Mau Potong Rambut? Begini Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah

Rambut mulai panjang, namun di tengah pandemi ini memaksa kita untuk berdiam diri di rumah dan menjauhi kerumunan. Untuk ke salon pun sangat tidak disarankan. Bagaimana dengan ide memotong rambut sendiri di rumah?
Pasti ada risikonya karena potongan hair dresser pasti yang terbaik. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba bereksperimen memotong rambut sendiri di rumah, sekaligus mengisi waktu luang karena karantina di rumah. Berikut cara potong rambut sendiri:

Sebelum memutuskan untuk memotong rambut sendiri, pastikan kamu telah mengetahui cara memotong rambut dengan baik dan benar. Namun, bagi yang baru pertama kali potong rambut sendiri, sebaiknya pelajari dulu gaya potong rambut yang tepat agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Kamu akan lebih mudah mempelajari teknik memangkas rambut jika melihatnya secara langsung. Dalam hal ini, kamu bisa melihat video panduan di YouTube untuk mencari berbagai video tutorial tentang potong rambut. Pilihlah video yang sesuai dengan gaya yang kamu inginkan, serta pelajari juga teknik dan alat-alat yang dibutuhkan.

Cara Potong Rambut Pecah-Pecah

Untuk rambut yang sering diwarnai, apalagi selalu menggunakan alat pemanas rambut, jangan heran jika tekstur rambut akan tampak pecah-pecah. Di channel Youtube ini akan diberikan tips bagaimana memotong rambut pecah-pecah. Caranya pun sangat mudah. Rambut dipelintir hingga menemukan ujung-ujung rambut yang keluar, maka kamu bisa langsung memangkas bagian tersebut.

Cara Potong Rambut Layer Panjang

Tips ini akan menunjukkan cara potong rambut sendiri untuk tipe rambut layer panjang. Sang hair dresser memberikan tips agar membawa seluruh rambut ke depan, dan potong rambut menggunakan gunting secara horizontal.

Cara Potong Rambut A-Line Bob

Ingin bereksperimen dengan memangkas rambut menjadi potongan bob? Coba intip channel Youtube ini. Untuk dipraktikkan tampak tidak rumit. Pertama-tama bagi rambut menjadi tiga bagian dan masing-masing diikat menggunakan karet.
Di bagian belakang, tempatkan karet agak ke bawah, lalu pangkas rambut tepat di ujung karet. Untuk bagian depan, kamu bisa menyesuaikan panjang rambut yang diinginkan. Gunakan gunting razor di bagian depan untuk hasil yang lebih rapi.

Potong rambut sedikit demi sedikit

article image

Image source: newsbreak.com

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang saat potong rambut sendiri adalah terburu-buru sehingga menghasilkan pangkasan yang kurang rapi. Itu sebabnya, cara paling baik untuk mendapatkan hasil memuaskan adalah selalu memotong rambut sedikit demi sedikit.

Sebelum memotong, rapikan juga rambut menggunakan sisir dan perkirakan seberapa panjang bagian yang ingin kamu pangkas. Hindari memotong rambut dalam jumlah banyak sekaligus untuk menghindari risiko kesalahan atau hasil potongan yang terlalu pendek. Dengan begitu, risiko
kegagalan bisa diminimalisir.

PHILIPS HP8108-02 DryCare Hair Dryer

article image

Beli Sekarang

Gunakan teknik ponytail untuk memotong rambut bagian belakang

article image

Image source: theloop.ca

Tantangan terbesar ketika memotong rambut sendiri adalah saat memotong rambut bagian belakang. Namun, hal tersebut bisa kita atasi dengan menggunakan teknik ponytail dan mengarahkan seluruh rambut ke depan. Caranya, sisir rambut hingga rapi dan ikat hingga menyerupai ekor kuda.

Selanjutnya, arahkan rambut yang sudah diikat tersebut ke depan dengan sedikit membungkukkan badan. Potong rambut sejajar dan lakukan secara perlahan. Jangan lupa, lakukan teknik ponytail ini di depan cermin sehingga kamu bisa lebih mudah untuk memperkirakan panjang rambut yang ingin dipangkas.

Minta orang di rumah untuk memeriksa hasilnya

article image

Image source: mensjournal.com

Setelah memotong rambut bagian belakang dengan teknik ponytail, bukalah ikatan rambut atau penjepit yang digunakan. Kamu dapat merapikannya dengan sisir dan perhatikan hasilnya baik-baik.

Untuk memastikan hasil potongan tersebut sudah rapi dan sesuai keinginan, tak ada salahnya melakukan double check dengan meminta pendapat orang-orang yang ada di rumahmu.

Minta mereka untuk meneliti hasil pangkasan, dan mengamati apabila ada bagian-bagian yang kurang rapi. Misalnya seperti panjang yang kurang rata, bagian yang belum terpotong sempurna, atau malah bagian yang terlalu pendek. Dengan begitu, kamu dapat merapikannya lagi sehingga hasilnya menjadi lebih sempurna.

Perlu diingat, memotong rambut sendiri butuh ketelitian dan kesabaran dalam melakukannya. Pastikan suasana di sekitar ruangan cukup tenang agar konsentrasimu tidak terganggu. Lakukan potongan demi potongan dengan hati-hati dan teliti, namun jangan ragu. Gunakan beberapa cermin dan satu cermin berukuran besar yang dipajang di sekelilingmu, supaya tidak perlu repot-repot mengubah posisi cermin ketika memotong bagian lainnya.

Products


Demikianlah cara potong rambut sendiri di rumah. Jangan lupa, masih ada sejuta informasi dan tips lain yang tidak kalah menarik untuk kamu simak hanya di Gotomalls.com! Satu-satunya partner shopping terbaikmu untuk pengalaman belanja menguntungkan!

Articles

Malls

featured image source: pinterest.com