Cara Menjaga Kesehatan Mata

Kualitas penglihatan kita bisa sangat mempengaruhi kenyamanan dalam bekerja, apalagi kalau sering berhadapan dengan layar laptop. Kesehatan mata perlu dijaga dengan baik agar tidak mengganggu produktivitas dalam pekerjaan.

Oleh karenanya, agar bisa mendapatkan kualitas penglihatan yang lebih baik, kamu bisa coba 7 cara menjaga kesehatan mata berikut ini:

1. Mengubah Kebiasaan Makan

article image

Image source: eatthis.com

Zat gizi yang kita dapatkan dari makanan tidak cuma mempengaruhi kebugaran tubuh saja. Beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, E, C, omega-3, selenium, lutein, dan zinc bisa membantu menangkal gangguan mata terkait usia, seperti katarak atau degenerasi makula.

Berbagai nutrisi tersebut bisa kita dapatkan melalui sayuran hijau, buah jeruk, wortel, telur, salmon, tuna, dan juga kacang-kacangan.

2. Hindari Rokok

article image

Image source: Walden.edu

Selama ini rokok selalu identik dengan masalah-masalah kesehatan seperti serangan jantung, kanker, stroke, impotensi, hipertensi, dan kerusakan saraf.

Ternyata, rokok juga berpotensi meningkatkan resiko katarak, degenerasi makula, hingga merusak saraf optik yang dapat mengakibatkan kebutaan dan merusak bagian retina mata.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya hindari kebiasaan merokok dan perbanyak minum air putih.

3. Lebih Rajin Olahraga

article image

Image source: Fitness Inspiracje

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya adalah dengan rajin berolahraga. Studi mengemukakan jika olahraga mampu meminimalisir resiko kehilangan fungsi penglihatan yang diakibatkan hipertensi, diabetes, atau kadar kolesterol tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut agar tidak berdampak pada kesehatan mata, kita disarankan untuk lebih rajin dalam berolahraga.

4. Segera Hapus Makeup Setelah Beraktivitas

article image

Image source: the Beauty Bridge Connoisseur

Penggunaan maskara, blush, dan berbagai riasan yang diterapkan di bagian kelopak mata sebaiknya segera dihapus setelah beraktivitas. Makeup berbentuk cair atau krim bisa membuat bakteri lebih mudah berkembang biak.

Selain itu, buanglah dan ganti makeup dengan produk baru jika sudah tidak digunakan selama 3 bulan. Kemudian, hindari menggunakan makeup yang sama secara bergantian dengan orang lain.

Cuci wajah dan bersihkan dengan cleanser atau toner agar sisa-sisa makeup benar-benar terangkat dari wajah. Jika merasakan seperti ada butiran pasir yang menyelinap di balik kelopak mata, gunakan obat tetes mata agar tidak semakin gatal dan iritasi.

5. Istirahatkan Mata dari Layar Elektronik

article image

Image source: eonline.com

Menatap layar laptop atau hp terlalu lama bisa membuat mata lelah. Dalam jangka panjang, bisa menimbulkan gejala-gejala lain seperti sakit kepala, sakit leher, bahu dan punggung nyeri, mata menjadi kering, penglihatan terganggu ketika melihat objek dari jauh, serta menyebabkan pandangan kabur.

Jika kamu terbiasa bekerja di depan layar komputer setiap hari, sisihkan waktu selama 20 menit untuk mengistirahatkan mata dari layar elektronik. Cobalah alihkan pandangan mata ke objek-objek yang jauh selama 20 detik penuh agar ketegangan berkurang.

6. Gunakan Kacamata Anti Radiasi Bluray

article image

Image source: Columbuslaser.com

Selain mengistirahatkan mata, kita juga disarankan untuk menggunakan kacamata khusus untuk menjaga kesehatan mata. Gunakan kacamata anti radiasi bluray ketika bekerja di depan layar laptop.

kacamata ini mampu membuyarkan radiasi sinar bluray agar tidak menembus ke bagian dalam mata. Radiasi bluray atau sinar biru dipercaya bisa menimbulkan beberapa masalah serius pada fungsi mata, seperti computer syndrome vision (CSV).

Seseorang yang mengalami CSV biasanya mendapati gejala-gejala berupa sakit kepala, rasa terbakar pada mata, penglihatan kabur, mata merah, dan sebagainya.

7. Rajin Membersihkan dan Merawat Lensa Kontak Mata

article image

Image source: Valley Eyecare Center

Bagi pemilik mata minus, plus, ataupun silinder terkadang lebih memilih lensa kontak ketimbang kacamata untuk membantu aktivitas sehari-hari. Selain lebih praktis, penggunaan lensa kontak juga lebih fleksibel.

Tidak ada salahnya dengan memilih lensa kontak, asalkan kebersihannya selalu dijaga. Ingat, selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum tangan menyentuh lensa kontak.

Pengguna lensa kontak juga perlu menggunakan tetes mata khusus agar mata tidak kering. Selain itu, perhatikan juga masa kadaluarsanya dan jangan digunakan saat tidur atau berenang supaya tidak menimbulkan iritasi.

Nah, demikianlah 7 cara menjaga kesehatan mata agar penglihatan jadi lebih baik. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan mata kepada dokter secara berkala.


Simak juga info dan tips bermanfaat lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: nytimes.com