Inilah DIY Cara Merobek Celana Jeans Agar Terlihat Stylish

Ingin celana jeans kamu lebih terlihat stylish? Kamu tidak usah membeli celana jeans baru yang sedang tren karena kamu bisa mewujudkan celana jeans stylishdari celana jeans lama. Kalau kamu punya celana jeans yang mungkin sudah bosan kamu pakai, bisa banget ikuti tips DIY cara merobek celana jeans supaya terlihat lebih stylish.

Oh iya, sebelum mulai melakukan DIY cara merobek celana jeans, jangan lupa untuk menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan ya. Yuk simak tutorial berikut ini.

Persiapan DIY Cara Merobek Celana Jeans

article image

Image source: kamini.id

Langkah pertama tentu saja kamu harus memilih celana jeans yang ingin dirobek atau dimodifikasi. Kamu bisa menggunakan skinny jeans, high waisted jeans atau bahkan celana jeans saudara laki-laki kamu yang sudah tidak terpakai. Kamu pun bisa menyulapnya seperti [boyfriend ripped jeans](https://www.gotomalls.com/articles/7-inspirasi-fashion-boyish-paling-baru-dan-trendi?country=Indonesia&keyword=skinny) yang keren.

Jika kamu baru pertama kali melakukan DIY merobek celana jeans, sebaiknya pilih celana jeans yang sudah lama tidak terpakai. Ini untuk jaga-jaga ya, siapa tahu di percobaan pertama hasilnya kurang bagus sehingga kamu tidak terlalu menyesal memodifikasi celana jeans kesayangan. Kamu juga bisa pilih celana jeans milikmu yang paling murah.

Opsi lainnya, kamu bisa coba dengan celana jeans lama yang memiliki serat lebih renggang, jadi akan lebih mudah saat dirobek-robek. Untuk warna sebenarnya bebas saja, tetapi kalau kamu ingin celana jeans lebih terlihat grunge, pilihlah yang washed karena kesan rustynya lebih menonjol.

Peralatan yang Dibutuhkan

article image

Image source: stylecraze.com

Setelah memilih celana jeans yang akan dirobek, sekarang saatnya kamu menyiapkan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah alat-alat yang harus kamu siapkan untuk DIY merobek celana jeans.

  1. Gunting atau cutter untuk memotong jeans
  2. Parutan keju untuk merobek jeans
  3. Pinset
  4. Ampelas
  5. Sabut baja (sabut cuci piring)
  6. Batu Apung
  7. Pensil atau tailor chalk (kapur kain)

Langkah-Langkah DIY Cara Merobek Celana Jeans

Jika semua alat sudah siap kamu bisa lanjut ke langkah DIY merobek celana jeans berikut ini.

Bentangkan Jeans di Permukaan Datar

article image

Image source: kamini.id

Sebaiknya bentangkan di atas meja panjang supaya posisi kamu lebih nyaman saat melakukan DIY. Kamu juga bisa membentangkan celana jeans di lantai jika tidak ada meja panjang.

Membuat Pola Robekan

article image

Image source: kawaiibeautyjapan.com

Setelah mendapat posisi yang nyaman dan celana jeans sudah terbentang, sekarang kamu perlu membuat pola. Langkah ini cukup penting supaya kamu lebih fokus dan robekan yang akan kamu buat lebih tertata. Selain itu, hal ini juga akan menghindari robekan yang terlalu lebar.

Dengan pola yang jelas setidaknya meminimalisasi kegagalan ketika merobek celana jeans. Buat pola dengan menggunakan pensil atau tailor chalk untuk menandai bagian mana yang ingin kamu robek dan gambar pola sesuai kreasi yang kamu inginkan. Kamu bisa menandai bagian lutut atau pola bergaris dari atas sampai bawah.

Pertimbangkan pula apakah kamu menginginkan robekan yang kecil atau besar. Pakailah bantuan penggaris ketika membuat pola robekan supaya hasilnya lebih rapi. Jika kamu ingin hasil yang lebih presisi lagi, kamu bisa pakai dulu celana jeans yang akan dirobek kemudian tandai sembari kamu masih memakainya. Dengan begitu posisi robekan akan menjadi lebih pas sesuai dengan keinginan dan kenyamananmu.

Menipiskan dan Memudarkan

article image

Image source: medium.com

Langkah selanjutnya adalah menipiskan dan memudarkan warna kain celana jeans. Tipiskan celana jeans dengan menggunakan ampelas pada bagian yang sudah kamu tandai tadi. Ampelas akan membuat serat celana jeans kamu menjadi lebih longgar dan lebih mudah untuk dirobek-robek.
Selain ampelas kamu bisa menggunakan parutan keju atau sabut baja untuk mencuci piring. Sebaiknya jangan lewati langkah ini untuk menghasilkan serat ripped jeans yang terlihat alami. Lakukan langkah ini sampai permukaan celana jeans menipis dan warnanya memudar.

Lapisi Bagian dalam Celana Jeans

article image

Image source: stylecaster.com

Sebelum merobek celana jeans, siapkan dulu papan kayu atau karton tebal untuk melapisi bagian dalam celana jeans. Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak terlalu dalam merobek celana jeans hingga melukai bagian belakang celana jeans. Maka dari itu kamu perlu sesuatu yang agak tebal agar tidak mudah tertembus oleh pisau atau cutter yang kamu gunakan.

Membuat Robekan pada Celana Jeans

article image

Image source: bumtorg.ru

Langkah selanjutnya adalah membuat robekan awal. Gunakan pisau, cutter atau gunting. Jika kamu menginginkan lubang atau robekan yang tidak terlalu besar, goreslah kain dengan cutter sampai kamu melihat benang putih horizontal pada permukaan kain. Lalu gunakan pinset untuk menarik benang hingga melonggar dan membentuk rumbai.

Sebaliknya jika kamu menginginkan lubang yang besar, kamu bisa menggunakan gunting. Kalau kamu menggunakan gunting, cubit kain celana jeans ke atas lalu gunting bagian tersebut hingga membentuk lubang. Tidak harus terlalu rapi agar robekan yang dihasilkan terlihat lebih natural.

Periksa kembali robekan yang kamu hasilkan. Jika kamu rasa lubang atau robekan yang kamu hasilkan kurang lebar, kamu bisa mengoreksinya dengan gunting. Namun, kamu tetap harus hati-hati ketika mengoreksinya.

Menjahit Pinggiran Robekan

Langkah terakhir adalah menjahit pinggiran bagian celana jeans yang kamu robek tadi. Tujuannya adalah untuk menjaga robekan celana jeans agar tidak melebar ke mana-mana. Kamu bisa merapikan pinggiran robekan celana jeans itu dengan mesin jahit jika kamu bisa menggunakannya. Kalau kamu tidak punya mesin jahit, rapikan secara manual dengan jarum dan benang.

Baca juga artikel DIY lainnya yang bisa kamu coba di rumah:

Articles


Nah, celana jeans kamu sudah siap. Dengan tutorial DIY cara merobek celana jeans ini membuat celana jeans kamu yang tadinya kelihatan biasa menjadi lebih stylish dan keren. Kamu tidak perlu membeli celana jeans baru dan pastinya bisa lebih hemat, karena kamu bisa bikin sendiri ripped jeans yang kekinian.

Cek Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: diyexperience.com