Hari Lingkungan Hidup Indonesia

Tahukah kamu jika pada 10 Januari biasa diperingati dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia. Hari tersebut diselenggarakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup.

Selain di Indonesia, Hari Lingkungan Hidup sebenarnya juga diperingati secara global. Untuk Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni.

Hari tersebut diperingati agar seluruh manusia di muka bumi ini lebih mencintai lingkungan dan menjaganya dengan baik. Sudahkan kamu melakukannya?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah lingkungan. Dan cara ini bisa kamu tanamkan sejak dini untuk lingkungan dan bumi yang lebih indah.

1. Menanam Pohon

article image

Image source: slate.com

Menanam pohon dapat meningkatkan kadar oksigen dalam bumi. Selain itu, lingkungan yang hijau juga akan jauh lebih sehat dan aman dari bencana.

Ketika terjadi curah hujan lebat, akar pohon dapat menyerap air ke dalam tanah, mengikat air dan tanah sehingga tidak berakibat buruk seperti banjir.

2. Gunakan Lebih Sedikit Air

article image

Image source: zhipyshell.com

Menghemat air juga salah satu cara menjaga lingkungan. Di Hari Lingkungan Hidup Indonesia nanti kamu bisa berkomitmen untuk lebih cermat dalam menggunakan air. Terutama saat mandi.

Kamu bisa memulai dengan mematikan keran air saat menyikat gigi, memperbaiki keran bocor, tidak meninggalkan air tandon meluap, hingga mengumpulkan air hujan untuk menyiram tanaman.

3. Gunakan Wadah yang Bisa Dipakai Lebih dari Satu Kali

article image

Image source: dreamstime.com

Coba kita pikirkan, berapa banyak orang setiap hari yang minum dari wadah plastik sekali pakai? Banyak. Belum lagi sedotan sekali pakai, wadah detergen, barang rumah tangga, hingga wadah makanan sekali pakai.

Untuk melindungi lingkungan, kamu bisa mencoba untuk selalu membawa wadah minum sendiri yang bisa digunakan lebih dari sekali atau bahkan alat makan lainnya.

Wadah sekali pakai akan membuat sampah semakin menumpuk dan menyebabkan percepatan kerusakan lingkungan.

4. Berkreasi dengan Barang yang Sudah Tidak Digunakan

article image

Image source: hipwee.com

Jika terpaksa harus menggunakan kemasan plastik sekali pakai, kamu bisa mulai untuk berkreasi dari wadah tersebut. Misalnya botol plastik, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat pot-pot mini.

Cara ini bahkan juga sudah banyak dilakukan lho. Mengubah barang tak berharga menjadi harta karun. Lumayan kan jika jadi cuan.

5. Buang Sampah Pada Tempatnya

article image

Image source: rd.com

Sampah adalah masalah bersama yang hingga kini belum bisa terpecahkan. Banyak orang yang masih acuh dan membuang sampah tidak pada tempatnya.

Nah di Hari Lingkungan Hidup Indonesia ini kita bisa memulai dengan lebih peduli dengan sampah. Membuang sampah pada tempatnya dan jika melihat sampah tergeletak tidak di tempatnya, boleh lho dipungut dan dibuang ditempat sampah.

6. Jalan Kaki, Bersepeda, atau Menggunakan Transportasi Umum

article image

Image source: thebusinessjournal.com

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), kendaraan penumpang biasa mengeluarkan sekitar 4,6 metrik ton karbon dioksida per tahun. 1 kendaraan pun atau berapapun yang dapat kita kurangi akan membantu meredam pengeluaran karbon dioksida.

Untuk perjalanan singkat, cobalah berjalan kaki atau bersepeda. Kamu juga akan mendapatkan intensitas olahraga dan tubuh yang sehat, tanpa menginjakkan kaki di gym.

Jika bepergian dengan berjalan kaki atau roda dua tidak memungkinkan, cobalah untuk pergi menggunakan transportasi umum.

7. Menghemat Listrik

article image

Image source: taraenergy.com

Seperti halnya air, kamu juga bisa menghemat listrik untuk menjaga lingkungan hidup. Kamu bisa mematikan lampu ketika sudah tidak digunakan, tukar lampu dengan LED yang lebih hemat energi.

Pun dengan AC, kamu bisa mematikan ketika ruangan sudah mulai dingin ya. Jadi selain bayar listriknya lebih murah kamu pun bisa melindungi lingkungan hidup.

Jadi yuk mulai sekarang lebih cintai lingkungan hidup dengan menanamkan 6 hal di atas.

Malls

Articles

Featured Image Source: tbsnews.net