Fakta Menarik Tentang Negara Singapura

Singapura kembali menjadi negara paling kompetitif nomor wahid di dunia untuk kedua kalinya sejak tahun 2019. Pengakuan ini berdasarkan ranking yang dirilis Institute for Management Development (IMD), yang ditentukan oleh ratusan indikator meliputi data kuantitatif maupun kualitatif.

Sebagai negara berdaya saing terkuat di dunia, sudah barang tentu banyak fakta menarik tentang negara Singapura yang bisa kita tilik.

Bukan cuma terkenal sebagai negara paling aman dan bahagia saja, Singapura juga menyimpan hal-hal unik yang mungkin tidak pernah kamu sangka. Mau tahu apa saja hal menarik tersebut? Berikut informasinya:

1. Sebagian Besar Warganya Tinggal di Apartemen

article image

Image source: metropolismag.com

Lain halnya dengan kondisi di Indonesia, dimana masyarakat bisa membeli rumah dengan berbagai keringanan angsuran lengkap dengan hak kepemilikannya.

Di Singapura, rumah mewah sekalipun statusnya tetap milik pemerintah. Belum lagi harganya yang tergolong sangat mahal. Oleh sebab itu, banyak warga Singapura yang memilih tinggal di apartemen.

Apartemen di Singapura digarap langsung oleh pemerintah bersama Housing & Development Board (HDB). Tidak kurang dari 80 persen warganya tinggal di hunian yang disediakan pemerintah ini.

2. Banyak Hukuman Denda Bagi Pelanggaran di Tempat Umum

article image

Image source: HR ASIA

Fakta menarik tentang negara Singapura berikutnya berkaitan dengan ketertiban publik. Bagi siapapun yang baru pertama kali menginjakan kaki di Singapura, sebaiknya pegang erat buku pedoman atau sejenisnya. Pasalnya, banyak sekali hukuman denda bagi pelanggaran di tempat umum.

Mulai dari buang sampah sembarangan, menyeberang tidak pada tempatnya, bahkan mengunyah dan membuang sisa permen karet sembarangan pun bisa dikenai denda yang cukup mahal.

Singapura sejak lama terkenal sangat ketat terkait kedisiplinan publik. Maka tak heran jika orang-orang disana sangat tertib dan taat aturan.

3. Nama ‘Singapura’ Dicetuskan Oleh Pangeran Sriwijaya

article image

Image source: Timeout.com

Konon, nama ‘Singapura’ dicetuskan pertama kali oleh Sang Nila Utama, salah satu Pangeran Sriwijaya dari Palembang. Pada masanya, kawasan Singapura memang masih termasuk daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, sebelum akhirnya diambil alih kerajaan Chola.

Semuanya berawal saat Sang Pangeran berburu di Kuala Temasek bersama anak buahnya. Kemudian, ia menemukan sesosok hewan aneh mirip singa.

Karena singa dianggap sebagai tanda keberuntungan, maka Sang Nila Utama memutuskan untuk mendirikan kota baru di wilayah Temasek bernama ‘Singapura’.

4. Wajib Menikah Ketika Usia Sudah di Atas 30 Tahun

article image

Image source: The Jakarta Post

Selayaknya masyarakat di negara-negara maju pada umumnya, warga Singapura cenderung menunda pernikahan dan lebih fokus dengan urusan karir.

Oleh sebabnya, demi mendorong pertumbuhan penduduk, pemerintah mewajibkan orang-orang yang sudah berusia di atas 30 tahun untuk menikah.

Kebijakan ini diterapkan pemerintah Singapura salah satunya dengan bekerja sama dengan agen biro jodoh Social Development Unit (SDU) untuk membantu para warga menemukan pasangan yang tepat.

5. Negara Singapura Sangat Menyukai Toilet dan Mempelopori Hari Toilet Sedunia

article image

Image source: Suara.com

Fakta menarik tentang negara Singapura ini cukup unik, dimana toilet begitu diindahkan dan dijaga penggunaannya. Pemerintah Singapura bahkan pernah mengajukan resolusi PBB untuk menetapkan Hari Toilet Sedunia yang diperingati setiap tanggal 19 November.

Resolusi ini ternyata mendapat jawaban yang positif dengan dukungan dari 122 negara lainnya. Selain itu, Singapura juga menjadi lokasi pembentukan Organisasi Toilet Dunia pada tahun 2001.


Selain terkenal dengan kemajuan dan kualitas hidupnya yang tinggi, Singapura juga memiliki sisi lain yang tidak kalah menarik. Demikianlah 5 fakta menarik tentang negara Singapura. Simak juga info dan tips lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Mall

Brand

Artikel

Featured image source: mediapolisjournal.com