Inilah Film Dengan Tema Hak Asasi Manusia Wajib Kamu Tonton

Tanggal 10 Desember diperingati sebagai Hak Asasi Manusia di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hingga saat ini, perjuangan akan hak asasi manusia selalu di didengungkan. Bahkan perjuangan tersebut tak hanya dilakukan di dunia nyata tetapi juga melalui film.

Ada banyak film menarik yang mengangkat tema hak asasi manusia yang bisa kamu tonton untuk lebih memahami dan meresapi bagaimana perjuangan hak asasi manusia sesungguhnya. Nah, berikut ini Gotomalls rekomendasikan beberapa film dengan tema hak asasi manusia yang bisa kamu tonton.

1. The Boy in The Striped Pajamas (2008)

Film The Boy in The Striped Pajamas diadaptasi dari novel berjudul sama dan telah mendapat penghargaan dalam berbagai ajang film, salah satunya adalah Britain Film Awards 2008. Film ini mengisahkan seorang anak dari tentara NAZI yang bernama Bruno. Diceritakan Bruno harus pindah tempat tinggal dari kota Berlin ke sebuah kota kecil.

Di lingkungan yang baru, Bruno merasa bosan karena tidak punya teman. Pada suatu hari, ia pun pergi menjelajahi hutan yang ada di belakang rumahnya dan ternyata ia menemukan perkampungan yang setiap penduduknya mengenakan pakaian bergaris seperti piyama. Di sana Bruno bertemu dengan Samuel, salah seorang anak dari perkampungan tersebut.

Sayangnya, Bruno dan Samuel tidak bisa bermain bersama karena terhalang pagar pembatas bertegangan tinggi. Lambat laut, Bruno akhirnya tersadar bahwa perkampungan yang ia lihat bukanlah perkampungan biasa. Perkampungan tersebut adalah kamp konsentrasi tahanan Yahudi yang sedang menunggu waktu untuk dimusnahkan oleh tentara NAZI.

Namun hal tersebut tidak menghalangi Bruno untuk menjalin persahabatan dengan Samuel. Ia bahkan diam-diam sering membawakan bekal untuk Samuel. Sampai akhirnya Bruno justru terjebak di kamp konsentrasi tersebut dan ikut digiring ke dalam ruang gas kematian.

Adegan dalam film ini akan mengingatkan kamu untuk lebih peduli terhadap sekitar, karena kamu tidak tahu kapan kamu akan kehilangan seseorang. Bagi orang tua Bruno, anak-anak seperti Samuel hanyalah 'the boy' dan mereka tidak akan peduli bila Samuel meninggal. Namun di sisi lain, bagi mereka Bruno adalah 'my boy' dan ketika mereka kehilangan Bruno mereka pun merasakan kesedihan yang amat mendalam, sesuatu yang tidak mereka bayangkan saat anak-anak berpakaian piyama itu mengantre untuk dimusnahkan.

Film yang dibintangi oleh Asa Butterfield, Jack Scanlon, Vera Farmiga dan David Thewlis ini wajib banget kamu tonton. Kamu akan merasakan pedihnya kenyataan yang harus dihadapi 'the boy with the striped pajamas'. Semua orang berhak untuk hidup dan tidak satu pun orang di dunia ini yang kemudian berhak untuk mengambil nyawa seseorang.

2. Mandela: Long Walk to Freedom

Film berikutnya adalah Mandela: Long Walk to Freedom. Dilihat dari judulnya, kamu pasti sudah bisa menebak film ini menceritakan kehidupan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, dimulai saat Mandela masih muda, pengalaman harus mendekam di penjara selama kurang lebih 27 tahun hingga akhirnya keluar dari penjara dan menjadi presiden Afrika Selatan.

Dahulu pemerintah Afrika Selatan memberlakukan sistem politik apartheid yang merugikan warga kulit hitam dan kulit berwarna. Hak politik mereka dibatasi dan hanya bisa menetap di wilayah tertentu yang sudah ditentukan pemerintah. Nah, Mandela menjadi tokoh utama yang memperjuangkan kesetaraan hak bagi warga kulit hitam dan kulit berwarna di Afrika Selatan.

