Cara Merawat Penis yang Sehat

Bukan cuma perempuan yang wajib menjaga kebersihan area intimnya. Bagi laki-laki, alat vital juga bisa mengalami gangguan kesehatan akibat serangan mikroba, maka penting untuk merawat alat vital dengan baik agar tetap sehat.

Utamanya pada masa remaja. Tidak sedikit laki-laki di usia remaja yang mengalami gangguan pada area vital karena kurang sadar pentingnya merawat kebersihan, mulai dari sensasi gatal, bau tidak sedap, muncul bercak, iritasi, hingga infeksi di area selangkangan.

Selain itu, masalah fungsi juga bisa dialami seiring berjalannya waktu. Oleh sebabnya, penting untuk semua laki-laki merawat kesehatan penis dengan cara yang tepat. Simak beberapa tips di bawah ini:

1. Rutin membersihkan penis

article image

Image source: Houston Methodist

Menjaga kebersihan adalah poin penting untuk kesehatan penis, karena area tersebut merupakan tempat ideal untuk pertumbuhan bakteri. Setidaknya penis harus dibersihkan setiap kali mandi rutin.

Pertama-tama, siram penis dan area selangkangan dengan air. Gunakan sabun (disarankan sabun ringan/rendah kandungan pewangi) dan ratakan di seluruh bagiannya, termasuk area testis dan rambut kemaluan. Selanjutnya, gosok perlahan untuk menghilangkan kotoran yang menempel, bilas bersih, dan keringkan dengan tisu atau handuk.

Hindari menggunakan terlalu banyak sabun karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit penis. Selain itu, jangan gunakan bedak atau deodoran pada penis.

2. Sunat

article image

Image source: The Asianparent

Peneliatan mengungkapkan adanya perbedaan kualitas kebersihan antara penis yang sudah disunat dengan yang tidak disunat. Maka jangan heran jika banyak ahli kesehatan yang menyarankan laki-laki agar disunat.

Sebetulnya, lipatan kulit pada area kepala penis merupakan tempat yang ideal dan nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak, apalagi kalau jarang dibersihkan dengan baik.

3. Ereksi setiap hari

article image

Image source: Kompas Lifestyle

Pria dewasa disarankan untuk melakukan ereksi secara rutin untuk menjaga fungsi dan kesehatan penis. Hal ini karena otot halus pada penis akan mendapat pasokan oksigen melimpah dari aliran darah yang mengalir pada penis. Selai nitu, ereksi rutin juga dipercaya mampu menjaga bentuk penis supaya tetap normal.

4. Gunakan celana dalam yang tepat

article image

Image source: threadcurve.com

Untuk menjaga kesehatan penis, sebaiknya pilih celana dalam berbahan katun dan sesuai ukuran untuk digunakan sehari-hari. Hindari memakai celana dalam ketat karena dapat menghalangi ruang bernapas untuk kulit.

Celana dalam yang terlalu ketat hanya akan meningkatkan suhu di sekitar testis. Peningkatan suhu pada testis dapat mempengaruhi produksi sperma.

Saat berolahraga, pakai jenis celana dalam yang didesain khusus untuk berolahraga, dengan bahan yang tetap nyaman dan bisa menjaga kadar kelembapan.

5. Mencukur rambut kemaluan

article image

Image source: Medical News Today

Jika rambut kemaluan sudah terlalu panjang dan mulai mengganggu kenyamanan, sebaiknya segera cukur. Perlu diketahui bahwa rambut-rambut kemaluan juga termasuk tempat yang ideal untuk pertumbuhan mikroorganisme jahat karena sering lembap dan memiliki konsentrasi keringat tinggi.

Gunakan gunting kecil dan lakukan secara perlahan dan hati-hati. Jangan sampai melukai kulit penis atau kantung zakar. Setelah dirasa cukup pendek, cuci dengan sabun dan air bersih.

6. Olahraga dan makan makanan bergizi

article image

Image source: teahub.io

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga dan pola makan adalah pilar penting untuk kesehatan tubuh. Tidak terkecuali kesehatan penis. Menurut sebuah tinjauan ilmiah tahun 2018, olahraga teratur adalah salah satu cara merawat penis karena aktivitas ini bisa menurunkan potensi disfungsi ereksi.

Dalam studi lainnya, ditemukan juga bahwa laki-laki yang senang mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid bisa terhindari dari disfungsi ereksi pada masa tua. Flavonoid bisa ditemukan pada sayur maupun buah.

Selain itu, laki-laki juga disarankan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Mulai dari bayam, alpukat, hingga makanan pedas yang mengandung capsaicin.

Demikianlah beberapa tips merawat penis agar tetap sehat. Jangan lupa ikuti terus info dan tips menarik ala Gotomalls lainnya dalam update artikel berikutnya!

Malls

Featured image source: newcastle.edu.au