Cara Merawat Gigi

Kerusakan gigi bisa terjadi sejak dini. Entah karena makanan atau pun rutinitas perawatan gigi yang salah. Untuk itu kita perlu merawat gigi sejak dini dan dimulai dari kebiasaan di rumah. Berikut cara mudah untuk mewarat gigi supaya tetap sehat dan tampil percaya diri. Yuk simak!

1. Kerusakan Gigi

article image

Image source: hallodoc.com

Kerusakan gigi biasanya terjadi karena lapisan luar gigi yang disebut email mulai mengelupas. Setiap hari, lapisan tipis bakteri yang disebut plak gigi menumpuk di gigi. Bakteri dalam plak menghasilkan asam yang dapat merusak email dan menyebabkan gigi berlubang.

Menyikat dan membersihkan gigi dengan benang gigi dapat mencegah pembusukan, tetapi begitu rongga terbentuk salah satu cara menghindari kerusakan lebih lanjut adalah dengan pergi ke dokter gigi. Rongga itu harus dibersihkan dan kemudian ditambal.

2. Penyakit Gusi

article image

Image source: gelarsramadhani.com

Seperti halnya gigi, gusi juga perlu dirawat. Gusi akan mulai bermasalah ketika plak menumpuk di sepanjang garis gusi. Plak dapat menyebabkan infeksi yang melukai gusi dan tulang yang menahan gigi pada tempatnya.

Penyakit gusi ringan dapat membuat gusi merah, lunak, dan sering berdarah. Masalah ini disebut gingivitis, seringkali dapat diperbaiki dengan menyikat gigi dan flossing setiap hari.

Yang lebih parah gusi bisa sampai sakit dan bernanah disebut juga periodontitis. Penyakit ini harus ditangani oleh dokter gigi dan bila tidak segera diobati dapat menimbulkan masalah gusi yang serius hingga bisa menanggalkan gigi.

3. Sikat Gigi dengan Lembut

article image

Image source: theeconomictimes.com

Agar gigi tak mudah berongga dan email tetap terjaga pastikan untuk menyikat gigi dengan sikat berbulu lembut setidaknya dua kali sehari selama minimal dua menit. Kamu bisa melakukan kebiasaan ini segera setelah bangun di pagi hari dan sebelum tidur.

Sikat perlahan bagian depan dan belakang gigi. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan dengan gerakan memutar.

4. Ganti Sikat Gigi dengan Teratur

article image

Image source: smileavenue.co.uk

Cara merawat gigi berikutnya adalah dengan rajin mengganti sikat gigi setiap 2-3 bulan sekali atau jika bulu sikat sudah mulai usang. Mengapa? Sebab sikat gigi yang sudah mulai usang tidak bisa lagi membersihkan gigi dengan efektif dan menjadi sarang dari bakteri yang meningkatkan resiko timbulnya masalah gigi.

5. Flossing

article image

Image source: cobradental.co.uk

Cara merawat gigi berikutnya adalah dengan flossing. Flossing dapat menghilangkan partikel makanan dan plak yang menumpuk di antara sela gigi.

Kamu bisa melakukan flossing setidaknya setiap malam sebelum tidur. Tetapi jika kamu termasuk yang rentan terhadap penyakit gusi atau pembentukan karang gigi, kami menyarankan untuk floss dua kali sehari.

6. Berkumur

article image

Image source: liputan6.com

Obat kumur dapat digunakan untuk membilas gigi, gusi, dan mulut. Biasanya dalam obat kumur mengandung antiseptik yang ampuh membunuh bakteri berbahaya yang dapat hidup di antara gigi dan lidah.

Berkumur dengan obat kumur dua kali sehari akan membantu mengurangi plak, menyegarkan napas dan membantu mengurangi gigi berlubang. Selain itu, dapat membantu menjaga gusi aman dari peradangan.

7. Cukup Minum Air

article image

Image source: ecobud.com.au

Banyak mengonsumsi air juga bagus untuk kesehatan gigi dan gusi. Umumnya orang dewasa minum air 1,5 liter air per hari. Kandungan air akan menjadi komponen utama air liur sebagai tameng bakteri.

Minum air yang cukup juga membantu menetralkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi dan membersihkan sisa makanan dan bakteri. Selanjutnya, air menjaga jaringan lunak mulut tetap lembab dan sehat dan membantu melawan bau mulut.


Demikianlah 7 cara dalam merawat gigi. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: onlumyhelath.com