Cara Merawat Kucing Anggora yang Benar Agar Makin Menawan

Kucing anggora merupakan jenis kucing yang unik, baik dilihat secara fisik maupun tingkah lakunya dengan bulu yang sangat halus. Tidak seperti kucing biasa, kucing anggora memerlukan perawatan yang berbeda dan perhatian khusus untuk bulunya.

Perawatan kucing anggora harus dilakukan secara teratur agar kebersihan dan kesehatan bulunya tetap terjaga. Apabila kamu berencana untuk memelihara kucing anggora, ada baiknya kamu mengetahui cara merawat kucing anggora terlebih dahulu. Maka dari itu, mari simak tips cara merawat kucing anggora berikut ini.

Menyediakan Kandang yang Tepat

article image

Image source: kucing.co.id

Cara merawat kucing anggora tidak memerlukan kandang yang mewah, kamu hanya perlu menyediakan kandang yang luas untuknya. Kucing anggora sangat suka bermain, maka dari itu kamu harus menyiapkan kandang yang luas supaya kucing leluasa bergerak aktif. Bila perlu, kamu bisa membuatkan ruang agar dia bisa memanjat dan melompat.

Selain menyiapkan kandang yang luas, kamu juga harus menyediakan pasir zeolit. Pasir tersebut berfungsi sebagai alas dan tempat buang air. Jadi kamu harus rajin mengganti pasirnya selama tiga hari sekali. Pembersihan kandangnya sendiri perlu kamu lakukan seminggu sekali.

Memperhatikan Jenis Makanan Kucing Anggora

article image

Image source: cleanpedia.com

Kucing anggora sering mengalami masalah obesitas. Jadi cara merawat kucing anggora yang tidak kalah penting adalah memperhatikan jenis makanan serta menjaga pola makannya. Kamu disarankan untuk memberinya makanan tinggi protein dengan kandungan tak kurang dari 40% dalam setiap makanan.

Asupan ideal kucing anggora per harinya tergantung dari jenis kelaminnya. Kucing anggora betina memerlukan asupan 300kcal per hari, sedangkan kucing anggora jantan memerlukan asupan 400kcal per hari. Kamu bisa memberinya makan dua kali sehari, pagi dan sore.

Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terkait makanan apa yang cocok untuk kucing anggora. Perhatikan pula bobot kucing di mana bobot ideal anggora jantan sekitar 5,5 kilogram sedangkan bobot ideal anggora betina sekitar 3-5 kilogram.

Menyediakan Mainan untuk Kucing Anggora

article image

Image source: kumparan.com

Dalam cara merawat kucing anggora kamu tidak hanya harus memenuhi kebutuhan fisiknya, tetapi juga kebutuhan mentalnya. Nah, untuk memenuhi kebutuhan mental kucing anggora, kamu sebaiknya menyediakan mainan untuknya.

Kamu bisa menyediakan bola karet, tikus palsu atau tempat memanjat yang bisa kamu tambahkan di dalam kandangnya. Kamu bisa mengajaknya bermain untuk menyalurkan karakternya yang aktif.

Memandikan Kucing Anggora Secara Rutin

article image

Image source: kucingpedia.com

Cara merawat kucing anggora berikutnya adalah memandikannya secara rutin. Idealnya kucing anggora dimandikan setiap dua bulan sekali karena bulunya sangat rapuh. Jika mandi terlalu sering, bulu kucing anggora akan rontok lebih banyak.

Sampo anti lepek dan conditioner direkomendasikan untuk memandikan kucing anggora. Jika kucing anggora kamu berbulu putih, kamu bisa gunakan sampo pemutih khusus hewan. Jangan lupa setelah dimandikan, keringkan bulu kucing anggora dengan hair dryer.

Rajin Menyisir Bulu Kucing Anggora

article image

Image source: popmama.com

Selain memandikan secara rutin, cara merawat kucing
anggora yang tidak kalah penting adalah rajin menyisir atau menyikat bulunya. Kamu disarankan untuk menyisir atau menyikat bulu kucing anggora minimal dua hari sekali dengan sisir metal bergigi panjang.

Jangan menyisir bulu pada bagian dada dan perut terlalu keras karena bulu pada bagian tersebut sangat lembut dan mudah patah. Jika kamu rajin menyisir, bulu kucing anggora pun terlihat semakin menawan. Selain untuk penampilan kucing itu sendiri, menyisir bulu secara rutin juga bertujuan agar kucing tidak menelan hair ball yang menyebabkan masalah pencernaan.

Membersihkan Telinga Kucing Anggora

article image

Image source: hewanpeliharaan.org

Kucing anggora rawan mengalami masalah kesehatan pada telinga. Jadi kamu harus rajin membersihkan telinga kucing anggora sebanyak dua minggu sekali. Gunakanlah bola kapas basah agar tidak merusak kanal telinga kucing.

Telinga kucing anggora yang bersih akan berwarna pink dan tidak berbau busuk. Jika warna telinga kucing anggora masih keruh, itu artinya masih ada kotoran di dalam yang tertinggal.

Memotong Kuku Kucing Anggora

article image

Image source: kucingpedia.com

Langkah berikutnya dalam merawat kucing anggora adalah
memotong kukunya secara rutin. Kucing anggora suka memanjat, bila kukunya panjang akan merusak perabotan rumah. Maka dari itu kamu perlu memotong kukunya setiap dua minggu atau sebulan sekali.

Kamu cukup memotong bagian luar kukunya saja, tidak perlu sampai memotong bagian yang berwarna pink. Berhati-hatilah ketika memotong kukunya dan jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba agar kamu tidak sampai melukai bagian berwarna pink pada kukunya.

Kamu bisa memangku kucing anggoramu dan membuatnya senyaman mungkin. Namun jika kamu masih ragu memotong kuku kucing anggoramu sendiri, kamu bisa ke dokter hewan atau salon hewan.

Menyikat Gigi Kucing Anggora

article image

Image source: gerava.com

Selain bulu, telinga dan kukunya, kamu juga harus memberi perhatian fokus pada kebersihan gigi kucing anggora. Hal ini dilakukan agar kucing anggora kamu dapat terhindar dari penyakit gusi dan penyakit gigi lainnya.

Cara menyikat gigi kucing anggora bisa kamu lakukan dengan mengoleskan pasta gigi kucing ke jari lalu biarkan kucing menjilatnya. Jika kucing anggora sudah terbiasa dengan pasta gigi tersebut, kamu bisa menyikat giginya dengan sikat gigi halus secara perlahan.

Berkunjung ke Dokter secara Rutin

article image

Image source: hewany.com

Nah, cara merawat kucing anggora yang tidak kalah penting adalah memeriksakan ke dokter secara teratur. Kamu disarankan untuk melakukan pemeriksaan medis untuk memperpanjang umur kucing anggora. Dokter pun akan memberi vaksin dan memonitor kondisi kucing anggora kamu.

Pada umumnya, kucing anggora bisa hidup sekitar 10 hingga 18 tahun. Dengan perawatan yang tepat, kucing anggora kamu pun bisa berumur panjang. Maka dari itu lakukanlah perawatan yang baik untuknya.


Itulah beberapa tips cara merawat kucing anggora yang tepat agar penampilannya terlihat semakin menawan. Gunakan produk khusus kucing untuk perawatan kucing anggora kamu dan jangan malas untuk menjaga kebersihannya ya! Jangan lupa ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: cats.lovetoknow.com