Beginilah Fakta-Fakta Menarik Santa Claus di Kehidupan Nyata

Memasuki momen perayaan Natal dan Tahun Baru, masyarakat di seluruh dunia selalu disibukkan dengan berbagai persiapan pesta bersama orang-orang terdekat. Mereka akan menghias setiap sudut rumah dengan beraneka ornamen warna-warni dan lampu-lampu cantik. Tak ketinggalan sebatang pohon cemara hias dan kotak-kotak berisi hadiah untuk dibagikan.

Perayaan Natal juga merupakan sesuatu yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Pasalnya, momen Natal adalah waktu dimana Santa Claus akan membagikan hadiah kepada anak-anak yang sudah berperilaku baik sepanjang tahun.
Siapa sebenarnya sosok Santa Claus itu? Apakah dia benar-benar datang dari kutub dan terbang menggunakan kereta rusa? Tentu saja tidak. Tapi dia memang benar-benar pernah hidup di dunia nyata pada abad ke-3 masehi. Begini kisahnya:

1. Berasal dari Turki

article image

Image source: stjamesfarmington.org

Santa Claus sejatinya bernama Saint Nicholas (Santo Nicholas), seorang uskup Kristen Yunani baik hati yang senang berbagi. Ia lahir pada sekitar tahun 280. Santo Nicholas berasal dari Myra, Lycia, Anatolia Byzantium (sekarang Turki).
Semasa hidupnya Santo Nicholas dikenal sebagai sosok yang pemurah. Ia pernah membantu tiga gadis miskin dengan memberi satu karung berisi emas melalui jendela rumah mereka secara diam-diam.

2. Penampilan Fisik Asli

article image

Image source: wikipedia.com

Santa Claus yang kita kenal memiliki perawakan gempal, berkulit putih, dan berjanggut putih panjang. Tapi sejumlah ilmuwan yang sempat merekonstruksi ulang wajah Santo Nicholas menduga kuat bahwa fisik Sang Santa justru berkulit sewarna minyak zaitun seperti orang-orang Yunani pada umumnya.
Ia juga memiliki mata cokelat, rambut berwarna abu-abu, dan kemungkinan hidungnya cacat mengingat pada masa itu orang-orang Kristen sering dianiaya saat Kaisar Diocletian berkuasa.

3. Memiliki Banyak Mukjizat

article image

Image source: serbianaart.com

Walaupun namanya tidak disebut dalam alkitab, Santo Nicholas tetap lah populer dan banyak gereja yang mendedikasikan diri atas jasa-jasanya. Sekurang-kurangnya ada 2.400 gereja di Prancis, Jerman, dan Inggris telah mengabadikan sosok Santo Nicholas.
Santo Nicholas memiliki julukan “Nicholas the Wonderworker”, karena konon ia memiliki banyak mukjizat yang ia gunakan untuk membantu orang-orang. Beberapa kisah mengatakan ia pernah menenangkan badai, menyelamatkan tiga prajurit dari hukuman mati, sampai menebang pohon yang dihuni setan.

4. Pelindung Para Pelaut

article image

Image source: tonsoffacts.com

Di periode awal penyebaran agama Kristen, bangsa-bangsa yang menganut agama ini menganggap orang-orang utara, khususnya bangsa Viking, merupakan musuh besar yang harus dimusnahkan. Baik penganut Kristen atau orang-orang Viking saling membenci satu sama lain pada masa itu.

Kendati begitu, Santo Nicholas justru dianggap sebagai pelindung. Erik the Red dan Christian Leif Eriksson adalah pelaut Viking terkenal yang menemukan daratan Greenland pertama. Pada awal abad ke-12, keduanya bahkan membangun gereja katedral yang didedikasikan untuk Santo Nicholas.

Kamu harus cek beberapa artikel natal terkait di Gotomalls.

Articles

5. Memiliki Kembaran ‘Jahat’

article image

Image source: syfy.com

Seperti yang sudah kita bahas di awal, Santa Claus adalah sosok yang baik hati dan senang berbagi. Ia akan memberikan hadiah kepada anak-anak yang sudah berkelakuan baik sepanjang tahun.

Tapi ternyata Santa Claus juga memiliki kembaran yang bersifat jahat. Dalam cerita rakyat Eropa Tengah, “Krampus”, begitulah orang-orang menyebutnya, memiliki tanduk berbentuk mirip kambing. Jika Santa menghadiahi anak-anak baik pada hari Natal, Krampus justru akan menghukum anak-anak nakal.

6. Jenazah Santa Direbut Pelaut Italia

article image

Image source: hannenabintuherland.com

Beberapa abad setelah Santo Nicholas wafat, tepatnya pada tahun 1087, sekelompok orang melakukan ekspedisi untuk menemukan pemakaman-pemakaman orang suci.
Salah satu makam yang mereka temukan ternyata milik Santo Nicholas. Ketika mereka membawa pergi jenazahnya, mereka dicegat oleh pelaut Italia yang kemudian merebut jenazah Sang Santa. Hingga kini, jenazah Santo Nicholas masih tersimpan rapat di Kota Bari, Italia.

Itulah 6 fakta menarik seputar Santa Claus atau Santo Nicholas. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik seputar gaya hidup dan hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia.

Articles

Malls

Brands

featured Image source: sisustuskauppa.com