Manfaat Cerita Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Dongeng anak-anak bukan hanya sekadar pengantar tidur yang menyenangkan. Hasil penelitian dari National Institute of Child Health and Human Development di AS yang dipimpin oleh G. Reid Lyon, Ph.D., mengungkapkan bahwa cerita dongeng sebelum tidur bisa mendorong perkembangan otak anak.

Saat tubuh tertidur kinerja otak tidak serta merta ikut berhenti, justru sebaliknya. Otak akan mengolah data-data kompleks, memperkuat memori, hingga menyiapkan dan menghubungkan memori baru dengan memori lama sebagai suatu proses berkelanjutan. Dalam hal ini, dongeng bisa menjadi stimulan yang baik untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan daya kreativitas pada anak-anak.

Dibandingkan menonton video, dongeng punya lebih banyak manfaat anak. Membacakan dongeng yang tepat bisa membantu mengoptimalkan perkembangan psikologis dan kecerdasan emosional anak. Berikut 5 manfaatnya:

1. Melatih Kemampuan Verbal

article image

Image source: Kidadl

Ketika anak-anak mendengarkan dongeng, mereka akan mencerna informasi dan mulai mengenali berbagai kata, bentuk kalimat, intonasi, dan gaya bicara. Bahkan, sejak masa kehamilan sekalipun interaksi yang dilakukan sang ibu sudah bisa direspons oleh janin.

Anak-anak yang terbiasa membaca dan mendengarkan dongeng sejak dini umumnya lebih cepat menguasai kemampuan verbal dan bisa menyampaikan keinginannya dengan baik. Dengan kata lain, kebiasaan membacakan cerita dongeng sebelum tidur sangat bagus untuk melatih kemampuan verbal anak.

2. Melatih Respons Anak Balita

article image

Image source: FirstCry Parenting

Anak balita pada umumnya belum bisa memberikan respons yang jelas dengan kata-kata. Namun, saat si anak mendengarkan kita bercerita, mereka akan memberikan respons melalui gerakan-gerakan tangan dan kakinya. Seiring perkembangannya, respons dan rangsangan ini mampu mengaktifkan sel-sel saraf dalam otak lebih optimal.

Orang tua bisa membacakan mendongeng sambil merangsang balita untuk merespons cerita, misalnya dengan mengulang-ulang kalimat secara ekspresif agar si anak bisa mengikuti. Hal ini bisa membantu anak merekam kalimat dengan baik dan melatih kemampuan respons.

3. Merangsang Kemampuan Berpikir Kritis dan Daya Kreativitas

article image

Image source: Mom Snippets

Salah satu manfaat utama membacakan cerita dongeng sebelum tidur adalah merangsang kemampuan berpikir kritis dan daya kreativitas anak. Sebab, saat mereka mendengarkan dongeng, ia akan berimajinasi mengenai alur cerita yang dibacakan. Jika ini dilakukan rutin, anak akan lebih mampu untuk berpikir cepat, kritis, dan kreatif. Menariknya lagi, membacakan cerita sebelum tidur juga bisa meningkatkan IQ anak, termasuk mempertajam memori.

4. Memperkaya Kosakata dan Melatih Kemampuan Bahasa

article image

Image source: BabyCentre

Manfaat yang satu ini masih berkaitan dengan manfaat pertama. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang sudah dilatih membaca sejak dini cenderung memiliki perbendaharaan kata yang lebih kaya dan kemampuan berhitung yang lebih baik dibanding anak-anak yang tidak.

Semakin banyak kosakata yang mereka kenali saat mendengarkan dongeng, semakin baik pula kemampuan bahasa mereka ketika tumbuh besar. Seiring dengan perkembangan anak, mereka akan semakin lancar dalam berbahasa. Itu semua berkat otak yang terus menerus dirangsang untuk memperkaya kosakata dan mengenali gaya bahasa yang beragam.

5. Melatih Manajemen Emosi

article image

Image source: JustMommies

Salah satu tantangan terberat para orang tua dalam membesarkan anak adalah menghadapi emosi mereka yang sulit dikendalikan. Sebagai solusinya, orang tua bisa membacakan cerita dongeng sebelum tidur. Ketika dibacakan dongeng, si anak akan memperhatikan betul bagaimana kita menyampaikan ekspresi yang berbeda, mulai dari bahagia, marah, takut, cemas, dsb.

Sering tidak kita sadari bahwa dari situlah anak-anak belajar cara meluapkan perasaan senang, marah, sedih, kecewa, bahkan rasa malu. Anak yang mampu meluapkan perasaannya dengan baik cenderung lebih bisa untuk mengolah emosinya dengan bijak.

Memilih Cerita Dongeng Sebelum Tidur

Jika anak belum terbiasa mendengarkan dongeng, orang tua perlu menerapkan kebiasaan baru ini secara bertahap. Pilihlah dongeng yang bisa membuat mereka tertarik. Jika cerita yang kita bacakan tidak menarik perhatian mereka, si kecil pun akan malas mendengarkannya.

Sebagai permulaan, mulailah dengan cerita-cerita pendek yang sederhana. Supaya anak semakin menyukai sesi mendongeng sebelum tidur, orang tua bisa menciptakan suasana mendongeng yang relevan dengan tema cerita. Yang tak kalah penting, pastikan cerita yang dipilih tidak cuma menarik, tapi juga sarat makna dan mengandung nilai-nilai moral yang positif.


Demikianlah 5 manfaat cerita dongeng sebelum tidur untuk tumbuh kembang si kecil. Simak juga info menarik lainnya di Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Articles

Malls

featured image source: Mum In The Madhouse