Manfaat Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis termasuk salah satu ibadah sunah yang dianjurkan bagi umat Islam karena rasulullah SAW sendiri sering melakukannya. Lebih dari itu, ada beragam manfaat puasa Senin Kamis yang bisa kita peroleh, apalagi jika rutin dilakukan.

Dalam sejumlah hadits yang menyinggung tentang puasa Senin Kamis, disebutkan bahwa puasa sunah ini memiliki keutamaan baik untuk keselamatan maupun penghapus dosa. Berikut 5 manfaat puasa Senin Kamis yang perlu kamu ketahui:

1. Hari Dibukanya Pintu Surga

article image

Image source: tirto.id

Salah satu keutamaan puasa setiap minggu pada hari Senin dan Kamis adalah pengampunan yang luas, dimana hari itu pintu surga akan dibukakan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah:

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim).

2. Hari Dihadapkannya Amal Manusia

article image

Image source: muslim.okezone.com

Selain pengampunan, Hari Senin dan Kamis juga merupakan hari dimana amal manusia selama seminggu penuh akan dihadapkan kepada Allah SWT. Hal ini dijelaskan Imam Tirmidzi dalam salah satu hadits riwayat yang bersumber dari Usamah bin Zaid:

Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab; “Senin dan Kamis.”

Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai)

3. Bisa Memperpanjang Umur

article image

Image source: Okezone.com

Selain keutamaan ibadah, puasa juga sudah terbukti bermanfaat luar biasa bagi kesehatan. Percaya atau tidak, semakin sedikit seseorang makan, maka semakin besar kemungkinannya untuk panjang umur. Sebuah penelitian menunjukkan bagaimana peningkatan masa hidup orang-orang dalam kebudayaan tertentu dipengaruhi oleh diet mereka.

Penuaan juga dipengaruhi faktor metabolisme yang berjalan lebih lambat. Hal itu seringkali ditemukan pada tubuh yang sudah menua. Lain halnya dengan tubuh orang-orang muda dimana metabolismenya berjalan cepat dan efisien. Nah, jika seseorang makan lebih sedikit, proses yang dijalankan sistem pencernaan pun akan lebih mudah.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

article image

Image source: surabaya.tribunnews.com

Manfaat puasa Senin Kamis berikutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Puasa juga sudah terbukti mampu meningkatkan fungsi otak karena produksi protein yang turut bertambah. Hal ini disebut sebagai faktor neurotropik, yang diturunkan melalui otak (BDNF).

BDNF akan mengaktifkan sel batang otak untuk kemudian diubah menjadi neuron-neuron baru, sehingga memicu komponen kimiawi lainnya dan mendukung kesehatan saraf. Protein ini juga berfungsi melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang disebabkan penyakit-penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

5. Berkontribusi Pada Pencerahan Diri

article image

Image source: Pinterest

Dalam berbagai kebudayaan masyarakat, praktik-praktik seperti puasa telah dilakukan guna mencapai kondisi spiritual yang lebih tinggi. Orang-orang pada masa lampau bisa sering menjadikan puasa untuk melatih sekaligus menajamkan kepekaan terhadap kehidupan di semesta alam.

Berpuasa sebagai sarana pencerahan diri memungkinkan kita merasa lebih baik secara mental dan fisik. Ketika tubuh terasa lebih ringan dan kondisi pikiran menjadi lebih jernih, kesadaran kita akan kehidupan di sekitar akan meningkat.


Demikianlah beberapa manfaat puasa senin kamis yang perlu diketahui. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: eatingwell.com