9 Fakta Menarik Tentang Google yang Jarang Diketahui

Siapa sih yang enggak tahu Google? Semua orang yang pernah mengakses internet hampir bisa dipastikan pernah menggunakan layanan pencarian terbesar di dunia ini. Google kini sudah bukan sekadar mesin pencarian saja, tapi sudah menjelma menjadi raksasa teknologi, khususnya di bidang teknologi internet. Google pertama kali diciptakan pada tahun 1998 oleh dua pemuda yang kini menjadi tokoh besar, yaitu Larry Page dan Sergey Brin.
Walaupun Google sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di seluruh dunia, ternyata masih ada beberapa hal yang jarang diketahui mengenai seluk beluk penguasa jagat internet ini. Seperti yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, berikut 9 fakta menarik tentang Google yang jarang diketahui:

1. Terlahir Dengan Nama BackRub

article image

Image source: logolynx.com

Seandainya Page dan Brin tidak mengubah nama mesin pencarian yang mereka ciptakan, mungkin saat ini kita tidak akan mengenal istilah Google, melainkan BackRub! Ya, awalnya Google bernama “BackRub”, yang secara istilah berarti “pijat punggung”. Barulah pada tahun 97’ mereka mengganti BackRub menjadi “Google”, dan masih tetap bertahan sampai sekarang.

2. Dimulai dari Sebuah Garasi

article image

Image source: mondrian.mashable.com

Sebelum mereka pindah dan menetap di Mountain View pada tahun 2003, Page dan Brin mengawali perjalanan mereka dari sebuah garasi di Menlo Park, CA, yang mana garasi tersebut merupakan milik salah seorang teman mereka, yaitu Susan Wojcicki. Tidak ada yang menyangka kalau di garasi tersebut telah lahir salah satu perusahaan terbesar sepanjang sejarah. Wojcicki sendiri sekarang telah menjabat menjadi CEO Youtube.

3. Peluncuran Produk Google

article image

Image source: dw.com

Tak memakan waktu lama setelah didirikan, Google mengalami fase pertumbuhan yang sangat signifikan, mereka pun berhasil meluncurkan produk-produk yang saat ini telah banyak digunakan oleh semua orang di seluruh dunia seperti Google News (2002), Gmail (2004), Google Maps (2005), Google Android (2007), Google Chrome (2008), Google+ (2011), dan masih banyak lagi. Belakangan ini, Google juga telah mengeluarkan produk terbarunya, yaitu smartphone dalam seri Pixel.

4. Media Penyimpanan Pertama

article image

Image source: twitter/donlday

Per tahun 2015, Google telah memiliki 14 Data Center yang menjadi tempat penyimpanan seluruh data milik pengguna Google dari seluruh penjuru dunia. Sistem-sistem komputer di sana menjalankan lebih dari 100.000 server yang meliputi seluruh dunia dan saling berinteraksi satu sama lain dalam kecepatan dahsyat, yaitu 10 GB/detik pada jaringan 'Jupiter'. Tapi, sebelum Google memiliki infrastruktur jaringan maha canggih tersebut, awalnya mereka hanya mempunyai media penyimpanan sebesar 40 GB saja. Memori itu terbuat dari Lego warna-warni yang disusun sedemikian rupa dan terdiri dari 10 hard drive dengan masing-masing kapasitas 4 GB. Bayangkan, hard drive sebesar 40 GB sempat menjadi pusat data mesin pencarian terbesar di dunia. Seukuran memori smartphone zaman sekarang!

5. Google Doodle

article image

Image source: Engadget

Mungkin masih ada yang penasaran dengan logo-logo unik yang kadang muncul pada laman homepage Google. Pada saat-saat tertentu, logo Google sering berubah tiba-tiba dengan ikon-ikon tertentu. Perubahan tersebut disebabkan oleh salah satu fitur Google, yaitu Google Doodle. Jika suatu hari logo homepage Google kita berubah, itu berarti hari tersebut merupakan hari untuk memperingati suatu peristiwa penting ataupun tokoh besar. Sampai saat ini, Google Doodle telah menampilkan lebih dari 2.000 ikon tertentu pada homepage Google!

6. Indeks Mencapai 1 Miliar Halaman Dalam Satu Hari

article image

Image source: searchengineland.com

Setelah Google menjelma menjadi mesin pencarian terbesar yang paling banyak digunakan di dunia, pada 26 Juni 2000 Google berhasil mencatat pencapaian pertamanya. Untuk pertama kalinya, Google telah mencapai indeks pencarian hingga 1 miliar halaman dalam kurun waktu satu hari.

7. Akuisisi Youtube

article image

Image source: banten.co

Pada tahun 2006, secara resmi Youtube telah menjadi bagian dari keluarga besar Google melalui proses akuisisi senilai $1,65 miliar atau setara 23 triliun rupiah (kurs 18 Juli 2019). Sekarang, sudah terdapat lebih dari 400 jam video yang diunggah setiap menit di Youtube, dengan lebih dari 1,9 miliar pengguna setiap bulannya.

8. Google Translate Menerjemahkan 143 miliar Kata Setiap Harinya

article image

Image source: techmymoney.com

Salah satu layanan Google yang paling banyak digunakan selain mesin pencarian informasinya adalah Google Translate, sebuah layanan penerjemahan otomatis yang telah menjangkau lebih dari 100 bahasa di dunia. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Fakta menariknya adalah, Google Translate digunakan oleh 500 juta orang lebih dan menerjemahkan lebih dari 143 miliar kata setiap harinya!

9. Arti Kata “Google”

article image

Image source: blog.sagipl.com

Tahukah kamu, istilah “Google” sebenarnya berasal dari kata “googol”, menurut Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS, googol merupakan penyebutan angka satu (1) yang diikuti seratus angka nol (0). “Googol” adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan sebuah bilangan yang tidak terhingga. Bilangan yang melebihi miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini, konon tidak ada satu pun materi yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, partikel debu, dan tidak pula atom.
Pada awalnya, Page dan Brin sempat berniat menjual BackRub, tapi tidak ada yang mau menerimanya. Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengganti nama mesin mereka menjadi “Googol”. Namun saat mereka hendak membeli domain, terjadi kesalahan teknis dalam pengetikan namanya, hingga berubah menjadi “Google”. Istilah “Google” merupakan cerminan dari kata “googol”, yang mengandung makna filosofis sebagai sesuatu yang meliputi segala hal yang sangat luas dan tidak terbatas. Hal seperti itu terdapat dalam dunia cyber, tempat informasi mengalir tanpa batas.


Itulah kesembilan fakta menarik tentang google yang jarang diketahu. Melihat penjelasan di atas membuat kita sadar, ternyata masih banyak hal yang belum kita ketahui di jagat internet ini. Namun jangan khawatir, karena kita masih akan terus menelusuri info-info menarik lainnya dalam pembahasan selanjutnya hanya di GoToMalls.com! Selalu sempatkan waktumu untuk cek website Gotomalls.com platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia. Banyak informasi mengenai merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Articles

featured image source: yaminpm.com