Olahraga yang Cocok Saat Puasa

Menjalankan pola hidup sehat harus selalu diterapkan tak terkecuali ketika ramadhan seperti saat ini. Selain pola makan kamu juga bisa berolahraga ringan untuk membantu tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Jangan takut tubuh akan lemas atau justru sakit saat olahraga di bulan ramadhan. Kamu masih tetap bisa berolahraga dengan memperhatikan waktu dan jenis gerakannya.

Penasaran kira-kira apa saja ya olahraga yang cocok saat puasa? Berikut ini 5 gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan sebelum berbuka puasa.

1. Yoga

article image

Image source: tirto.id

Yoga adalah salah satu olahraga yang tidak menuntut seseorang melakukan gerakan terlalu keras atau menguras tenaga. Gerakan yoga dapat dilakukan secara perlahan sambil mengatur pernapasan. Karena itulah yoga termasuk olahraga yang cocok dilakukan saat puasa.

Gerakan yoga cenderung berpangku pada teknik pernafasan. Itu akan membuat pasokan oksigen dalam otak meningkat dan membantu kita tetap jernih dalam berpikir, tenang, dan nyaman saat berpuasa.

Yoga juga membantu detoksifikasi tubuh lebih maksimal. Coba lakukan gerakan yoga 15 - 30 menit di sore hari sebelum berbuka puasa.

2. Jalan Santai

article image

Image source: elitelv.com

Gerakan ini sangat simpel dan siapa saja bisa melakukannya. Kamu bisa melakukan gerakan ini selama 10 - 30 menit sebelum berbuka puasa.

Ketika rutin melakukan olahraga ini, kamu tidak akan hanya sehat namun berat badanmu juga bisa stabil. Jalan santai juga baik untuk kesehatan tulang belakang dan otot jantung.

3. Jogging

article image

Image source: goodmind.id

Jika kamu merasa fisik mulai stabil dan kuat melakukan olahraga yang sedikit menguras keringat, maka kamu bisa memilih untuk jogging. Olahraga yang cocok saat puasa ini baik dilakukan 1 jam sampai 30 menit sebelum waktu berbuka puasa. Kamu bisa jogging dengan durasi antara 20 - 30 menit untuk menjaga kebugaran.

Karena ini cukup menguras energi kemungkinan kamu akan dilanda rasa haus setelah jogging. Itu mengapa kamu tetap harus memperhatikan waktu. Jika olahraga terlalu siang bisa-bisa batal deh puasanya.

4. Bersepeda

article image

Image source: bacycling.com

Olahraga yang cocok saat puasa ini juga bisa sekalian dijadikan kegiatan ngabuburit. Lumayan kan, sambil menyelam minum air. Sambil olahraga sekalian lihat kanan kiri siapa tahu ada menu takjil yang mencuri hati.

Nah, bersepeda termasuk olahraga ringan yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kamu bisa bersepeda selama 45 - 60 menit sambil menunggu waktu berbuka. Dengan bersepeda 60 menit setidaknya ada 300 kalori yang terbakar. Cocok juga kan?

5. Renang

article image

Image source: thetimes.com

Renang termasuk jenis olahraga yang kompleks. Ketika berenang semua otot kita bergerak dari ujung kaki sampai kepala. Dan benar, renang sangat bagus untuk kesehatan terutama untuk peremajaan otot dan tulang.

Olahraga renang membakar lebih banyak kalori dibanding olahraga lari, bersepeda, dan jalan dengan intensitas durasi yang sama. Aktivitas ini juga banyak digemari mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Olahraga yang cocok saat puasa ini sebaiknya dilakukan 60 menit sebelum waktu buka. Renang akan membuat tubuh tetap fit dan bugar selama menjalankan ibadah ramadhan. Tapi jangan sampai kamu meminum air kolam ya agar tidak batal.


Simak juga info rekomendasi menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Products

Articles

Featured image source: theeconomictime.com