Berikut 6 Film Dokumenter Terbaik Wajib Tonton

Film dokumenter merupakan film yang dibuat berdasarkan kisah nyata atau based on true story. Film dokumenter bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga memberikan wawasan kepada penonton dan bermanfaat. Kamu akan mendapat banyak hal dan pesan positif yang disampaikan dalam film dokumenter.

Kalau kamu penasaran dengan genre film yang unik ini, Gotomalls sudah merangkum beberapa judul film dokumenter terbaik yang wajib kamu tonton. Yuk simak deretan judul film dokumenter terbaik berikut ini.

The Act of Killing (2012)

Film dokumenter terbaik pertama yang harus kamu tonton adalah The Act of Killing yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer. Film dokumenter ini menceritakan tentang pembantaian yang terjadi di Medan pada 1965 terhadap siapa saja yang dituduh sebagai PKI.

Menariknya, film ini mengambil sudut pandang dari pelaku pembunuhan yakni seorang preman senior bernama Anwar Congo. Uniknya lagi, Joshua membuat film tentang Anwar yang membuat film tentang sejarah dirinya dan kawan-kawan terkait 1965. Boleh dibilang The Act of Killing merupakan film dalam film.

Jika kamu ingin melihat sejarah Indonesia dari sisi lain, film dokumenter ini wajib banget masuk daftar kamu. Film ini akan membuka pikiran kamu mengenai hal-hal kejam yang pernah terjadi pada 1965.

Jiro Dreams of Sushi (2011)

Jiro Dreams of Sushi mengisahkan perjalanan sang maestro sushi, Jiro Ono dalam mengelola kedai sushi Sukiyabashi Jiro bersama putranya, Yoshikazu. Film dokumenter yang disutradarai oleh David Gelb ini mendapat respons positif karena memberikan gambaran perjalanan karier Jiro Ono dengan sangat detail.

Kamu akan melihat keseharian Jiro, mulai dari memilih bahan segar, melayani pelanggan, perjalanan karier, filosofi bisnis hingga keputusan Jiro membuat kedai serupa di Roppongi. Bahkan kamu bisa melihat rahasia Jiro yang mengubah kedai mungil miliknya menjadi restoran dengan tiga bintang Michelin sampai-sampai membuat orang harus menunggu sebulan untuk menikmati sushi seharga ratusan dolar.

Gelb menggabungkan narasi video dengan dokumentasi foto dan wawancara untuk menyusun kaleidoskop dari sebuah bisnis sushi. Melalui film dokumenter terbaik ini, kamu akan melihat bagaimana Jiro berusaha untuk mengejar kesempurnaan dalam pekerjaannya.

The Overnighters (2014)

Film dokumenter terbaik berikutnya adalah The Overnighters yang mengambil latar cerita sebuah kota kecil bernama Williston di wilayah Dakota Utara. Jumlah penduduk di kota ini melonjak drastis setelah ditemukannya sumber minyak di kota tersebut.

Pendatang berdatangan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Di sisi lain, para penduduk lokal tidak menyukai hal tersebut dan menolak pendatang. Hanya Jay Reinke, seorang pastor, yang menerima pendatang dan mengizinkan mereka tinggal sementara di gereja.

Film dokumenter yang akan menyentuh hati kamu ini telah mendapat banyak penghargaan. Sebagian pendapatan film ini disumbangkan ke badan amal di Dakota Utara.

Kurt Cobain: Montage of Heck (2015)

Penggemar Kurt Cobain tentu tidak akan melewatkan film dokumenter ini. Kurt Cobain: Montage of Heck merupakan film dokumenter tentang Kurt Cobain pertama yang dikerjakan bersama keluarganya. Perlu waktu panjang hingga film ini berhasil ditayangkan pada 24 April 2015.

Film dokumenter ini sungguh personal karena memperlihatkan rekaman, coretan, tulisan dan catatan pribadi Kurt Cobain yang belum pernah dipublikasi sebelumnya, termasuk beberapa rekaman pribadi Kurt dan istrinya, Courtney. Film ini juga mengisahkan proses seorang Kurt kecil yang ceria menjadi remaja yang murung dan anti sosial dan kemudian menemukan pelarian pada musik.

Film ini pantas disebut sebagai salah satu film dokumenter terbaik yang akan membuat kamu tersentuh dan mengacak-acak hati. Kamu akan melihat Kurt yang mengalami keterpurukan mental, menemukan cinta pada diri Courtney hingga kesukaan mereka pada heroin.

Super Size Me (2004)

Super Size Me merupakan film dokumenter dengan konsep unik yang ditulis, disutradarai dan dibintangi oleh Morgan Spurlock. Pembuat film independen asal Amerika Serikat ini membuat dokumentasi tentang percobaan ekstrem yang ia lakukan, yakni hanya memakan makanan dari restoran cepat saji McDonald selama 30 hari. Tujuannya adalah untuk mengetahui perubahan apa yang terjadi pada tubuhnya setelah melakukan percobaan itu.

Awalnya Morgan berada dalam kondisi prima. Selama percobaan berlangsung, ia didampingi oleh tiga orang dokter, seorang ahli gizi, dan seorang personal trainer dan hanya boleh berjalan sebanyak orang Amerika rata-rata berjalan kaki setiap harinya, yakni 5000 langkah.

Penasaran dengan apa yang terjadi pada Morgan dengan makan menu cepat saji setiap hari? Tonton film dokumenter terbaik ini karena sangat jauh dari kata membosankan.

Blackfish (2013)

Blackfish merupakan sebutan lain dari orca atau paus pembunuh (killer whale). Gabriela Cowperthwaite menunjukkan sisi gelap yang melingkupi kehidupan para orca itu melalui film dokumenter ini. Cerita berfokus pada Tilikum, orca yang sudah lama menjadi bintang utama atraksi orca di SeaWorld.

Kamu akan melihat para narasumber yang bercerita tentang pengalaman mereka bekerja di SeaWorld dan menjadi pelatih orca. Kamu akan dibuat kagum dengan cerita para pelatih orca ini hingga suasana berubah saat nama Dawn Brancheau disebut. Ia adalah seorang trainer senior berusia 40 tahun yang tewas diserang Tilikum dalam insiden 24 Februari 2010. Beberapa saksi menyebutkan bahwa hal tersebut terjadi karena agresivitas Tilikum dan Dawn bukanlah korban pertama.

Penonton pun diajak untuk menelusuri kejadian-kejadian sebelumnya yang melibatkan Tilikum. Dari sinilah pikiran kita akan terbuka tentang bagaimana hewan-hewan laut itu ditangkap dan dijadikan sebuah komoditi hiburan oleh manusia. Bagi kamu pencinta satwa, sebaiknya jangan melewatkan film dokumenter terbaik ini.


Nah itu dia deretan film dokumenter terbaik yang bisa kamu tonton di waktu senggang. Film-film tadi sarat akan pesan moral dan membuka wawasan kamu mengenai sesuatu yang mungkin selama ini kamu memiliki pandangan keliru terhadap hal tersebut. Film dokumenter terbaik ini juga akan membuat kamu lebih peka terhadap sekitar. Cek juga film lainnya di bawah ini:

Artikel

Jangan lupa kunjungi Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: iradiofm