Daftar Film yang Mengangkat Tema Virus Mirip Wabah Corona

Saat ini berita tentang virus corona atau COVID-19 bermunculan setiap saat. Warga dunia dibuat resah dengan penyebaran virus yang begitu cepat. Tidak terkecuali Indonesia yang sekarang juga sedang berjuang melawan corona.

Masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah, tidak bepergian dan menghindari tempat-tempat ramai. Masyarakat juga diminta untuk menjaga jarak atau social distancing agar tidak tertular virus corona. Jalanan yang tadinya ramai berubah lengang akibat kebijakan tersebut.

Merebaknya wabah virus corona kemudian mengingatkan
masyarakat pada beberapa judul film yang mengangkat kisah yang mirip dengan situasi sekarang. Berikut ini adalah deretan judul film yang mengangkat tema virus yang mirip dengan wabah corona.

Outbreak (1995)

Outbreak mengangkat tema wabah virus mematikan dan rilis pada 1995. Dalam film ini, virus mematikan yang diceritakan merupakan turunan dari virus ebola atau motaba. Wabah virus tersebut berasal dari seekor monyet yang kemudian menginfeksi manusia.

Seperti halnya virus corona yang menyebar ke seluruh dunia, wabah virus motaba juga diceritakan semakin parah dan menyebar ke seluruh penjuru California, Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat akhirnya mengisolasi wilayah tersebut untuk pencegahan virus. Situasi tersebut mirip dengan yang terjadi di Wuhan, Tiongkok.

28 Days Later (2002)

Film yang mengangkat tema virus mematikan selanjutnya adalah 28 Days Later yang rilis pada 2002. Jika Outbreak mengambil latar negara Amerika Serikat, 28 Days Later mengisahkan virus mematikan yang menyebar di London, Inggris dan membuat orang yang terpapar berubah menjadi zombie.

Banyak orang terpapar virus tersebut mulai dari ilmuwan, aktivis hingga akhirnya menyebar ke seluruh kota. Jim, seorang kurir diceritakan terbangun dari koma dan bingung dengan keadaan kota London yang benar-benar sepi setelah 28 hari virus mematikan tersebut menyebar.

Jim kemudian bertemu dengan Selena dan bersama-sama mereka mencari perlindungan dari zombi yang berkeliaran di kota London. Film ini dibintangi oleh Cillian Murphy, Naomi Harris dan Noah Huntley.

I Am Legend (2007)

Film yang rilis pada 2017 ini juga mengangkat tema virus mematikan. Will Smith memerankan tokoh utama di I Am Legend sebagai seorang ahli virus bernama Robert Neville. Ia diceritakan memiliki kekebalan yang tidak dimiliki oleh manusia biasa.

Dengan kekebalan yang dimilikinya, Neville tidak bisa terinfeksi oleh virus mematikan yang hampir menghabiskan populasi manusia di dunia. Namun Neville berusaha menciptakan antivirus sambil mencari orang-orang yang selamat.

The Crazies (2010)

The Crazies mengambil latar kota Ogden March, Iowa, Amerika Serikat sebagai daerah yang terpapar virus mematikan. Pada awalnya kota Ogden March merupakan kota yang tenang, tetapi perilaku penduduk kota tersebut tiba-tiba menjadi brutal.

Penyebab brutalnya penduduk di kota Ogden March akibat terserang virus bernama trixie. Film ini kemudian menceritakan perjuangan David (Timothy Olyphant), Judy (Radha Michell) dan Russell (Joe Andersen) dalam bertahan hidup dan menyelamatkan diri mereka dari kepungan penduduk yang brutal akibat virus trixie.

Contagion (2011)

Contagion menjadi salah satu film yang ramai dibicarakan di tengah wabah corona karena dinilai memiliki kemiripan dengan situasi yang sedang terjadi saat ini. Film bergenre thriller medis yang rilis pada 2011 ini menceritakan virus yang berasal dari China yang dibawa oleh seorang pengusaha wanita (Gwyneth Paltrow) ke Amerika Serikat.

Virus tersebut diceritakan menyebar hingga masyarakat dunia mulai mengisolasi diri. Kondisi wilayah yang terisolasi dan ketakutan manusia yang diperlihatkan di film ini pun akan mengingatkan kamu pada wabah virus corona yang terjadi saat ini.

Deranged (2012)

Film berikutnya yang mengangkat tema virus mematikan adalah Deranged yang berasal dari Korea Selatan. Film yang dirilis pada 2012 ini menceritakan perilaku aneh yang dilakukan oleh warga Korea Selatan.

Film dengan judul asli Yeon-ga-si ini memperlihatkan perilaku janggal warga Korea Selatan yang dengan sukarela menceburkan diri ke sungai hingga akhirnya meninggal di sungai tersebut. Tokoh utama film ini adalah seorang ibu (Moon Jeong-hee) yang berjuang menyelamatkan anaknya yang telah terjangkit virus. Deranged juga menggambarkan bagaimana upaya pemerintah Korea Selatan dalam mengatasi masalah virus mematikan yang menyebar tersebut.

The Flu (2013)

The Flu menjadi film asal Korea Selatan berikutnya yang mengangkat tema virus mematikan. The Flu yang rilis pada 2013 ini memiliki judul asli Gamgi. Film ini dibintangi oleh Jang Hyuk, Soo Ae, Park Min-ha, Ma Dong-seok dan masih banyak lagi.

Film The Flu menceritakan tentang wabah virus H5N1 yang menyerang wilayah Bundang, Seongnam, Korea Selatan. Penyebaran virus tersebut ternyata berasal dari mayat imigran gelap yang diselundupkan dalam sebuah kontainer.

Akhirnya kota Bundang pun harus diisolasi dari dunia luar.
Selama masa isolasi tersebut timbul berbagai konflik. Kamu akan melihat bagaimana masing-masing karakter di film ini berjuang untuk bertahan hidup di tengah wabah virus yang melanda.

World War Z (2013)

World War Z yang rilis pada 2013 ini dibintangi oleh Brad Pitt sebagai pemeran utama. Film ini menceritakan tentang virus yang membuat seseorang berubah menjadi zombi dan telah menginfeksi banyak orang di seluruh dunia.

Gerry Lane (Brad Pitt) merupakan mantan pegawai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ditugaskan untuk menjalankan misi mencari informasi mengenai virus yang telah menyebar ke seluruh dunia. Gerry Lane harus melalui perjalanan yang sulit dan berpisah dari keluarganya demi menemukan cara untuk menghentikan penyebaran virus mematikan tersebut.


Nah, itulah beberapa judul film yang mengangkat tema virus mematikan. Kamu akan menemukan kemiripan kondisi yang terlihat di film-film tadi dengan situasi yang sedang terjadi saat ini. Ikuti terus perkembangan informasi lainnya hanya di Gotomalls.com!

Brands

Malls

featured image source: riaceuria.blogspot.com