7 Tips Foto Keluarga Saat Liburan Anti Gagal

Liburan bersama keluarga mungkin menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu kebanyakan orang. Apalagi jika selama ini kamu tak memiliki banyak waktu luang bersama keluarga, momen ini tentunya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Mengunjungi berbagai tempat wisata dan menghabiskan waktu bersama keluarga akan menjadi momen yang tak terlupakan. Dan tentu saja ini akan semakin mempererat hubungan antar anggota keluarga satu sama lainnya. Pada saat liburan, tentu saja kamu juga ingin berfoto bersama keluarga bukan? Namun terkadang banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan foto keluarga yang sempurna ketika sedang liburan. Nah jika kamu bingung dengan persoalan yang satu ini, tips di bawah ini akan sangat membantu.

Pahami Budaya Kota Atau Negara Yang Akan Dikunjungi

article image

Image source: umroh.com

Penting sebelum akan berangkat liburan, kamu harus memahami terlebih dahulu bagaimana budaya dan aturan yang diberlakukan di tempat kamu berlibur. Karena itulah pentingnya untuk melakukan riset tentang kebudayaan yang ada di tempat tersebut. Ketahui apa yang diperbolehkan dan tidak terutama hal-hal yang menyangkut kegiatan fotografi. Jangan sampai rencana kamu untuk mendapatkan foto keluarga yang sempurna gagal didapat karena kamu tidak mengetahui kebudayaan dan aturan di tempat liburan.

Cari Spot Bagus Untuk Foto Keluarga

article image

Image source: dolanpurbalingga.com

Berfoto sendiri tentunya berbeda dengan berfoto keluarga, dan pastinya spot yang digunakan harus agak luas dan memiliki background pemandangan yang menarik. Jadi, saat kamu dan keluarga sampai di tempat wisata, alangkah baiknya untuk berjalan-jalan dan berkeliling menikmati tempat wisata sembari mencari spot terbaik untuk berfoto. Jangan berfoto di segala tempat, ini malah menghabiskan waktumu bersama keluarga untuk berfoto dibandingkan menikmati liburan. Gunakan saja beberapa spot terbaik di sebuah tempat wisata untuk foto keluarga bersama.

Bawa Peralatan Fotografi Yang Tepat

article image

Image source: popbela.com

Membawa perlengkapan fotografi yang tepat saat liburan tentu saja akan semakin meningkatkan hasil foto keluarga saat liburan. Tanpa didukung peralatan yang lengkap, tentu saja foto-foto yang dihasilkan tidak akan bagus. Misalnya saja, jika kamu ingin berselfie bareng bersama anggota keluarga lainnya tentu kamu membutuhkan tongkat selfie atau tripod untuk mendukung pengambilan gambar. Meskipun sebenarnya dengan menggunakan tangan saja juga bisa, akan tetapi hasil foto yang didapatkan mungkin saja blur atau tidak jelas.

Jika memang kamera HP dirasa kurang baik, tak ada salahnya membawa kamera terbaik, pikirkan tentang pengaturan dan fleksibilitas serta kemampuan zoom yang lebih baik sehingga foto memiliki kualitas yang lebih bagus. Akan lebih baik lagi jika kamu membawa kamera compact yang simpel dan ringan. Tinggalkan saja kamera DSLRmu yang berat yang malah akan menyusahkan saat dibawa ke mana-mana. Kamu juga bisa memiliki jenis kamera compact waterproof ataupun memberikan proteksi waterproof khusus untuk kamera jika ingin mengambil gambar di air.

Buat kamu yang belum punya tripod, beli sekarang juga biar foto keluarga tercapture dengan sempurna.

Mini Tripod Flexible Apexel

article image

Beli Sekarang

Hindari Cahaya Matahari

article image

Image source: travel.tribunnews.com

Adanya cahaya matahari memang sangat mendukung hasil foto yang bagus, akan tetapi jika cahaya yang ada terlalu terang malah tidak akan menampilkan warna yang terbaik untuk kulit wajah ataupun tubuh. Jadi foto yang dihasilkan malah tidak jelas atau silau. Cari cahaya yang terbaik, cukup terang dan lembut untuk bisa mendapatkan foto keluarga yang sempurna.

Jangan Terlalu Lama

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Jika ingin memotret keluarga secara full team maka usahakan jangan lama-lama ketika mengambil gambar, yang ada anggota keluarga malah kehilangan minat untuk berfoto. Apalagi jika kamu sedang berfoto di tempat wisata yang ramai, berfoto berlama-lama juga akan mengganggu wisatawan lainnya. Karena itulah sebelum berfoto, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengatur kamera dan kemudian mengkoordinasikannya kepada anggota keluarga jika kamu ingin mengambil foto mereka.

Tak Melulu Pada Landmark, Fokus Saja Pada Orang

article image

Image source: ibupedia.com

Landmark memang menjadi objek foto yang sangat bagus apalagi untuk foto keluarga. Namun ini bukanlah menjadi prioritas utama. Yang menjadi fokus utama kamu adalah orang-orang yang ada di dalam foto. Jadi dibandingkan terlalu memfokuskan fotomu dengan lokasi landmark, akan lebih baik memfokuskan pada anggota keluarga yang ada di dalam foto. Pertimbangkan pula pada pembingkaian foto dengan hati-hati namun tetap ingat jika fokus utama dalam foto adalah orang.

Pastikan Jika Semuanya Masuk Ke Dalam Satu Frame

article image

Image source: techno.okezone.com

Tips terakhir yang satu ini adalah yang paling penting agar mendapatkan foto keluarga yang sempurna saat liburan. Pastikan jika semuanya sudah masuk ke dalam satu frame. Akan sangat menyedihkan bukan jika salah satu anggota keluarga malah tertutup dengan orang lainnya? Jadi cek kembali kamera sebelum mengambil foto.


Itulah tips foto keluarga saat liburan yang bisa kamu terapkan dan anti gagal. Tak perlu berfoto dengan gaya yang bermacam-macam, bergayalah senatural mungkin saat berfoto keluarga. Meskipun simpel namun tetap akan terlihat menarik dan hasil yang bagus bisa menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan. Dibandingkan dengan bergaya bermacam-macam yang malah membuat foto keluargamu malah akan terlihat aneh nantinya.

Abadikan setiap momen liburan bersama keluarga dengan kamera ataupun smartphone dengan kualitas yang bagus, semuanya bisa kamu cari lewat GoToMalls.com. Kamu bisa mendapatkan promo yang menggiurkan dari toko kamera yang ada di mal. Yuk buruan cek sekarang juga!

Products

Malls

featured image source: pexels