Daftar Menu Diet Sehat Seminggu, Yuk Cobain!

Program penurunan berat badan memang tidak mudah dilakukan. Dibutuhkan konsistensi dan kedisiplinan agar program berhasil. Untuk memiliki berat badan yang ideal, sering kali seseorang harus menjalani diet ketat, harus menghindari makanan-makanan tertentu dan rutin berolahraga.

Sering pula mereka gagal di tengah jalan karena merasa jenuh dan tidak kuat lagi menjalani diet yang menyiksa. Padahal ada program diet sehat yang tidak membuat kamu menjadi lemas dan sakit. Penasaran? Yuk simak daftar menu diet sehat seminggu yang mudah dan menyenangkan berikut ini.

Hari Pertama

article image

Image source: macheesmo.com

Umumnya orang akan memulai program diet pada hari Senin. Hal tersebut dikarenakan motivasi diet tertinggi ada di hari Senin. Di awal minggu kamu mempersiapkan daftar menu diet sehat untuk seminggu ke depan, lengkap dengan aktivitas fisik atau jadwal olahraga yang ingin kamu lakukan.

Nah, untuk mengawali program diet kamu, coba manfaatkan hari Senin untuk berolahraga di saat motivasi kamu sedang tinggi. Kamu bisa bangun lebih awal dan melakukan olahraga ringan seperti lari pagi atau pergi ke gym. Menurut sebuah studi, olahraga pagi lebih disarankan karena lebih efektif membakar lemak tubuh.

Untuk menu sarapan, kamu bisa menyantap 2 telur rebus, 1 potong roti bakar dengan setengah buah alpukat. Saat makan siang cobalah untuk mengonsumsi sayuran seperti bayam, buncis dan wortel, dan daging ayam. Sedangkan untuk makan malam, kamu bisa makan ikan kod panggang, sayur brokoli dan quinoa.

Hari Kedua

article image

Image source: simplyrecipes.com

Menurut sebuah penelitian dari San Diego State University, di hari Selasa seseorang masih menunjukkan motivasi diet tertinggi. Hal itu terlihat dari kata kunci yang berkaitan dengan program diet pada mesin pencari Google yang ternyata cukup banyak dicari pada hari Selasa.

Di hari kedua dengan motivasi yang masih tinggi, konsumsilah jenis makanan yang rendah karbohidrat dan lemak serta kaya akan protein. Hindari minuman manis dan selalu minum air putih.

Untuk sarapan, kamu bisa makan 1 iris roti gandum dengan 1 telur rebus dan secangkir kopi atau teh tanpa gula. Di siang hari, kamu bisa kembali makan 2 potong roti gandum dengan daging sapi, seiris keju dan mustard, tambahkan irisan wortel dan minumlah secangkir susu tanpa lemak.

Di malam hari, masukkan 1 fillet dada ayam untuk daftar menu diet sehat seminggu. Kamu bisa memasaknya dengan brokoli dan jus lemon, kacang merah atau kacang hitam, atau dengan sepotong roti gandum utuh.

Hari Ketiga

article image

Image source: silk.com

Memasuki hari ketiga, yakni di hari Rabu, cobalah untuk tetap konsisten melakukan program diet. Usahakan motivasi kamu untuk menurunkan berat badan tidak ikut turun.
Supaya kamu tidak terlalu memikirkan diet, cobalah untuk melakukan kegiatan yang kamu suka. Hari Rabu bisa kamu isi dengan kegiatan belanja bahan makanan sehat untuk semakin memotivasi dalam menjalankan program diet.

Di hari ketiga, kamu bisa sedikit mengubah daftar menu diet sehat seminggu supaya tidak bosan. Untuk sarapan kamu bisa mengganti roti gandum dengan oatmeal, masak dengan susu almond, lengkapi dengan irisan apel dan bubuk kayu manis.

Di siang hari, kamu bisa mengonsumsi selembar tortilla gandum utuh dengan irisan tomat, setengah buah alpukat, selada dan keju. Sementara untuk menu makan malam, kamu bisa menyantap ayam giling dengan tomat, kacang merah dan kacang hitam.

Hari Keempat

article image

Image source: idntimes.com

Di hari keempat, cobalah untuk datang ke gym dan berolahraga supaya tubuh kamu tetap bugar. Menurut studi, jumlah pengunjung gym cenderung menurun di hari Kamis sehingga kamu bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk bebas berolahraga.

Hari Kamis juga menjadi penentu diet di akhir pekan. Jika kamu berencana pergi hangout di akhir pekan, kurangi asupan kalori di hari Kamis dan Jumat. Untuk mengawali hari, kamu bisa sarapan dengan dua telur dadar, roti gandum panggang dan setengah iris pisang.

Saat makan siang, kamu bisa memasukkan 1 sushi roll dari nasi merah, mentimun dan alpukat dalam daftar menu diet sehat seminggu. Kamu juga bisa menyantap 2 potong salmon sashimi dan salad sayuran. Sementara di malam hari, kamu bisa makan 1 ubi jalar kecil, salmon dan sayuran seperti kecambah.

Baca juga artikel diet sehat lainnya di bawah ini:

Articles

Hari Kelima

article image

Image source: urbanicon.co.id

Hari Jumat adalah saatnya mengevaluasi program diet yang sudah kamu jalani, apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak? Kalau menurutmu diet berjalan dengan sukses, berilah penghargaan untuk diri sendiri dengan cara melakukan hal-hal yang kamu suka, seperti pergi ke salon atau shopping.

Untuk sarapan cobalah untuk mengonsumsi oatmeal, jeruk dan secangkir susu tanpa lemak. Saat makan siang kamu bisa menyantap salad sayuran dengan bayam, tomat ceri dan perasan lemon serta ikan salmon panggang. Sementara di malam hari, kamu bisa makan nasi merah.

Hari Keenam

article image

Image source: nutriouslife.com

Hari Sabtu bisa saja menjadi cheat day kamu karena biasanya di hari Sabtu kita mengisi waktu dengan hangout bersama teman-teman. Namun kamu harus tetap menjaga asupan kalori agar program diet yang sudah kamu jalani tidak berakhir sia-sia.

Untuk sarapan, konsumsilah telur rebus dengan kacang-kacangan yang kaya protein. Ayam panggang dengan salad sayuran atau buah bisa menjadi pilihan menu makan siang. Di malam hari, apabila kamu tidak ada rencana hangout, tetaplah disiplin dengan mengonsumsi ayam kukus dengan salad sayuran.

Hari Ketujuh

article image

Image source: trifectanutrition.com

Nah, akhirnya sampai di hari ketujuh. Ini hari yang tepat untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti jalan-jalan ke pantai atau bersepeda. Kamu harus tetap aktif bergerak selama hari libur.

Mulailah hari dengan menyantap oatmeal dengan blueberry, bubuk kayu manis dan susu almond. Di siang hari, kamu bisa mengonsumsi ikan tuna dengan sayuran hijau, buah apel dan alpukat. Nah, di malam hari menu ayam panggang dengan brokoli adalah pilihan yang tepat.


Itu tadi daftar menu diet sehat seminggu yang bisa kamu coba dengan cara yang menyenangkan. Apabila dilakukan dengan konsisten, program penurunan berat badan tentu akan berhasil. Selamat mencoba! Jangan lupa cek terus Gotomalls.com dan nantikan informasi menarik lainnya!

Malls

featured image source: shape.com