Fitur-Fitur Rahasia Android Super Canggih, Cek Di Sini

Kalau hanya sekadar editing foto, mengunggah data cadangan, atau mungkin menemukan rute alamat tertentu sebagian besar pengguna Android pasti sudah tahu caranya.

Tapi, apa kamu tahu kalau di smartphone Android terdapat fitur remote control yang bisa memblokir data pribadi secara otomatis ketika smartphone kamu hilang? Inilah salah satu fitur rahasia Android yang jarang diketahui.

Sebenarnya, kecanggihan perangkat Android tidak cuma sebatas menjalankan berbagai macam perintah melalui perantara aplikasi mobile. Lebih jauh, kita juga bisa mengaktifkan beberapa fitur tersembunyi untuk menjalankan fungsi perangkat secara maksimal. Baik menggunakan bantuan aplikasi ataupun tidak. Apa saja fitur rahasia Android tersebut? Berikut ulasannya:

Kunci Data Pribadi Menggunakan Fitur Remote Control

article image

Image source: in.c.mi.com

Fitur remote control ini sangat berguna jika sewaktu-waktu perangkat Android hilang. Fitur ini akan mengunci data pribadi agar tidak dapat diakses. Untuk mengaktifkan fitur remote control, kamu bisa membuka menu pengaturan – Security – Device Administrators. Setelah itu ceklis opsi “remotely locate this device” dan “allow remote lock and erase”.

Setiap opsi menu mungkin akan berbeda-beda tergantung tipe smartphone dan versi Android yang terpasang. Kendati begitu, fitur ini umumnya terdapat di menu Device Administrators. Selain untuk mengunci data pribadi, fitur remote control juga bisa memberikan informasi lokasi perangkat ketika hilang. Canggih, kan?

Hemat Baterai 2x Lebih Kuat

article image

Image source: thesun.co.uk

Pemakaian smartphone selama berjam-jam akan menghabiskan banyak daya. Untuk membuatnya agar lebih tahan lama, kita bisa mengakali fitur automatic pixel highlighting dengan memilih background layar dan lock screen yang tepat.

Smartphone Android memiliki fitur automatic pixel highlighting yang berfungsi sebagai pengatur supply penerangan. Jika kita menggunakan background berwarna hitam polos, fitur tersebut akan mati secara otomatis, sehingga penggunaan daya bisa berkurang.

Walaupun begitu, fitur automatic pixel highlighting belum tersedia pada semua tipe smartphone. Hanya beberapa vendor besar seperti Samsung yang sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Fitur Buka Kunci Otomatis di Lokasi Tertentu

article image

Image source: bytesin.com

Fitur rahasia Android selanjutnya memungkinkan pengguna untuk membuka kunci perangkat secara otomatis tanpa perlu memasukkan kata sandi. Fitur ini sangat berguna saat kita harus menggunakan smartphone untuk bekerja di rumah, atau mungkin membaca teks instruksi untuk melakukan sesuatu tanpa perlu repot-repot memasukkan password ketika layar padam.

Kamu bisa memilih lokasi-lokasi tertentu yang dirasa aman jika smartphone tidak terkunci dengan password. Untuk mengaktifkannya, buka menu pengaturan – Security – cari menu “Smart Lock” – aktifkan “Trusted Place”. Selanjutnya kita tinggal memilih lokasi. Fitur ini hanya terdapat di perangkat Android versi 5.0 ke atas.

Kombinasi Kode Rahasia

article image

Image source: blog.mtel.ba

Untuk mengakses informasi dasar atau menjalankan perintah khusus, kita bisa menggunakan kombinasi kode rahasia di smartphone Android. Kode-kode ini bisa kamu gunakan untuk berbagai hal mulai dari mendapatkan nomor IMEI perangkat, spesifikasi kamera, mengecek kualitas GPS, sampai mencari tahu keaslian perangkat Android.

Berikut daftar kombinasi kode rahasia Android:

#06# (informasi IMEI perangkat)
##4636## (informasi detail Android)
##7780## (melakukan factory reset)
#34971539# (spesifikasi kamera)
27673855# (install ulang Android)
##197328640## (informasi operator seluler dan internet)
#0000# (informasi keaslian perangkat)
##2664## (informasi layar)
##0## (informasi performa layar)
##1472365## (informasi kualitas GPS)
##0842## (cek getar dan lampu latar)
##0673## (cek audio)
##232331##* (cek Bluetooth)

Mengganti Warna Tampilan

article image

Image source: gsmarena.com

Untuk mengganti tema warna, pengguna biasanya menggunakan bantuan aplikasi tambahan di Google Play Store. Padahal, kamu tetap bisa melakukan itu tanpa perlu repot-repot instal aplikasi.

Pertama-tama kamu harus mengaktifkan mode pengembang (Developer Mode) dengan cara masuk ke pengaturan – info perangkat – tap sebanyak 7 kali di kolom nomor seri hingga Developer Mode aktif – pilih “Simulasi Ruang Warna” – pilih Monokromasi.

Meningkatkan Performa Gaming

article image

Image source: tribunnews.com

Untuk yang hobi gaming, kamu perlu coba fitur rahasia Android yang satu ini. Fitur ini bisa meningkatkan performa perangkat selama aktivitas gaming agar kualitas permainan semakin lancar dan terhindar dari lagging. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu kalau fitur ini bisa menghabiskan daya lebih cepat dari biasanya.

Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, pertama-tama aktifkan dulu mode pengembang seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Kemudian masuk ke “Developer Options” lalu temukan opsi “Force 4x MSAA” dan aktifkan.

Mengubah Kecepatan Animasi

article image

Image source: howtogeek.com

Kalau kamu perhatikan, saat transisi dari layar ke layar selalu terdapat animasi yang berjalan. Animasi ini bisa kita atur agar performa smartphone tidak lemot dan lebih hemat daya. Kamu bisa menambah, mengurangi, atau bahkan mematikan animasinya.

Pertama-tama pastikan mode pengembang sudah diaktifkan. Setelah itu masuk ke pengaturan – pilih “Developer Options” – temukan opsi “Window animation scale”, “Transition animation scale”, dan “Animator duration scale”.

Selanjutnya kamu tinggal mengatur skala animasi. Semakin kecil angka yang kamu pilih, maka animasi akan berjalan semakin cepat. Kalau kamu ingin menghemat daya, kamu bisa mematikan animasi tersebut dengan memilih opsi “Animation Off”.


Itulah fitur rahasia Android yang jarang diketahui. Untuk mendapatkan informasi menarik seputar tips gadget lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: scmp.com