Cara Meningkatkan Daya Ingat Paling Efektif

Meningkatkan daya ingat adalah salah satu hal yang cukup sulit dilakukan baik oleh seseorang di usia lanjut dan bahkan kita yang masih muda. Seiring bertambahnya usia, fungsi otak mengalami penurunan karena proses penuaan dan juga kondisi kesehatan yang tidak begitu baik. Sulit mengingat sesuatu juga sangat dekat kaitannya dengan bertambahnya usia. Bisa saja di kemudian hari, bisa saja kamu mengingat seseorang namun sudah lupa namanya. Atau contoh yang sering terjadi, sering lupa ketika sudah menaruh benda.

Namun, secara umum penurunan fungsi otak sering terjadi pada orang-orang yang sudah berusia lanjut. Maka dari itu, tidak mengherankan jika sering ditemukan kasus kakek nenek jika dibiarkan pergi jauh sendiri akan susah mengingat jalan pulang. Jika sekarang ini kamu sudah sering susah mengingat sesuatu, ada baiknya simak ulasan di bawah ini agar dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Sebelum lanjut, ada baiknya kamu cek rekomendasi kupon menarik yang bakal bikin kamu makin irit!

Dan jangan lupa, di Gotomalls kamu juga bisa isi pulsa kapan dan dimana saja. Klik link di bawah ini untuk isi pulsa instant!

Teratur Berolahraga

article image

Source image : hellosehat

Meskipun yang digerakkan hanya bagian fisik, namun dengan berolahraga sebenarnya otak juga dapat meningkat kemampuannya. Logikanya, ketika berolahraga, otak akan bekerja secara maksimal. Sehingga akan memicu sel saraf yang nantinya akan memperkuat ikatan antar sel otak dan dapat menjaganya dari kerusakan. Sebuah penelitian sudah membuktikan dengan berolahraga rutin, tidak hanya meningkatkan aliran darah ke otak. Tetapi juga membantu penyelesaian pekerjaan menjadi dua kali lebih cepat jika dibanding dengan yang tidak berolahraga.

Selain itu, dengan berolahraga juga dapat membantu sel saraf dalam mengeluarkan protein faktor neurotropik. Protein tersebut yang memicu bermacam-macam zat kimia yang diperuntukan otak sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk juga kemampuan belajar. Semua jenis olahraga bisa kamu lakukan, tentunya disesuaikan dengan kesukaan dan juga kondisi.

Jadi, mulai sekarang rajin-rajinlah berolahraga ya. Kalau kamu pengen cari keperluan olahragamu seperti sepatu dan sebagainya, kamu bisa mampir ke toko-toko olahraga favorit berikut ini:

Brands

Konsumsi Asupan Makanan yang Sehat

article image

Source image : lifestyle.kompas

Tidak hanya tubuh, otak juga membutuhkan nutrisi yang baik agar dapat menjaga memori yang sangat berpengaruh pada daya ingat seseorang. Untuk menjaga asupan makanan dalam otak sebenarnya cukup dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan juga kurangi makanan yang mengandung banyak gula.

Beberapa jenis zat yang sangat mendukung perkembangan otak adalah Omega 3 dan MCT (Medium-Chain Triglycerides). Dimana Omega-3 didapatkan melalui ikan salmon, minyak ikan, bayam dan makanan laut lainnya. Sedangkan MCT merupakan zat yang terdapat dalam minyak kelapa dengan kadar yang sangat tinggi.

Untuk keperluan belanja makanmu, jangna lupa cek selalu gotomalls.com untuk dapeting info teruptodate tentang promo dari berbagai brand di mall-mall yang ada di Indonesia.

Mempelajari Hal Baru

article image

Source image : okezone

Salah satu tips untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan mempelajari hal-hal baru. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan kemampuan kognitif, seperti merajut atau menjahit. Cara tersebut terbukti dapat menjaga daya ingat bagi para lansia yang sudah dibuktikan dengan penelitian yang sudah dilakukan. Cukup dengan mencari aktivitas yang disukai yang dapat membantu menstimulasi otak. Bisa dengan membaca buku, belajar instrumen musik, melengkapi puzzle, ataupun membuat suatu kerajinan tangan.

Segera Hindari Multitasking

article image

Source image : magazine.job-like

Meski sangat diperlukan dalam beberapa pekerjaan sehari-hari, apalagi untuk ibu rumah tangga yang memang sibuk, nyatanya multitasking mempunyai dampak yang negatif bagi daya ingat manusia. Hasil dari penelitian menunjukkan setiap manusia membutuhkan waktu sekitar 8 menit untuk menyimpan suatu memori ke dalam otaknya. Contohnya ketika seseorang sedang menelepon dibarengi dengan mengangkut barang belanjaan dan kemudian meletakkan kunci.

Kemungkinan terbesar adalah ia tidak akan fokus dan beberapa menit kemudian tidak akan bisa mengingat salah satunya. Jika dibandingkan dengan orang yang memang fokus menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu akan mempunyai ingatan yang jauh lebih baik. Sehingga, sangat disarankan untuk menyelesaikan satu pekerjaan baru mengerjakan yang lain.

Berlatih dengan Konsep Mnemonik untuk Meningkatkan Daya Ingat

article image

Source image : adventistmission

Dikenal dengan jembatan keledai, agar lebih mudah mengingat dengan membuat jembatan keledai. Jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dengan cara:

  • Mulai membuat akronim atau singkatan sehingga memudah menghafal
  • Visualisasikan suatu benda agar mudah mengingat beberapa hal yang harus dilakukan
  • Mulai membiasakan memotong informasi agar lebih mudah diingat dan tidak terlewat
  • Tidur cukup

Berdasarkan hasil yang sudah dilakukan di Harvard University membuktikan manusia akan mempunyai daya ingat yang kuat jika mempunyai waktu tidur yang cukup di malam hari. Dengan tidur yang cukup sudah membantu meningkatkan kemampuan untuk menghadapi hal-hal yang lebih menantang kedepannya.

Tidur cukup tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, bagi perkembangan otak balita pun demikian. Sehingga balita harus dibiasakan untuk tidur siang agar mempunyai kemampuan kognitif yang lebih baik ketika sudah dewasa nanti.

Seringlah Melakukan Permainan Otak

article image

Source image : jtvmadiun

Tips lain dalam membantu meningkatkan daya ingat dengan sering-sering melakukan permainan otak. Hal ini agar otak sedikit digunakan untuk berfikir sehingga sel-sel didalam otak tetap terhubung. Jika dibandingkan seseorang yang jarang atau bahkan hampir tidak pernah mengasah kemampuan otaknya, dampaknya adalah sel-sel dalam otak akan mulai terdegenerasi sehingga mudah lupa. Dapat dilakukan dengan bermain catur yang sangat membutuhkan fokus untuk memikirkan beberapa langkah ke depan selama permainan.

Apalagi saat ini sudah banyak penyedia website yang menyediakan permainan otak secara gratis yang bisa sangat dimanfaatkan. Itulah ke enam tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat mu yang sudah mulai sering lupa dan juga tidak fokus. Semuanya bisa dicoba dalam rangka menjaga ingatan agar lebih baik.


Oh ya, jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Disini kamu bisa temukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca!
Ada info event juga loh!

Malls


Brands


Articles