Tips Bagi Pemula Yang Ingin Menekuni Hobi Fotografi Pemandangan Alam

Rutinitas yang monoton bisa menghambat dalam bekerja, otak pun menjadi buntu dan akhirnya tidak ada ide untuk mengerjakan sesuatu. Rasa lelah secara psikis juga bisa menjalar ke fisik, tubuh pun jadi tidak bersemangat untuk mengerjakan sesuatu. Kalau sudah begini, pastinya butuh penyegaran. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk menyegarkan otak dan tubuhmu yang jenuh salah satunya dengan menekuni hobi kamu.

Hobi Jalan-jalan dan Fotografi

Pasti dong kamu punya hobi? Melepas penat dengan menekuni hobi memang bisa dilakukan kapan saja bahkan bisa sampai lupa waktu. Menekuni hobi juga bisa sangat bermanfaat karena akan meningkatkan kreativitas dan kepekaan seseorang. Jika kamu punya hobi jalan-jalan, fotografi pemandangan alam bisa menjadi hobi baru untuk kamu coba. Kedua hobi tersebut bisa kamu tekuni sekaligus.

Jalan-jalan tidak perlu yang jauh atau sampai harus ke luar kota untuk melepas penat. Cari saja tempat wisata yang ada di daerahmu seperti ke alam terbuka, gunung ataupun pantai. Di alam terbuka kamu bisa mulai menjajal hobi baru yaitu hobi fotografi pemandangan alam. Sayang jika sudah jalan-jalan tapi tidak mengabadikan lokasi kamu berada. Hobi fotografi justru bisa membuat seseorang ketagihan. Alhasil, dari hobi cuma sekedar suka jalan-jalan jadi gemar fotografi pemandangan. Terlebih jika hasilnya kamu post di media sosial.

article image

Image source: chopra.com

Tidak perlu menggunakan kamera mahal, dengan kamera smartphone kamu bisa mengabadikan pemandangan di sekitarmu. Bahayanya jika foto pemandangan sudah menjalar menuju profesional, kamu perlu mulai belajar untuk memotret pemandangan alam, supaya hasil fotomu kece. Bisa jadi fotomu ini bisa mendatangkan pundi uang. Berikut tipsnya!

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Memotret

article image

Image source: stopper.com

Untuk yang ingin menekuni hobi fotografi pemandangan alam lebih serius, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal yang pertama tentu saja kamu perlu memiliki peralatan yang menunjang. Foto tanpa sebuah kamera tentu mustahil. Survei terlebih dahulu kamera yang cocok untuk fotografi pemandangan alam sesuai keinginanmu. Baru deh setelah kamu merasa punya budget yang cukup kamu bisa membeli kamera impianmu serta peralatan tambahan supaya fotomu makin kece. Langkah selanjutnya, kamu harus rajin-rajin lihat tutorial untuk memotret pemandangan alam. Simak dulu tips memotret pemandangan alam untuk kamu yang pemula:

Cek rekomendasi artikel kamera di bawah ini dan tips fotografi lainnya.

Articles

Ambil Foto di Bawah Pukul 10.00

article image

Image source: magazine.yoekplore.com

Mencari cahaya yang bagus adalah hal penting yang harus dipahami sebelum memulai membidik fotografi pemandangan alam. Sebaiknya fotografi pemandangan dilakukan sebelum pukul 10 pagi. Soalnya di jam-jam tersebut, cahaya matahari sedang bersinar sangat indah, tak terlalu redup atau panas. Hal ini membuat obyek yang akan kamu foto menjadi ‘ramah’ di kamera.

Pilih Langit atau Daratan

article image

Image source: urby.com

Kamu harus memprioritaskan suatu obyek untuk difoto. Harus memilih, mau memotret langit atau daratan. Teknik ini sangat perlu apalagi kalau kamu menekuni dunia fotografi pemandangan alam, matahari, atau bangunan tinggi. Namun kamu masih bisa menyeimbangkan antara langit atau daratan yang penting pakai rasa saat memotret.

Bagi kamu yang ingin mempunyai kamera untuk bisa menekuni lebih dalam lagi dengan hobi fotografer, kamu bisa memilih produk di bawah ini:

Canon PowerShot SX430 IS

article image

Beli Sekarang

Cari Titik Fokus

article image

Image source: Eventbrite.com

Kamu juga harus menentukan titik fokus saat membidik pemandangan alam. Fokus ini ditujukan untuk ke titik mana mata penikmat foto akan tertuju. Jadi mereka bisa tahu apa yang kamu mau dari foto tersebut.

Pakai Foreground, middleground, dan background

article image

Image source: clickinmom.com

Fotografi pemandangan biasanya mencakup tiga hal tersebut. Foreground adalah latar depan sebuah foto. Pada bagian ini, obyek depan terlihat sangat mencolok dan menarik perhatian. Middleground adalah ruang dalam komposisi antara latar depan dan latar belakang. Jadi obyek yang kamu tonjolkan adalah di bagian tengah sebuah gambar. Terakhir, background adalah latar belakang suatu objek foto. Kamu perlu memahami lebih dalam tentang tiga hal tersebut.

Bermain komposisi

article image

Image source: photographylife.com

Komposisi juga sangat penting dalam hal ini dan buat pemula belajar tentang komposisi sangat diperlukan. Kamu harus paham obyek yang kamu foto akan diletakkan di sebelah mana. Jadi kamu bisa lebih mudah menonjolkan obyek tersebut. Selain itu, hasil fotonya jadi lebih enak dipandang.

Gunakan Slow Speed

article image

Image source: mymodernmet.com

Penggunaan slow speed ini sangat penting untuk mendapatkan hasil foto yang lebih tajam. Dengan menggunakan slow speed, kamu dapat mencapai depth of field atau ruang fokus yang lebih besar. Contoh di atas menggunakan long exposure, agar air dari sungai tersebut menjadi seperti cermin.

Pakai Tripod

article image

Image source: Victorialeighphoto.com

Alat yang satu ini tidak boleh terlewatkan untuk kamu yang ingin memotret pemandangan alam. Mungkin tripod terkesan membebani saat melancong. Tapi percayalah, kerja kerasmu akan terbayar lunas. Hasil foto menggunakan tripod akan jauh lebih stabil. Apalagi kalau pakai slow speed yang butuh beberapa waktu, jadi bisa meminimalisir guncangan pada kamera.

Products


Itulah beberapa tips bagi kamu yang ingin menekuni hobi baru fotografi pemandangan alam. Cek Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Brands

featured image source: duhokredio.org