Festival Budaya

Negara kita memiliki keragaman budaya dan tradisi yang sangat kaya. Berbeda wilayah, berbeda pula budaya yang dianut oleh penduduknya. Maka tak heran jika di Indonesia terdapat banyak sekali prosesi adat atau perayaan bertema kebudayaan yang unik.

Kekayaan budaya sudah menjadi aset bangsa yang bernilai tinggi, lihat saja bagaimana para wisatawan asing sering dibuat terkesima dengan pergelaran-pergelaran festival budaya di Indonesia. Seperti halnya 5 festival budaya yang sudah mendunia berikut ini!

1. Dieng Culture Festival (DCF)

article image

Image source: Lingkar Jateng

Dieng Culture Festival (DFC) adalah salah satu festival budaya terbesar di Indonesia yang selalu sukses mendapatkan ribuan pengunjung. Mulai dari wisatawan lokal hingga internasional, turut menyaksikan rangkaian acara di kawasan dataran tinggi Dieng ini.

Acara utama di Dieng Culture Festival adalah tradisi pemotongan rambut gimbal anak-anak setempat. Seperti yang diketahui, sebagian anak-anak yang lahir di dataran tinggi Dieng tumbuh besar dengan rambut gimbal. Menurut tradisi lokal disana, mereka ini merupakan titisan Kyai Kolodete dan Nini Roro Ronce.

Selain upacara pemotongan rambut, DFC juga turut dimeriahkan dengan sejumlah pertunjukan rakyat yang sangat meriah, seperti atraksi tarian, musik, dan sebagainya.

2. Festival Danau Toba

article image

Image source: Indonesia Traveller Guide

Festival Danau Toba di Sumatera Utara merupakan sebuah pesta rakyat yang digelar sebagai wujud puji syukur masyarakat sekitar terhadap eksistensi Danau Toba yang telah mendatangkan sumber penghidupan bagi mereka. Festival budaya ini mengangkat tema lokal, pariwisata, serta olahraga.

Setiap kali Festival Danau Toba digelar, ribuan pengunjung selalu hadir untuk menyaksikan berbagai atraksi menarik yang disuguhkan, mulai dari tarian-tarian tradisional, hingga pameran busana khas Sumatera Utara.

3. Pawai Ogoh-Ogoh Bali

article image

Image source: balipost.com

Melihat sosok Ogoh-Ogoh berukuran gigantis yang diarak keliling kampung oleh warga setempat merupakan sesuatu yang sayang untuk dilewatkan. Pawai Ogoh-Ogoh biasa diselenggarakan menjelang Hari Nyepi oleh masyarakat Bali. Tradisi ini digelar dalam rangka mengusir roh-roh jahat di lingkungan sekitar.

Selama jalannya pawai, sepanjang sisi jalan selalu dipenuhi oleh wisatawan yang antusias menyaksikan berbagai wujud Ogoh-Ogoh silih berganti. Pada puncaknya, warga akan membakar figur tersebut tersebut sebagai simbol kemenangan Dharma (kebaikan) atas Adharma.

4. Festival Sekaten

article image

Image source: tirto.id

Sebagai salah satu kerajaan yang masih eksis sampai hari ini, Keraton Yogyakarta rutin menggelar berbagai ritual turun-temurun yang sudah dilakukan sejak lama. Salah satunya adalah Sekaten, yang diselenggarakan untuk memperingati Maulid nabi Muhammad SAW.

Festival budaya ini diisi dengan serangkaian prosesi adat yang melibatkan masyarakat luas, mulai dari arak-arakan “Tujuh Gunungan” (hasil alam) hingga iringan musik Gejog Lesung. Di akhir acara, masyarakat yang menonton akan saling berebut mengambil Tujuh Gunungan karena diyakini mampu membawa keberkahan.

5. Pekan Batik Nusantara Pekalongan

article image

Image source: Phinemo.com

Pekan Batik Nusantara tergolong festival budaya baru jika dibandingkan dengan festival-festival sebelumnya. Namun, event ini mampu mengangkat budaya lokal lebih dikenal di mata dunia. Pekan Batik Nusantara digelar dalam rangka melestarikan tradisi Batik Nusantara melalui serangkaian acara seperti pameran, talkshow, workshop, hingga fashion show.

Biasanya, Pekan Batik Nusantara digelar setiap menjelang akhir tahun di Pekalongan, Jawa Tengah. Kota ini memang sejak lama dikenal sebagai salah satu produsen batik yang paling tersohor.


Nah, demikianlah 5 festival budaya di Indonesia yang sudah mendunia. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Mall

Artikel

Featured image source: benyaminlakitan.wordpress.com