Film Jadul Indonesia

Perkembangan film tanah air memang begitu melesat. Kini jumlah sineas film di Indonesia semakin banyak dan sukses menayangkan tontonan dengan berbagai genre.

Walau saat ini perfilman Indonesia cukup berjaya, bukan berarti film-film klasik tidak menaik. Bahkan koleksi film lawas Indonesia hingga kini masih banyak yang bisa dinikmati lagi.

Film-film jadul Indonesia ini juga sukses membawa pulang beragam penghargaan bergengsi. Kira-kira apa saja ya film lawas Indonesia tahun 2000an yang menarik ditonton ulang?

1. Petualangan Sherina - 2000

article image

Image source: pikiranrakyat.com

Siapa yang tak kenal dengan film fenomenal ini? Film yang diperankan oleh Sherina Munaf dan Derby Romero ini begitu populer sejak awal kemunculannya.

Berkat film Petualangan Sherina, sang sutradara Riri Riza berhasil membawa pulang beragam penghargaan. Kini film jadul Indonesia terbaik ini juga sudah siap produksi chapter 2 nya setelah melewati 20 tahun lebih.

Petualangan Sherina menceritakan tentang seorang bocah bernama Sherina yang bertemu teman barunya Sadam. Mereka berdua pun memulai petualangan. Namun tanpa sengaja sekelompok penjahat menculik mereka.

Kisahnya yang menarik membuat film Petualangan Sherina jadi tontonan keluarga yang wajib banget disaksikan. Bahkan hingga kini masih sangat menarik untuk dilihat.

2. Joshua Oh Joshua - 2001

article image

Image source: tribunnews.com

Tidak kalah populer dari film sebelumnya. Joshua Oh Joshua juga merupakan film anak yang banyak disukai sejak kali pertama rilis di tahun 2001.

Joshua Oh Joshua diperankan oleh Joshua Suherman yang berperan sebagai Jojo. Film ini menceritakan tentang Jojo yang merupakan pengamen jalanan. Ia memiliki teman baik bernama Jejen.

Sehari-hari mereka hanya menghabiskan waktu membantu orang tuanya untuk memunguti sampah dan mengamen di jalanan. Meski begitu ia sangat pintar.

Perjuangan dua bocah pengamen jalanan ini begitu menarik untuk dilihat karena menampilkan cerita keluarga nan epik. Selain itu akting dari Jojo dan Jejen pun patut diacungi jempol karena sukses beradu akting dengan aktor ternama Anjasmara dan Desy Ratnasari.

3. Ada Apa dengan Cinta - 2002

article image

Image source: kapanlagi.com

Kisah Cinta dan Rangga begitu fenomenal yang membuat siapa saja yang menontonnya langsung baper. Dian Sastrowardoyo dan juga Nicholas Saputra berhasil menjadi ikonik romansa remaja di awal tahun 2000-an.

Film garapan Mira Lesmana dan Riri Riza rilis pada 2002 namun hingga kini film jadul terbaik Indonesia ini masih sangat menyenangkan bila ditonton lagi. Chapter keduanya pun sudah rilis pada 2016 lalu.

Ada Apa dengan Cinta mengisahkan tentang gadis SMA yang sangat populer bernama Cinta. Gadis yang memiliki sifat keras ini tanpa sadar telah jatuh hati dengan pria dingin nan romantis, Rangga.

Mereka awalnya sangat tidak akur dan sering beradu argumen hingga suatu saat Cinta dan Rangga saling suka. Sayang keduanya harus terjebak dalam sebuah dilema.

4. Eiffel I’m in Love - 2003

article image

Image source: tribunnews.com

Film jadul Indonesia ini diangkat dari sebuah novel dengan judul serupa. Eiffel I’m in Love yang rilis pada tahun 2003 ini begitu populer karena beberapa scenenya diambil langsung di Paris.

Sekilas sih ceritanya tidak kalah sweet dari Cinta dan Rangga. Bedanya kisah Tita (Shandy Aulia) dan Adit (Samuel Rizal) berawal dari sebuah perjodohan.

Meski dari perjodohan, Adit diam-diam sudah menyukai Tita yang awalnya kerap mendapatkan perlakuan aneh. Sampai suatu saat ketika mereka berada di Paris Tita dilamar oleh Adit.

Sejak film ini rilis mungkin banyak gadis yang memimpikan ingin dilamar kekasihnya di bawah Menara Eiffel.

5. Catatan Akhir Sekolah - 2005

article image

Image source: liputan6.com

Masih film yang bertemakan remaja. Kali ini datang dari 3 pria tampan yang jadi pemainnya, ada Ramon Y Tungka, Vino G Bastian, dan Marcel Chandrawinata.

Film Catatan Akhir Sekolah disutradarai oleh Hanung Bramantyo menceritakan tentang 3 remaja yang berencana membuat film dokumenter tentang sekolah menjelang kelulusan.

Ketiga anak tadi mendokumentasikan apa pun yang mereka lihat termasuk kenakalan siswa-siswa saat itu. Sampai suatu saat kamera yang mereka gunakan disita oleh Kepala Sekolah. Dan disanalah mereka justru menemukan ending dari dokumenternya.

6. Realita Cinta dan Rock n Roll - 2006

article image

Image source: richmusiconline.com

Disutradarai oleh Upi Avianto, film jadul Indonesia yang rilis pada 2006 ini mengangkat kisah realita kehidupan anak remaja. Bisa dibilang Realita Cinta dan Rock n Roll adalah film yang cukup populer pada tahun itu.

Film tersebut dibintangi oleh Herjunot Ali, Vino G Bastian, dan Nadine Chandrawinata. Kisahnya menyoroti kehidupan dua sahabat karib Nugi (Herjunot Ali) dan Ipang (Vino G Bastian). Dua sahabat ini selalu melakukan banyak hal bersama. Mulai dari yang bolos sekolah hingga berkelahi di jalanan.

Mimpi mereka adalah menjadi musisi rock yang populer dengan band besar. Sayang keduanya justru mendapat masalah setelah banyak fakta keluarga terbongkar. Menyedihkannya lagi Ipang dan Nugi juga terlibat cinta segitiga dengan sahabat wanitanya Sandra.

7. Laskar Pelangi - 2008

article image

Image source: m.imdb.com

Film yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan. Laskar Pelangi merupakan salah satu film tersukses pada tahun itu karena berhasil membawa banyak penghargaan.

Film jadul Indonesia yang disutradarai oleh Riri Riza ini diadaptasi dari novel best seller karya Andrea Hirata. Kisahnya mengangkat kehidupan di sekumpulan anak sekolah di Pulau Belitung.

Sekolah tersebut merupakan satu-satunya sekolah yang digunakan anak-anak miskin di sana untuk menempuh ilmu. Film ini akan mempertontonkan bagaimana perjuangan Bu Muslimah (Cut Mini) memperjuangkan anak didiknya memperoleh ilmu.

Menariknya lagi, film ini banyak dibintangi oleh pemain-pemain baru yang diambil langsung dari Pulau Belitung melalui sebuah casting. Dan mereka pula yang menjadi tokoh utama dalam karakter film Laskar Pelangi.

Itulah tadi 7 film jadul Indonesia yang masih sangat layak ditonton ulang untuk nostalgia. Mana yang jadi favorit kalian?


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Articles

Featured image source: uzone.id