7 Fakta Unik Tentang Anak Kuliah di Indonesia

Memasuki tahun angkatan baru, anak-anak SMA yang baru saja lulus biasanya akan disibukkan dengan berbagai persiapan untuk mendaftar di perguruan tinggi favoritnya masing-masing. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, ada baiknya kalau kamu mencari tahu berbagai informasi unik tentang fakta-fakta kehidupan anak kuliah di Indonesia, seperti yang akan kita bahas kali ini!
Tahukah kamu perbedaan kehidupan anak kuliah di Indonesia dengan di luar negeri? Walaupun secara umum terlihat begitu-begitu saja dan tidak menunjukkan perbedaan berarti, kondisi sosial dan kebudayaan yang berbeda membuat kehidupan anak kuliah di Indonesia terlihat sedikit unik. Keunikan-keunikan tersebut biasanya masih berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari di kampus atau kebiasaan-kebiasaan lainnya. Kira-kira apa saja fakta unik anak kuliah di Indonesia? Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

1. Kupu-Kupu

article image

image source: hipwee.com

Di kampus mana pun di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan jargon yang satu ini, kupu-kupu yang dimaksud di sini bukanlah serangga bersayap indah yang sering nongkrong di taman bunga, melainkan kependekan dari “Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang”. Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak kan maksud dari istilah ini. Kupu-kupu di lingkungan kampus identik dengan para mahasiswa yang tidak terlalu aktif atau menonjol alias biasa-biasa saja.
Aktivitas mereka di kampus tidak lebih dari sekedar datang ke kelas, mendengar ceramah dosen, dan begitu jam pulang sudah tiba, mereka akan langsung kembali ke rumahnya masing-masing. Para mahasiswa “kupu-kupu” ini jarang sekali bertanya selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung, mereka melaksanakan kewajiban kuliahnya hanya sebatas apa yang diminta dosen saja, tidak lebih.

2. Bandar Film

article image

image source: freepik.com

Fakta unik berikutnya adalah si bandar film. Sama halnya seperti mahasiswa “kupu-kupu”, mahasiswa tipe ini mudah dijumpai di kampus mana pun di pelosok negeri ini. Mereka biasanya selalu membawa laptop atau notebooknya setiap hari, tapi bukan untuk mengerjakan tugas, melainkan untuk download film dengan fasilitas Wi-Fi kampus!

Kalau kamu cek folder-folder di perangkat laptop/notebook mereka, kamu akan menemukan banyak sekali koleksi film, apalagi kalau dia penggemar serial drama Korea. Selain itu, mereka juga sering membagi-bagikan film koleksinya, bahkan tidak jarang ada yang menerima request khusus untuk yang malas mengunduh film.

3. Kunang-Kunang

article image

image source: nyero.id

Kalau di awal tadi kupu-kupu, sekarang kunang-kunang, tapi bukan serangga malam yang bisa mengeluarkan cahaya itu ya. Kunang-kunang di sini adalah akronim dari “Kuliah-Nangkring-Kuliah-Nangkring”. Mahasiswa “kunang-kunang” biasanya mudah dijumpai di kantin kampus atau di kafe-kafe Instagramable yang sedang populer.

Aktivitas mereka sehari-hari tidak lepas dari kampus-kantin-kafe, bahkan kalau mereka membolos dari jam kuliah, biasanya mereka akan menghabiskan waktu di tempat-tempat tersebut. Buat para calon mahasiswa baru, kebiasaan yang satu ini sebaiknya kamu hindari ya! Selain boros, kuliahmu bisa-bisa terbengkalai karena kebanyakan nongkrong.

4. Mahasiswa Gaib

article image

image source: flikcr.com

Mahasiswa gaib? Dari namanya saja sudah memancing rasa penasaran, bagaimana dengan orangnya? Sesuai dengan julukannya, para mahasiswa ini keberadaannya tidak bisa ditebak, nama mereka tercantum dalam absen, tapi orangnya tidak ada di kelas. Lalu di mana para mahasiswa gaib ini berada?

Di setiap kampus pasti ada saja mahasiswa-mahasiswa tipe ini, mereka punya kebiasaan menitipkan absen kepada teman sekelasnya, tapi mereka tidak datang ke kelas untuk mengikuti kuliah. Paling-paling mereka ada di warnet atau sedang kumpul dengan sesama “makhluk gaib” sambil bermain game online. Buat kamu yang masih suka “bermain gaib”, insaf yuk!

5. Kura-Kura

article image

image source: uta45jakarta.ac.id

Di awal kita sudah membahas tentang kupu-kupu, kemudian kunang-kunang, dan kali ini ada kura-kura. Ada-ada saja ya istilah-istilah unik di lingkungan mahasiswa Indonesia! Sama seperti kupu-kupu dan kunang-kunang, kura-kura digunakan untuk menyebut tipe mahasiswa tertentu. Kura-kura di sini adalah kependekan dari “Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat”. Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak tipikal mahasiswa yang satu ini kan?
Para “kura-kura” ini adalah mahasiswa aktif yang selalu mengikuti berbagai kegiatan kampus seperti UKM, BEM, atau HM, bahkan ada pula yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan demonstrasi. Mahasiswa “kura-kura” juga bisa dikenali dengan mudah, karena biasanya mereka selalu mengenakan almamater kampus.

6. Mahasiswa Abadi

article image

image source: myuvn.com

Mungkin kamu sudah sering dengar istilah yang satu ini, tipikal mahasiswa yang konon tidak lulus-lulus setelah kuliah bertahun-tahun. Istilah “mahasiswa abadi” tidak selamanya berkonotasi negatif, tapi karena sebagian besar tipe mahasiswa ini terlihat malas di kampus, akhirnya orang-orang menganggap bahwa mereka adalah mahasiswa yang malas selalu mengabaikan kuliahnya, padahal itu tidak benar.
Mahasiswa abadi belum tentu bermalas-malasan, sebagian dari mereka ada yang kuliah sambil bekerja atau menjalankan bisnis, bahkan ada juga yang sedang meniti karier profesional tertentu sehingga fokus mereka terbagi dua. Umumnya, mahasiswa abadi adalah mereka yang sudah sampai di semester akhir dan sedang menyusun skripsi, namun belum kunjung selesai hingga beberapa semester berikutnya.

7. Mahasiswa Pemimpi

article image

image source: blogs.edweek.org

Saking fokus dengan mimpinya, sampai-sampai para mahasiswa tipe ini sering melewatkan jam kuliah, tapi bukan dengan membolos atau pura-pura sakit, melainkan karena tertidur pulas pada saat kuliah berlangsung. Ya, mereka adalah mahasiswa-mahasiswa yang sering tidur di kelas.
Orang-orang seperti ini sebenarnya tidak hanya ditemukan di lingkungan perkuliahan, tidak jarang di sekolah-sekolah atau lingkungan kerja sekalipun ada tipe orang seperti ini. Buat kamu para calon mahasiswa baru, sebaiknya kamu hindari terlalu banyak begadang ya, supaya kamu tidak disebut mahasiswa pemimpi.

Biar semakin semangat kuliah kamu bisa membeli sepatu baru.

Sepatu Adidas Royale Coklat

article image

Beli Sekarang


Itulah 7 fakta unik tentang anak kuliah di Indonesia. Walaupun masa-masa kuliah adalah saat di mana seseorang mulai serius dengan rencana kehidupannya kelak, hal-hal seperti di atas tidak bisa kita hindari, selalu saja ada kenangan unik yang akan berbekas setelah kita meninggalkan lingkungan kampus.

Malls

Articles

Articles