Covid-19 Varian Omicron

Indonesia akhirnya telah masuk di puncak gelombang ketiga Covid-19. Salah satu penyebabnya adalah varian baru yang dikenal dengan omicron. Menurut beberapa penelitian, varian omicron lebih cepat menular daripada varian Covid-19 sebelumnya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of California menyebutkan jika gejala Covid-19 varian omicron ini cenderung sama seperti flu biasa. Bahkan tidak sama dengan varian sebelumnya yang menyebabkan pneumonia. Bahkan varian ini juga tidak membuat penderita kehilangan indra perasa dan indra penciuman sementara.

Adapun gejala umum yang dirasakan oleh penderita covid-19 varian omicron adalah:

article image

Image source: thejakartapost.com

1. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan menjadi satu tanda awal yang paling umum dirasakan pasien saat terpapar omicron. Pasien juga kerap mengeluhkan adanya gangguan tenggorokan seperti nyeri atau gatal.

Penelitian di Mesir menyebutkan sebanyak 120 pasien yang terinfeksi omicron 30% diantaranya mengalami ketidaknyamanan pada tenggorokan. Ada pula yang mengeluhkan radang tenggorokan.

2. Batuk

Gangguan tenggorokan selanjutnya juga dapat mengakibatkan batuk. Batu pasien yang terpapar virus Covid-19 varian omicron biasanya akan muncul di awal. Batuk yang terus-menerus hingga terasa sakit pada dada dan perut.

Berdasarkan penelitian sebelumnya menyebutkan jika omicron menyerang paru-paru bagian atas. Itu sebabnya penderita akan lebih sering batuk saat terinfeksi.

3. Demam

Gejala lain yang juga timbul adalah demam. Suhu panas di badan tidak terlalu tinggi namun cukup membuat pasien yang terpapar omicron lemah dan kesakitan. Demam juga identik dengan gejala awal flu biasa.

article image

Image source: haibunda.com

4. Hidung Tersumbat

Pasien omicron juga mengeluhkan hidung tersumbat. Mereka yang sudah divaksin dan dalam kondisi sehat ketika terpapar omicron biasanya akan mengalami gejala ringan. Termasuk gejala saluran pernapasan seperti pilek, bersin, hidung tersumbat, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

5. Ngilu Pada Seluruh Tubuh

Selain lemas, gejala omicron yang juga dikeluhkan pasien adalah munculnya rasa ngilu pada seluruh tubuh. Ini membuat penderita merasa lemah dan sakit bila disentuh. Ngilu paling sering terjadi di area sendi dan perut, sebagian merasa sakit pada bahu, kaki, dan punggung.

6. Merasa Kedinginan

Ini merupakan gejala klasik dari Covid-19. Pasien yang terinfeksi omicron juga merasa kedinginan terlebih saat fase awal dimana kondisi tubuh sedang sangat drop.

article image

Image source: merdeka.com

Meski gejalanya terlihat seperti penyakit biasa, namun tetap harus diwaspadai. Terlebih virus varian baru ini begitu cepat dan mudah menular.

Untuk itu kita perlu omicron lebih waspada dan tetap melakukan protokol kesehatan di mana pun. Untuk kamu yang masih banyak aktivitas di luar rumah dan bertemu banyak orang, jangan lupa untuk lebih memperketat prokes.

Gunakan masker ketika berpergian, jaga jarak dengan orang lain, hindari kerumunan, kurangi aktivitas indoor terlalu ramai, dan jangan lupa untuk rajin mencuci tangan terutama sebelum menyentuh area wajah dan mulut.

Kamu juga bisa mengantisipasinya dengan terus mengkonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Mall

Artikel

Featured Image Source: ama.com.au