Cara Merawat Bunga Mawar Agar Selalu Tumbuh Subur dan Sehat

Mawar adalah salah satu jenis tanaman bunga yang paling populer di dunia. Bunga mawar memiliki variasi warna yang sangat cantik dengan aroma yang khas, maka tak heran kalau tanaman ini sampai dijadikan simbol cinta. Terlebih, cara merawat bunga mawar pun cenderung mudah dan bisa dilakukan siapa saja!

Walaupun begitu, kita tetap harus memperhatikan beberapa hal penting untuk merawat bunga mawar agar selalu tumbuh subur dan sehat. Berikut tipsnya!

Cara Merawat Bunga Mawar

Bunga mawar bisa tumbuh subur di berbagai iklim. Tanaman ini juga memiliki manfaat luas, tidak hanya terbatas sebagai hiasan saja. Mawar dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, parfum, sampai bahan konsumsi seperti teh atau selai.

Di bawah ini adalah beberapa faktor utama yang akan sangat mempengaruhi kualitas tanaman mawar ketika berbunga, pastikan penerapannya dilakukan dengan tepat:

Intensitas Cahaya

article image

Image source: huntington.org

Tumbuhan jenis apa pun, termasuk tanaman mawar harus mendapatkan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh subur. Sinar matahari berperan penting dalam proses fotosintesis dan florasi.

Kalau Anda menyimpan tanaman mawar di dalam ruangan, Anda perlu meletakannya di tempat terbuka dengan intensitas cahaya sedang secara rutin, terutama pada pagi hari mulai pukul 6 sampai 10.

Pada jam-jam tersebut, tanaman akan melakukan proses fotosintesis secara aktif, sehingga tanaman mawar Anda bisa tumbuh lebih cepat. Tapi ingat, jika matahari sudah mulai terik, segera simpan tanaman mawar di tempat teduh. Intensitas cahaya matahari yang terlalu berlebihan bisa berdampak buruk pada tanaman hias.

Pengendalian Gulma

article image

Image source: brecks.com

Salah satu masalah klasik dalam urusan budidaya tanaman adalah kehadiran gulma pengganggu. Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman harus selalu dibersihkan secara rutin, karena gulma bisa membuat tanaman yang Anda rawat tidak bisa menyerap nutrisi dengan maksimal.

Setiap kali Anda menjemur tanaman mawar pada pagi hari, selalu periksa area di sekitar media tanam. Jika terdapat gulma yang tumbuh, segera bersihkan dengan cara dicabut. Pengendalian gulma harus selalu dilakukan sebelum memberikan pupuk dan nutrisi pada tanaman mawar.

Pengendalian gulma bertujuan agar tanaman mawar tidak berebut nutrisi dengan rumput liar yang tumbuh, sehingga tanaman mawar bisa cepat berbunga.

Pemupukan

article image

Image source: bonnieplants.com

Cara merawat bunga mawar selanjutnya adalah melakukan pemupukan. Unsur hara yang terkandung dalam tanah terkadang belum cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman mawar. Sehingga kita perlu memberikan nutrisi tambahan melalui pemupukan.

Pemupukan tanaman mawar baiknya dilakukan setiap 2 minggu sekali. Pupuk yang digunakan bisa pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk ZPT, atau pupuk NPK. Jika Anda menggunakan pupuk NPK mutiara, cukup berikan 2 butir pada setiap tanaman.

Pupuk NPK sangat kaya akan unsur hara, mulai dari fosfor, nitrogen hingga kalium. Unsur hara yang lengkap bisa mendorong proses berbunga lebih cepat. Jika unsur hara terpenuhi, tingkat kekebalan tanaman terhadap hama juga dapat meningkat.

Penyiraman

article image

Image source: lolaflora.com

Penyiraman adalah proses yang mutlak wajib dilakukan jika Anda ingin merawat tanaman dengan baik, terutama tanaman mawar. Bunga mawar yang kekurangan air cenderung lebih cepat layu dan mati.

Proses penyiraman ini bisa dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Terkecuali ketika musim hujan, Anda hanya perlu melakukan penyiraman sesuai kebutuhan, tidak mesti dua kali sehari. Dan pastikan air yang digunakan adalah air bersih.

Tips untuk Anda yang ingin bunga mawar tumbuh lebih subur, gunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman mawar. Air cucian beras bisa meningkatkan kesuburan tanah.

Pemangkasan

article image

Image source: greenmylife.in

Cara merawat bunga mawar yang baik harus tak lepas dari proses pemangkasan tanaman. Perawatan yang satu ini sama pentingnya dengan proses penyiraman dan pemupukan.

Jika tanaman yang Anda rawat memiliki terlalu banyak cabang dan daun, pertumbuhan bunga akan lebih lama dan kurang maksimal. Mengapa? Karena hasil fotosintesis dan penyerapan nutrisi akan terbagi untuk pertumbuhan dahan, ranting, dan daun tanaman, sehingga pertumbuhan bunga menjadi terhambat.

Oleh karena itu, pemangkasan harus selalu dilakukan. Minimal 2 minggu sekali, bersamaan dengan pemupukan. Pangkas dahan-dahan atau ranting yang sudah membusuk. Bersihkan juga dedaunan yang sudah kering. Semakin sedikit cabang pada tanaman mawar, pembentukan bunga akan semakin cepat.

Pengendalian Penyakit dan Hama

article image

Image source: southpacificroses.co.nz

Cara merawat bunga mawar yang terakhir adalah pengendalian penyakit dan hama. Mawar termasuk tanaman yang rentan terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga kita harus cukup jeli ketika merawat tanaman.
Jika dedaunan mawar mulai sering berlubang atau cepat layu walaupun sudah disiram secara rutin, itu merupakan pertanda jika tanaman Anda sudah mulai diserang penyakit dan hama.

Gunakan insektisida, fungisida, atau pestisida (sesuai jenis penyakit dan hama) jika tanaman mawar menunjukkan tanda-tanda seperti itu. Semprotkan secukupnya hingga tanda-tanda penyakit dan hama hilang sepenuhnya.


Demikianlah cara merawat bunga mawar agar selalu tumbuh subur dan sehat. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi dan tips menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: freepik.com