Daily Skincare Rutin Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Skincare routine atau perawatan wajah merupakan hal yang wajib dilakukan oleh perempuan. Sekarang ini ada beragam skincare yang diaplikasikan dengan urutan tertentu untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Tidak jarang seseorang rela merogoh kocek lebih dalam untuk perawatan wajah yang maksimal.

Melakukan perawatan wajah memang penting, terlebih untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat. Salah memilih produk skincare malah bisa memperparah kondisi kulit. Nah, supaya kamu tidak salah dalam melakukan skincare routine, yuk simak urutan daily skincare kulit berminyak dan jerawat berikut ini.

1. Bersihkan Wajah dengan Gel/Water Based Cleanser

article image

Image source: koreanskincaretips.com

Salah satu penyebab kulit berjerawat adalah wajah kurang bersih atau malas membersihkan make up sampai tuntas. Sisa make up di kulit wajah menyebabkan pori-pori tersumbat dan lemak di wajah jadi susah keluar. Jadi untuk menghindari jerawat muncul kembali, pastikan kamu membersihkan wajah sampai tuntas.

Nah, kulit berjerawat umumnya terjadi pada pemilik kulit berminyak. Untuk jenis cleanser, pilihlah make up remover yang berbasis gel atau air. Jika kamu menggunakan cleanser berbasis oil atau cream untuk membersihkan wajah, dikhawatirkan kulit wajah justru akan semakin banyak memproduksi minyak. Akibatnya wajah kamu akan mengalami minyak berlebih dan lebih rentang terhadap jerawat.

2. Pilih Face Wash yang Tepat untuk Kulit Berminyak

article image

Image source: tipsandbeauty.com

Setelah membersihkan wajah dengan gel atau water based cleanser, langkah selanjutnya adalah melakukan double cleansing. Untuk kulit berminyak dan mudah terkena jerawat, sebaiknya kamu memilih face wash yang memiliki tanda non-comedogenic pada labelnya. Hindari memakai face wash yang terlalu keras karena bisa membuat kulit kamu menjadi lebih sensitif.

Jangan buru-buru memilih face wash yang dianggap dapat menyerap minyak karena tidak semua minyak buruk bagi kulit. Kulitmu tetap memerlukan minyak alami. Maka dari itu, hindari pemakaian face wash yang dapat menyerap minyak alami pada kulit wajah kamu. Jika minyak alami ini hilang, kulit akan semakin sering berjerawat karena kelenjar minyak akan terus-terusan memproduksi minyak lebih banyak.

Pilihlah cleanser yang berbentuk foam cleanser yang aman dan ringan untuk kulit berminyak. Cleanser jenis ini juga efektif dalam membersihkan kuman.

3. Exfoliating dan Hydrating Toner

article image

Image source: dermstore.com

Setelah melakukan double cleansing, langkah daily skincare kulit berminyak dan jerawat berikutnya adalah menggunakan toner. Toner memiliki fungsi eksfoliasi, yakni mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat mencerahkan wajah. Exfoliating toner umumnya mengandung bahan acid yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit.

Buat kamu yang memiliki kulit berminyak dan rawan berjerawat, sebaiknya kamu memilih exfoliating toner yang mengandung salicylic acid. Bahan acid ini memiliki fungsi dalam mengatasi jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat.

Namun, kamu tidak disarankan untuk memakai exfoliating toner ini setiap hari karena akan membuat kulit menjadi kering. Supaya kulit kamu tidak jadi kering, cukup gunakan exfoliating toner dua atau tiga hari sekali di malam hari. Lakukan setelah kamu membersihkan make up ya!

Selain exfoliating toner, kamu juga bisa menggunakan hydrating toner untuk menyeimbangkan pH kulit. Dengan tekstur yang kental, pemakaian toner ini dilakukan dengan cara menepuk-nepuk pelan pada wajah secara merata. Toner ini juga berfungsi sebagai pelindung agar kulit tidak dehidrasi. Sekali lagi, hati-hati dalam memilih hydrating toner ya! Pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit untuk pemakaian
yang aman dan efektif.

4. Gunakan Serum dengan Hyaluronic Acid

article image

Image source: instanatural.com

Memiliki harga yang cukup mahal dibanding skincare yang lain, serum termasuk barang wajib untuk menangani masalah kulit. Serum memiliki konsentrat yang spesifik dan kandungan aktif dibanding jenis skincare yang lain dengan tekstur kental dan agak lengket.

Untuk kamu yang memiliki masalah jerawat, serum dengan kandungan hyaluronic acid merupakan pilihan yang tepat karena dapat membantu mengatasi jerawat sekaligus meremajakan kulit. Gunakan setelah kamu membersihkan wajah dengan toner ya.

Baca juga artikel lainnya untuk kamu pemilik kulit berminyak dan berjerawat di bawah ini:

Articles

5. Pakai Essence untuk Mengatasi Masalah Kulit

article image

Image source: miniso-au.com

Apa bedanya serum dengan essence? Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik. Namun essence memiliki kandungan aktif yang lebih rendah dibanding serum.

Kamu bisa memilih essence yang mengandung tea tree atau witch hazel untuk kulit berjerawat. Kandungan tea tree atau witch hazel dapat mengontrol minyak dan meredakan jerawat.

6. Kulit Berminyak Tetap Butuh Moisturizer

article image

Image source: blibli.com

Meskipun kulit kamu cenderung berminyak dan rentan berjerawat, kamu tetap butuh yang namanya moisturizer. Namun, pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat disarankan untuk menggunakan moisturizer yang tidak terlalu pekat atau creamy.

Kamu bisa menggunakan moisturizer berbasis gel seperti aloe vera karena lebih cepat menyerap dan ringan di wajah. Saat ini moisturizer berbasis gel banyak di pasaran. Hindari moisturizer yang mengandung mineral oil ya, karena dapat menyumbat pori-pori dan malah menimbulkan jerawat baru. Kamu juga bisa mengganti moisturizer dengan masker di malam hari lho. Dengan begitu kulit wajah kamu akan tetap ternutrisi.

7. Jangan Lupa Pakai Sunscreen di Pagi Hari

article image

Image source: popbela.com

Kamu yang melakukan skincare routine di pagi hari jangan lupa menggunakan sunscreen atau tabir surya. Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit sekaligus bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Walaupun kamu menggunakan foundation yang mengandung SPF, kamu tetap harus menggunakan tabir surya. SPF yang terkandung pada foundation umumnya hanya SPF 30, sementara kita butuh minimal SPF 50.
Sunscreen juga berguna untuk mencegah jerawat meradang. Saat ini kamu bisa mendapatkan produk tabir surya yang memiliki tekstur light, cepat menyerap dan tidak lengket.


Itu dia serangkaian daily skinscare untuk kulit berminyak dan jerawat. Semoga bisa membantu kamu untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang ditimbulkan oleh kulit berminyak dan datangnya jerawat. Perhatikan urutan pemakaian skincare-nya dan gunakan produk skincare yang tepat untuk kulit kamu.

Temukan informasi official store dan berbagai produk perawatan kulit kesayanganmu terlengkap di Gotomalls.com. Gotomalls.com juga mempunyai informasi lebih lengkap mengenai informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: spachezvous.it