Justin Chadwick sebagai sutradara dengan cerdik menggambarkan strategi yang dilakukan Mandela dalam menyatukan masyarakat Afrika Selatan yang terpecah karena politik apartheid tersebut. Di sini diceritakan bagaimana Mandela bergabung dengan ANC dan berjuang melalui aksi damai untuk menentang apartheid hingga akhirnya ANC sepakat untuk melakukan aksi perlawanan dengan perjuangan gerilya bersenjata. Perjuangan tersebut akhirnya menyebabkan Mandela dan rekan-rekan dipenjara seumur hidup.

Perjalanan Mandala digambarkan dengan baik di film ini, tak terkecuali berbagai peristiwa penting yang menjadi momentum kebangkitan rakyat Afrika Selatan melawan penguasa. Salah satu adegan yang menyentuh adalah saat Winnie, istri Mandela, yang mendapat represi selama Mandela dipenjara. Mental Mandela yang kuat selama berada di dalam penjara juga digambarkan dengan apik.

Film Mandela: Long Walk to Freedom dibintangi oleh Idris Elba sebagai Mandela, Naomi Harris sebagai Winnie Madikizela (istri Mandela), Tony Kgoroge sebagai Walter Sisulu (anggota Kongres Nasional Afrika) dan masih banyak lagi. Film ini telah memenangkan banyak penghargaan di antaranya adalah Academy Awards, Critic's Choice Awards, Golden Globe Awards dan lain-lain.

Tonton film ini supaya kamu bagaimana jalan terjal yang harus dilalui Mandela hingga akhirnya beliau mewariskan sesuatu yang bisa dinikmati seluruh rakyat Afrika Selatan saat ini.

3. Selma

Jika Mandela: Long Walk to Freedom menceritakan perjuangan rakyat Afrika Selatan, Selma hadir mengisahkan perjuangan warga kulit hitam Amerika Serikat untuk mencapai kesetaraan. Film ini menceritakan perjuangan Martin Luther King Jr. dan rekan-rekan dalam mewujudkan hak pilih warga Afro-Amerika yang dimulai dari kota kecil bernama Selma, negara bagian Alabama pada 1965.

King adalah aktivis pejuang keadilan hak asasi kulit hitam Amerika Serikat sejak muda. Ketidakadilan yang sering terjadi menimpa warga kulit hitam membuat King menemui Lyndon B. Johnson, presiden Amerika Serikat saat itu dengan tujuan menanyakan hak suara warga AS yang selalu ditolak pada saat pemilu. Namun presiden hanya menyuruhnya untuk menunggu karena ada hal lain yang lebih penting untuk ditangani.

King akhirnya pergi ke Selma, Alabama, dan menghimpun warga Negro untuk berbaris di gedung pengadilan dan meminta hak suara mereka. Namun kemudian penindasan terhadap warga kulit hitam malah semakin menjadi-jadi, mereka dikumpulkan di sebuah jalan, dihajar dan dipukuli dan di hari lain diberitakan mereka disiksa kembali oleh polisi kulit putih.

King kembali melakukan demonstrasi. Namun presiden masih tidak mau bertindak dan meminta King untuk protes langsung di gedung putih. Karena desakan yang terjadi secara terus-menerus, akhirnya undang-undang pun memperbolehkan warga kulit hitam menggunakan hak suara dan ras Negro diakui di Amerika Serikat.

Film yang mengangkat kisah nyata Martin Luther King Jr. ini akan membuka wawasan kamu bahwa perbedaan bukanlah sebuah alasan untuk mengotak-ngotakkan manusia. Perbedaan ada untuk menjadikan sesuatu lebih indah. Dengan alur yang jelas dan para aktor yang berperan dengan sangat apik, film Selma wajib masuk dalam daftar film yang wajib kamu tonton.


Nah, itu dia deretan film dengan tema hak asasi manusia yang wajib kamu tonton. Selain membuka wawasan kamu tentang kesetaraan hak, film-film tadi juga akan memberikan pengalaman baru untuk kamu. Kepedulian tidak hanya kita berlakukan untuk mereka yang 'sama' dengan kita, melainkan semua orang yang berbeda sekali pun. Itulah yang dinamakan dengan kemanusiaan. Selamat memperingati Hari Hak Asasi Manusia!

Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik seputar gaya hidup dan hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: amazon