Fenomena Alam yang Terjadi di Musim Dingin

Musim dingin memiliki keunikan yang jarang kita temukan pada musim lainnya. Orang biasa menyebutnya fenomena alam. Tidak heran banyak traveler memilih untuk melakukan perjalanan wisata pada musim tersebut.

Berikut ini beberapa fenomena alam luar biasa yang biasa terjadi saat musim dingin. Adakah yang terjadi di Indonesia?

1. Danau Abraham di Banff National Park, Kanada

article image

Image source: timswww.com.au

Danau Abraham terletak di antara pegunungan Rockies Kanada yang tertutup salju di Alberta. Ketika musim panas, danau ini tidak pernah digunakan untuk berenang karena sering berangin dan cukup dingin.

Namun akan berbeda cerita ketika berkunjung di musim dingin. Kamu akan melihat fenomena alam luar biasa. Fenomena ini hanya terjadi ketika danau membeku. Ketika itu kamu bisa melihat pemandangan layaknya gelembung udara yang membeku di bawah danau.

Sayangnya itu bukanlah gelembung udara. Gelembung tersebut merupakan gelembung metana yang terbentuk secara alami dan membeku selama musim dingin. Pemandangan tidak biasa ini kerap menjadi daya tarik wisatawan untuk sekedar mengabadikan foto atau bermain seluncur es.

2. Gua Es di Tepi Danau Apostle Islands National, Wisconsin, Amerika Serikat

article image

Image source: sctimes.com

Melihat gua mungkin sudah bisa, namun bagaimana dengan gua beku? Ini merupakan salah satu fenomena alam mengesankan. Terletak di pantai utara Wisconsin, gua es ini terbentuk saat musim dingin yang membekukan danau.

Di sana kamu bisa melihat keindahan fenomena alam gua-gua besar yang dilapisi es indah. Ukurannya jauh lebih besar dari yang kamu bayangkan. Gua indah itu terbentuk lebih dari ribuan tahun lalu dari gletser, saat ini mulai basah akibat gelombang air dari Danau Superior.

Gletser tersebut membeku membentuk tumpukan es dan menjadi gua es yang indah.

3. Aurora Borealis - The Northern Lights

article image

Image source: timeout.com

Fenomena cahaya utara ini cukup terkenal di dunia. Pemandangan aurora nan cantik ini bisa ditemukan dari Alaska ke Finlandia, Kanada dan bahkan kadang-kadang terlihat di 48 negara bagian barat. Aurora Borealis, atau Cahaya Utara, menerangi langit malam dengan segala macam warna. Hijau adalah yang paling umum.

Fenomena ini terjadi akibat gas atmosfer bumi berinteraksi dengan partikel lain yang dipancarkan oleh matahari. Musim dingin menjadi waktu terbaik untuk melihat aurora ini. Aurora Borealis bisa terlihat di sekitar wilayah utara, Alaska, Kanada, Norwegia, Islandia, dan Finlandia.

4. Sailing Stones di Death Valley

article image

Image source: arstechnica.com

Death Valley merupakan rumah bagi fenomena alam paling aneh yang terjadi di musim dingin. Pada musim dingin, tempat yang sangat panas ini berubah menjadi benar-benar dingin. Pada kondisi tertentu, luapan kecil uap air membentuk lapisan es sangat tipis di berbagai tanah retak dari dasar danau yang kering.

Bertahun-tahun lalu, seseorang pernah memperhatikan jika batu-batu di danau kering tersebut bergerak dengan sendirinya dan meninggalkan jejak lumpur di belakang. Selama bertahun-tahun, banyak ilmuwan gagal menemukan penjelasan sampai baru-baru ini, sebuah penelitian melaporkan jika fenomena tersebut terjadi karena adanya lapisan es setebal satu milimeter yang terbentuk selama musim dingin.

5. Air Terjun Lava, California's Yosemite National Park

article image

Image source: trillist.com

Punya agenda jalan-jalan ke Taman Nasional Yosemite di California? Mungkin kamu bisa menunggu saat musim dingin tiba untuk melihat fenomena indah ini. Air terjun lava ini biasa terjadi pada bulan Februari.

Pada saat matahari tenggelam di bulan tersebut dan ketika kondisinya tepat, air terjun yang indah dengan percikan air derasnya akan berubah menjadi “air terjun lava”. Air terjun tersebut menyala memantulkan irisan vertikal sempurna seperti lava yang dihasilkan dari pantulan sinar matahari.

6. Sun Pillars, Kanada

article image

Image source: earthsky.com

Kanda mungkin bisa dinobatkan sebagai gudangnya fenomena menakjubkan yang terjadi saat musim dingin. Salah satunya adalah sun pillars. Fenomena ini sebenarnya dapat dilihat dari negara lain, namun Kanada adalah tempat paling indah.

Sun pillars terbentuk karena pantulan cahaya matahari oleh kristal es di atmosfer atau awan yang berada pada ketinggian tertentu. Pilar-pilar indah yang tampak vertikal ini hanyalah ilusi optik. Waktu terbaik melihat sun pillars di Kanada adalah sebelum matahari terbenam dan sesudah matahari terbit.

Sayangnya di Indonesia belum ada fenomena luar biasa yang terjadi ketika musim dingin tiba. Jadi jika kamu ingin melihat fenomena tak biasa di atas, perbanyak menabung ya!

Malls

Articles