Game Edukasi

Di zaman ini, gadget sudah bukan menjadi barang konsumsi bagi orang dewasa saja, anak-anak sekalipun sudah sangat akrab dalam menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, terutama untuk urusan bermain game.

Aktivitas ini seringkali menjadi masalah bagi para orang tua. Pasalnya, anak-anak jadi malas belajar dan malah sibuk dengan gawainya. Namun, orang tua bisa menerapkan solusi agar anak tetap belajar walaupun sibuk main gadget, yaitu dengan memilihkan game bukan sekadar menyenangkan, melainkan juga edukatif.

Ada beberapa pilihan game edukasi yang bisa dicoba, berikut rekomendasinya:

1. Duolingo

article image

Image source: App Store - Apple

Game edukasi ini dirancang khusus untuk mengajarkan anak-anak berbahasa asing. Duolingo tidak cuma menawarkan bahasa Inggris saja, tidak kurang dari 30 bahasa asing lainnya bisa dipelajari melalui aplikasi ini, seperti bahasa Korea, Mandarin, Italia, Perancis, Spanyol, Jepang, dan masih banyak lagi. Berbagai fitur dan tampilan antar muka Duolingo yang atraktif tentunya akan sangat menarik perhatian anak, dijamin Si Kecil akan lebih tertarik untuk belajar bahasa baru!

2. Khan Academy Kids

article image

Image source: Youtube/Khan Academy Kids

Game edukasi berikutnya adalah Khan Academy Kids. Game ini menyediakan ribuan fitur seru yang bisa dijadikan media pembelajaran untuk balita, anak usia prasekolah atau taman kanak-kanak.

Dalam permainannya, anak-anak akan diajak belajar membaca, belajar bahasa, menulis, menghitung, keterampilan problem solving, hingga pengembangan skill motorik.

Dan tentu saja, materi pembelajaran yang ditawarkan telah dikemas sedemikian rupa agar anak-anak bisa menikmati kegiatan bermain sambil belajar.

3. Quick Brain

article image

Image source: Daikon Media

Rekomendasi game edukasi berikutnya adalah Quick Brain. Sesuai dengan namanya, game anak ini menawarkan permainan yang dapat melatih kecepatan otak dalam memproses perhitungan. Game ini sangat cocok untuk melatih kemampuan berhitung Si Kecil. Setiap soal harus diselesaikan berdasarkan batasan waktu yang ditentukan.

4. Coloring & Learn

article image

Image source: APKPure.com

Jika anak senang menggambar atau mewarnai, game Coloring & Learn bisa menjadi rekomendasi yang patut dicoba. Selain itu, dalam permainan ini anak-anak akan belajar mengenal berbagai jenis hewan, kendaraan, angka, alfabet, objek-objek, dan masih banyak lagi. Game ini cocok untuk anak usia prasekolah.

5. Block! Hexa Puzzle

article image

Image source: Youtube/SheepKid12

Berikutnya ada game edukasi seru Block! Hexa Puzzle. Game ini bertema puzzle, dimana anak-anak akan menyusun potongan-potongan balok aneka warna yang harus disusun sesuai bentuknya. Game ini akan melatih kecermatan dan ketelitian berpikir karena setiap puzzle yang disusun tidak dapat dirotasi ulang.

6. Marbel Belajar Huruf Alfabet

article image

Image source: Dicoding.com

Untuk anak-anak yang sedang dalam tahap belajar membaca dan mengenal alfabet, game edukasi ini sangat cocok untuk dimainkan. Marbel Belajar Huruf Alfabet buatan Educa Studio menawarkan konsep permainan alfabet khusus anak dengan tampilan antar muka yang ceria dan atraktif.

7. Educational Games 4 Kids

article image

Image source: play.google.com

Selain mengenal huruf dan kemampuan menghitung, mengenalkan jenis-jenis makhluk hidup juga tidak kalah penting untuk mendorong tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, game edukasi ini bisa dicoba untuk memberikan pengetahuan tentang makhluk hidup kepada anak.

Aplikasi yang dikembangkan oleh pescAPPs ini menawarkan konsep pembelajaran melalui berbagai macam aktivitas seru dan menyenangkan, seperti mewarnai, menyusun puzzle, dan masih banyak lagi.


Demikianlah beberapa rekomendasi game edukasi untuk anak. Simak juga info rekomendasi menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: The Guardian