Cara-Cara Menjaga Kualitas Udara di Dalam Rumah Agar Tetap Bersih dan Sehat

Udara yang segar dapat membantu menjaga kondisi tubuh, terutama sistem pernapasan. Udara yang sudah terpapar polusi tentu akan memberi pengaruh kurang baik terhadap kondisi tubuh. Tidak hanya kualitas udara di luar rumah yang bisa memburuk karena polusi, udara di dalam rumah pun sangat mungkin menjadi tidak sehat.

Kualitas udara di dalam rumah yang kurang baik akan memperburuk masalah kesehatan kamu, seperti asma atau alergi. Maka dari itu menjaga polutan agar tidak masuk ke dalam rumah menjadi hal yang penting. Faktanya, menjaga kualitas udara di dalam rumah tidak hanya cukup dengan menyapu debu di lantai.

Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah? Yuk simak beberapa tips berikut ini agar udara di dalam rumah tetap bersih dan sehat.

Sering Membuka Jendela

article image

Image source: ayobandung.com

Untuk memiliki rumah yang sehat dan sirkulasi udara yang baik, kamu perlu bukaan berupa jendela atau ventilasi yang cukup. Dengan bukaan yang cukup dan dibuka secara rutin tidak akan membuat alergen yang ada di dalam rumah menjadi menumpuk sehingga kualitas udara pun menjadi lebih baik. Sebaliknya menutup jendela sepanjang hari akan membuat alergen menumpuk.

Walaupun kamu tinggal di kota yang tercemar polusi, kamu harus tetap membuka jendela secara teratur. Apabila tidak memungkinkan untuk membuka jendela sepanjang waktu, minimal kamu membutuhkan ventilasi untuk menjaga sirkulasi udara. Kamu bisa membuka jendela saat malam hari atau di luar jam sibuk ketika lalu lintas lengang.

Meletakkan Tanaman Dalam Ruangan

article image

Image source: cosmopolitan.co.id

Tanaman di dalam ruangan mungkin tidak terlalu banyak berkontribusi, tetapi keberadaannya sedikit membantu. Penelitian yang dilakukan oleh NASA pada 1980-an menemukan bahwa tanaman dapat menghilangkan polutan beracun dari udara. Penelitian tersebut dilakukan di ruangan tertutup yang mirip dengan kondisi di ruang angkasa.

Meletakkan tanaman di dalam rumah juga dapat menghilangkan amonia, benzena dan formaldehida dari udara di dalam rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman secukupnya sebagai bagian dari interior yang dapat mempercantik ruangan.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis rak untuk meletakkan tanaman dalam rumah, seperti di bawah ini:

Rak Buku Susun 4 Tingkat French Series - LIVIEN Furniture

article image

Beli Sekarang

Menekan Polutan Dalam Rumah

article image

Image source: bp-guide.id

Salah satu cara menekan polutan di dalam rumah adalah menghindari merokok di dalam rumah. Asap rokok tentu akan mempengaruhi kualitas udara di dalam rumah.
Selain itu, kamu bisa memasang exhaust fan atau kipas ventilator di dapur untuk menjaga kualitas udara. Pastikan kipas ventilator menyala ketika kamu memasak agar udara di dalam rumah tidak tercampur dengan asap yang ditimbulkan saat memasak.

Pertimbangkan pula untuk memilih produk yang aman untuk membersihkan udara di dalam rumah. Pilih wadah yang tertutup rapat, terutama untuk bahan pembersih yang mengandung zat kimia. Jika memungkinkan, akan lebih baik kalau kamu menyimpan bahan pembersih dengan zat kimia di luar rumah.

Membersihkan Filter Pendingin Ruangan Secara Rutin

article image

Image source: acwahana.com

Hal yang satu ini tidak kalah penting justru terkadang kita hanya ingat memakai pendingin ruangan atau AC, tetapi tidak membersihkannya secara rutin. Filter pendingin ruangan perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah sejumlah masalah yang akan mempengaruhi kesehatan dan fungsi pendingin ruangan.

Debu yang menumpuk di filter pendingin ruangan akan merusak kualitas udara di dalam rumah dan meningkatkan risiko udara buruk di dalam rumah. Hal itu disebabkan debu yang terperangkap dalam filter akan masuk lagi ke dalam ruangan.

Selain membuat udara tidak sehat, pendingin ruangan yang kotor juga akan menambah penggunaan energi. Jadi daripada nggak sehat dan boros energi, alangkah baiknya kalau kamu rutin membersihkan pendingin ruangan.

Penggunaan Diffuser dan Minyak Esensial

article image

Image source: hellosehat.com

Diffuser adalah alat yang berfungsi untuk menyemprotkan cairan atau minyak esensial yang lebih aman dibanding penggunaan lilin aroma terapi. Diffuser dapat memberikan kesegaran natural di dalam ruangan, membersihkan udara serta mengurangi bakteri dan jamur.

Kamu pun bisa memilih varian minyak esensial aromaterapi yang diinginkan. Misalnya saja minyak atsiri yang memiliki senyawa organik dan sifat antimikroba yang ketika bersentuhan langsung dengan patogen di udara akan mempersulit bakteri menyerang tubuh. Akibatnya tubuh tidak rentan terkena penyakit seperti flu, batuk dan pilek.

Penggunaan diffuser dengan minyak atsiri juga bermanfaat untuk kamu yang memiliki alergi pernapasan. Hal tersebut dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan pada saluran pernapasan. Kamu pun mengatasi alergi pernapasan karena kualitas udara yang baik di dalam rumah.

Pemilihan Material Perabotan yang Tepat

article image

Image source: kumparan.com

Ternyata pemilihan perabotan atau perlengkapan rumah dapat mempengaruhi kualitas udara lho! Tungau dan debu bisa menetap di perabotan yang memiliki permukaan lembut seperti karpet dan kasur. Karpet berbulu membuat debu dan kotoran jadi mudah menempel, apalagi kalau kamu memiliki hewan peliharaan.

Membersihkan karpet secara rutin mungkin bisa menjadi solusi. Namun apabila kamu berada di lingkungan yang rawan polusi seperti debu dan memiliki hewan peliharaan, sebaiknya hindari pemakaian karpet berbulu. Walaupun dibersihkan, karpet berbulu tetap berpotensi menimbulkan debu dan udara kotor dapat membuat kamu alergi bahkan asma.

Hindari Menjemur Pakaian di Dalam Rumah

article image

Image source: brilio.net

Walaupun kepepet, sebaiknya hindari menjemur pakaian di dalam rumah. Tindakan tersebut dapat membuat ruangan menjadi pengap, terutama bila pakaian yang dijemur masih basah. Bila harus terpaksa menjemur pakaian di dalam rumah, jemurlah dengan keadaan jendela atau pintu terbuka untuk mengurangi senyawa organik di dalam rumah akibat bahan kimia pencuci pakaian.

Products


Itulah beberapa cara menjaga kualitas udara di dalam rumah agar tetap bersih dan sehat. Kualitas udara di dalam rumah yang baik tentu akan membuat kondisi tubuh juga menjadi lebih baik. Jangan lupa cek terus Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: rumah.com