Keuntungan-Keuntungan Dari E-Paspor Bagi Traveler Indonesia

Orang yang ingin bepergian ke luar negeri diwajibkan harus memiliki paspor. Di Indonesia sendiri ada dua jenis paspor, yakni paspor biasa dan paspor elektronik atau e-paspor. Dibanding paspor biasa, e-paspor memiliki beberapa keunggulan yang menguntungkan traveler Indonesia.
Apa saja keunggulan e-paspor dibanding paspor biasa? Mari simak pemaparan tentang e-paspor beserta keuntungan memiliki e-paspor bagi traveler Indonesia berikut ini.

Apa itu E-Paspor?

E-paspor yang juga sering disebut dengan paspor biometrik merupakan paspor dengan chip biometrik yang ditanam pada buku paspor. Melalui chip ini, sidik jari dan bentuk wajah pemegang paspor bisa dikenali dengan pemindaian. Data sidik jari dan bentuk wajah yang tersimpan dalam chip tersebut digunakan sebagai pengaman paspor dan dipasang pada bagian sampul depan buku paspor.

E-paspor Indonesia menggunakan data bimetrik yang disesuaikan dengan standar yang dikeluarkan International Civil Aviation Organization (ICAO). Selain Indonesia, e-paspor juga telah banyak digunakan di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jepang, Malaysia dan lain-lain. Apabila kamu ingin membuat e-paspor, kamu bisa membuat pengajuan terlebih dulu secara online.

Fasilitas e-paspor yang mulai diberlakukan pemerintah Indonesia sejak 2013 lalu ini bertujuan untuk mempermudah warga negara Indonesia untuk bepergian ke luar negeri. Kamu akan mendapat keleluasaan untuk berkunjung ke beberapa negara yang tidak bisa kamu dapatkan jika kamu hanya memiliki paspor biasa.

Keunggulan E-Paspor

Nah, sekarang kamu sudah paham tentang e-paspor. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki e-paspor.

1. Data Lebih Akurat

article image

Image source: mediaindonesia.com

Ini adalah kelebihan pertama yang akan kamu rasakan sebagai pemegang e-paspor Indonesia. Data pribadi kamu yang tersimpan dalam chip pada sampul depan buku paspor seperti informasi pribadi, sidik jari dan bentuk wajah akan lebih lengkap dan akurat.

Data biometrik tersebut akan berguna saat pemindaian paspor manual maupun autogate. Tentu hal ini akan mempermudah kamu di bandara.

2. Paspor Tidak Bisa Dipalsukan

article image

Image source: pergi.com

Chip pada e-paspor yang menyimpan data pribadi pemilik paspor tidak bisa dipalsukan sehingga kamu akan terhindar dari penyalahgunaan paspor. Dengan e-paspor keamanan data menjadi sangat terjamin.

Jadi chip pada e-paspor ini sangat canggih. Hanya petugas bandara yang bisa membaca chip tersebut sehingga kamu bisa merasa lebih tenang karena data pribadimu sudah pasti aman.

3. Jalur Khusus di Bandara

article image

Image source: kaltim.prokal.co

Selain aman, e-paspor juga sangat praktis. Sebelum boarding umumnya para penumpang pesawat tujuan luar negeri akan mengantre untuk diperiksa di bagian imigrasi. Proses ini tentu memakan waktu lama karena antrean yang mengular.

Nah, kalau kamu memiliki e-paspor, kamu tidak perlu mengantre lama-lama dan diperiksa secara manual oleh petugas imigrasi. Kamu bisa langsung menuju auto gate di bagian penerbangan internasional. Kamu akan langsung memindai paspor dan masuk boarding room tanpa harus melewati bagian imigrasi. Proses tersebut kamu lakukan sendiri sehingga lebih praktis.

Cara memindai paspor cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk antrean untuk ke mesin autogate, lalu tempel e-paspor untuk di-scan dan pintu pertama pun akan terbuka. Kemudian kamu bisa masuk ke lorong berikutnya untuk scan sidik jari dan pintu kedua akan terbuka. Setelah itu kamu langsung masuk ke boarding room.

Namun saat ini fasilitas autogate belum berlaku di semua bandara dan baru tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Ngurah Rai. Kita doakan saja semoga bandara-bandara lain di Indonesia bisa segera menyusul ya!

4. Bebas Visa untuk Kunjungan ke Negara Tertentu

article image

Image source: flickr.com

Nah, ini nih yang membuat traveler Indonesia makin senang. Pemegang e-paspor Indonesia memiliki keuntungan untuk melakukan kunjungan wisata ke negara tertentu tanpa harus menggunakan visa. Negara yang membebaskan visa bagi pemegang e-paspor Indonesia adalah Jepang.

Dengan kemudahan ini, para traveler tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengurus paspor dan melalui proses pembuatan visa yang memakan waktu. Pemegang e-paspor Indonesia akan mendapatkan visa gratis atau visa waiver untuk mengunjungi Jepang selama 15 hari. Jadi lumayan kan, kamu bisa menghemat biaya pembuatan visa.

Untuk mendapatkan visa gratis atau visa waiver, kamu cukup mendaftarkan e-paspor terlebih dahulu di Kedutaan Besar Jepang, Konsulat Jenderal Jepang atau Kantor Konsulat Jepang di Indonesia sebelum keberangkatan. Proses ini hanya memakan waktu dua hari kerja.

5. Lebih Mudah Mendapat Persetujuan Visa

article image

Image source: vietucnews.net

Keuntungan e-paspor berikutnya adalah kamu akan lebih mudah mendapat persetujuan visa ketika akan bepergian keluar negeri. Jadi kamu tidak hanya mendapat fasilitas visa gratis ke Jepang, tetapi kemudahan untuk bepergian ke negara lain yang memerlukan syarat visa.

Persetujuan visa menjadi lebih mudah karena data pemilik e-paspor sudah terjamin valid dan akurat sehingga memudahkan pihak kedutaan negara lain untuk memverifikasi data dan mengeluarkan visa.

Di mana Kita Bisa Membuat E-Paspor?

Apabila kamu berminat untuk membuat e-paspor, kamu bisa melakukannya di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Batam. Kamu yang tinggal di luar kota tersebut harus datang ke salah satu kantor imigrasi yang ada di kota tersebut. Berbeda dengan proses pembuatan paspor biasa yang bisa dilakukan di daerah masing-masing.

E-paspor hanya bisa diurus di kantor imigrasi kelas 1. Berikut adalah daftar kantor imigrasi kelas 1 yang melayani pembuatan e-paspor.

 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta
 Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
 Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
 Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok
 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Bali
 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
 Kantor Imigrasi Kelas I Makassar


Sekarang kamu sudah tahu kan, e-paspor ternyata memberi banyak keuntungan untuk para traveler Indonesia. Kalau kamu senang bepergian keluar negeri tetapi masih berbekal paspor biasa, tidak ada salahnya untuk segera mengganti paspor biasa menjadi e-paspor. Jadi bagaimana, kamu sudah tertarik untuk membuat e-paspor? Ikuti terus perkembangan info-info menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: goodnewsfromindonesia