Dengan memasak di rumah, kamu sudah menghemat pengeluaran, hidup lebih sehat dan kamu secara tidak langsung berkontribusi untuk mengurangi konsumsi plastik.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

article image

Image source: stucel.com

Percaya atau tidak masih banyak orang yang tidak peduli dengan sampah plastik. Hindari membuang sampah atau bahkan meninggalkan sampah di pantai, ini justru akan membahayakan hewan-hewan yang hidup di laut. Sudah banyak kasus seperti penyu yang menyangka plastik adalah ubur-ubur sehingga mereka memakannya. Ini tentu mengancam kehidupan biota laut. Untuk itu, mulailah untuk membiasakan diri selalu membuang sampah pada tempatnya.

Products


Itulah beberapa cara mengurangi sampah plastik yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah dan kontribusi kecil kita sangat berarti untuk membawa dampak yang signifikan terhadap lingkungan. Yuk, terus berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik yang dimulai dari diri sendiri dan kita bisa menebarkan ke orang lain demi menyelamatkan bumi dan lingkungan yang lebih baik lagi di masa depan. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls